Pengakuan Secret Santa

Dear, my target.

Saya buat pengakuan lengkapnya di sini saja ya, soalnya bakal panjang. Jadi cerita bermula lama sebelum event SS 2014 diumumkan. Ada pembicaraan di WA Joglosemar tentang riddle, dan kemudian saya mengatakan bahwa saya akan harus menggunakan Benedict Cumberbatch (BC) sebagai salah satu petunjuk, siapa pun target saya. Dan mungkin saya akan #ketawasetan jika target saya ternyata adalah salah satu dari mereka yang sentimen jika BC disebut-sebut.

Kemudian, hari penentuan santa-target tiba.

Dan saya #ketawasetan.

Langsung saja ya, target saya memang mas Tezar yang saya beri riddle sebagai berikut. Saya memenuhi janji pribadi untuk membawa-bawa abang BC di riddle (dan saya juga berkali-kali memberi kode tentang BC, sampai ngaku-ngaku menjadi santanya Ren). Sampai di sini, apakah saya perlu menjelaskan lebih lanjut?

Yah, berhubung saya memilih setiap kata dalam riddle saya yang panjang itu dengan berhati-hati, saya juga mau menunjukkan bahwa setiap kata memang ada maksudnya.

Kutipan paling atas berasal dari salah satu buku favorit saya The Little Prince by Antoine de Saint-Exupery. Sebenarnya saya hanya mencari quote yang mengandung ‘rahasia’ untuk mengantarkan pada riddle secret santa ini, dan tak disangka, quote ini sepertinya sangat mewakili.

Kemudian pesan dari secret santa (saya) untuk mas Tezar:

Petunjuk nomor satu, Victoria dan Elizabeth di sini mengacu pada Ratu, karena saya juga menyebut ‘bukan pangeran’. Dan karena tidak berhubungan keluarga, maka seharusnya ada hubungan lain. Yang saya maksud putra Victoria adalah dia lahir pada masa Victoria. Aku juga putra Elizabeth, bukan mengacu pada masa Elizabeth sih, tapi ke masa kini, Ratu Elizabeth II. Jadi karya yang lahir di Inggris, di masa Victoria dan dilahirkan kembali di masa sekarang, bisa banyak, tapi yang saya maksud di sini adalah Sherlock Holmes.

Petunjuk nomor satu mungkin masih luas, apalagi adaptasi Holmes hampir ada di setiap masa, karenanya saya khususkan lagi di nomor dua. Seniman gila yang identik dengan bunga matahari: Vincent van Gogh. Saya sudah mengujinya di google dengan kata kunci ‘sunflower art’ atau ‘sunflower painting’, jadi ini bisa dicari.

Petunjuk nomor tiga sebenarnya adalah terjemahan bebas dari “I am fire, I am death.”, salah satu kalimat sang naga Smaug di film The Hobbit. Yang panas dan membakar itu api kan, fire. Saya sudah mengujinya pada mbak Perdani yang bisa menebaknya. Lagipula, saya pernah menyebut-nyebut itu juga di grup Joglosemar.

Jadi, apa hubungan aku dengan Sherlock, Van Gogh, dan Smaug? Mudah kan, ketiganya bukan aku, tapi aku pernah memerankan ketiganya. Yah, aku memang bukan santamu, dan mas Tezar termasuk salah satu yang sentimen dengan BC (maaf ya) #ketawasetan. Saya suka menggunakan BC sebagai pengalih.

Sekarang tentang saya, petunjuk nomor satu sudah bisa dipecahkan (walaupun ternyata saya salah setting hingga saljunya terlambat turun). Posisi kelima sebenarnya mengacu ke tanggal lahir, saya agak khawatir petunjuk ini terlalu jelas, soalnya mas Tezar tahu pasti tanggal lahirku (berkat arisan Joglosemar). Petunjuk kedua sudah berhasil dipecahkan di sini. (Selamat, mas, Anda berhasil mengukuhkan eksistensi sebagai kembaran). Petunjuk nomor tiga, ehm, ga usah dijelaskan ya😉

Kemudian, soal quote penutup, selain dari salah satu penulis favoritku (Oscar Wilde), BC juga pernah menyebutkan kalimat itu di film The Fifth Estate, saat dia berperan sebagai Julian Assange.

Mungkin petunjuknya tidak bisa dipecahkan sesuai urutan, tetapi seharusnya bisa, bukan?

Dan, kebenaran memang selalu hanya ada satu. Terima kasih mas Tezar karena sudah bisa menemukanku melalui salah satu riddle. Maaf karena saya tidak bisa mengaku sejak awal, terus bikin penasaran dan mengacaukan tebakan, maaf juga karena kadonya datang terlambat, karena satu dan lain hal. Oiya, terima kasih sudah memberi gambar Sinichi, jadi double fangirling deh *eh :p

Salam,
#AdaSantaDiAntaraKita

14 responses to “Pengakuan Secret Santa

  1. BC to the max!
    #ketawasetanmerah

  2. ckckckck…. Ngeluuuu mecahin riddlemu, Zeeee….:D

  3. eh zee, daripada jadi dokter, mending jadi asistennya sherlock aja gimana? ahli teka-teki begitu… wkwkwk… #dikeplak

  4. baru tau mastez sentimen sama timun Inggris gara-gara zee #ketawasetan #salahfokus

  5. Mas Tez nih santanya..

  6. tezarariyulianto

    ha3, perasaan aku nggak sentimen ma bc

  7. Kyaaaa. Ternyata benar #AdaSantaDiAntaraKita😀

Leave a Reply

