Book Kaleidoscope 2014 – Day 5: Top Five Most Favorite Books

book-kaleidoscope-2014-button

Hari terakhir Book Kaleidoscope ditutup dengan buku terfavorit tahun ini, tentu saja. Meski jumlah bacaan saya tahun ini menurun dibandingkan dua tahun terakhir, tetapi saya puas karena berhasil menyelesaikan buku-buku yang telah lama tertunda, dan menjadi favorit saya pula. Inilah lima besar buku terfavorit tahun ini: (klik judul buku untuk melihat review lengkapnya)

5. Howl’s Moving Castle by Diana Wynne Jones

6621452

Terlepas dari sudah menonton filmnya terlebih dulu, ternyata saya sangat menikmati buku ini. Membacanya menimbulkan perasaan hangat sebagaimana yang biasa saya dapatkan pada sebuah buku anak yang bagus.

4. The Fellowship of the Ring by J. R. R. Tolkien

lotr1

Buku pertama dari trilogi The Lord of the Rings ini terkesan agak ‘nanggung’, tetapi merupakan pengantar sebuah petualangan yang hebat. Detailnya sangat mengagumkan. Meski terlambat, membaca buku ini adalah pengalaman yang menyenangkan.

3. The Casual Vacancy by J. K. Rowling

16173852

Setelah menunda-nunda membaca buku ini dan membaca betapa bervariasinya review tentang buku ini, secara mengejutkan, saya menikmati segala hal tentang buku ini. Sejak awal saya dibuat penasaran, perjalanan ceritanya lambat tapi ‘padat’, dan akhirnya menyentak. A new classic by Rowling. Saya berharap suatu saat Rowling akan membuat buku baru yang sejenis dengan buku ini.

2. The Picture of Dorian Gray by Oscar Wilde

dorian gray

Setelah menikmati beberapa playnya, rasanya wajib hukumnya membaca satu-satunya novel karya Wilde ini. Dan memang novel ini sangat ‘penuh’, hingga setelah membaca saya merasa bahwa jika seseorang harus menulis satu novel saja seumur hidupnya, maka karya seagung buku ini sudah lebih dari cukup. Karakter kuat, kisah mencengangkan, konflik yang sederhana sekaligus kompleks tentang kedalaman jiwa manusia, dan sebuah kesimpulan yang indah adalah sebagian hal yang saya nikmati di buku ini.

1. American Gods by Neil Gaiman

american gods

Sebagai penggemar Gaiman, rasanya tidak ‘sah’ kalau belum membaca buku ini. Ketebalannya sempat mengintimidasi saya, tetapi buku ini menuntut untuk dibaca. Hasilnya? Saya sulit melepaskan buku ini, bahkan berhari-hari setelah menutup halaman terakhir. Saya suka karakternya, pembangunan ceritanya, detailnya, dan semuanya.

Itulah lima buku favorit saya tahun ini. Kesemuanya adalah buku yang seharusnya sudah saya baca tahun-tahun lalu, tetapi karena satu dan lain hal saya tunda-tunda. Memberanikan dan menyempatkan membaca buku-buku tersebut terbukti adalah keputusan terbaik tahun ini, karena ternyata semuanya masuk dalam daftar buku favorit saya.

Inilah rangkaian Book Kaleidoscope 2014 saya, saatnya memulai tahun 2015 dengan bacaan-bacaan hebat lain yang sudah menunggu. Bagi buku favoritmu di sini.

5 responses to “Book Kaleidoscope 2014 – Day 5: Top Five Most Favorite Books

  1. 3 buku teratasmu sdh masuk wishlist yg mau kubaca dr setahun lalu. Kayanya harus dibaca tahun ini deh😉 happy new year, bzee 😘😘

  2. Yah… Howl-ku udah kujual. Dorian Gray rencananya mau kubaca tahun ini, semoga masuk list favorite books 2015 deh🙂

Leave a Reply

