Children’s Literature Giveaway Hop

banner 13 days cl-ya

Happy International Children’s Book Day! Calling all children’s book lovers. Hari ini, masih dalam rangkaian ulang tahun BBI yang keempat, Bacaan B.Zee punya giveaway khusus bagi pencinta buku anak, tentunya sesuai dengan grup dalam Around the Genre. Sebelum saya beri tahu tata caranya, saya pamerkan dulu hadiah apa yang bisa dipilih:

BP1BP2

Paket original: terdiri dari dua volume koleksi karya Beatrix Potter dalam bahasa Inggris. Buku anak bergambar, ceritanya singkat-singkat, cocok untuk anak yang baru belajar membaca, dan tentunya bisa juga dinikmati oleh orang dewasa. Review saya tentang beberapa karya Beatrix Potter ada di sini (bukan edisi yang sama).

AGG

Paket terjemahan: Ada Anne of Green Gables karya Lucy Maud Montgomery terjemahan Qanita (cover baru nan cantik) dan Fortunately, the Milk karya Neil Gaiman terjemahan Gramedia. Kedua buku ini cocok untuk anak yang lebih besar. Anne of Green Gables belum saya review, tetapi merupakan salah satu favorit saya, ada review buku keduanya, mungkin bisa jadi gambaran. Fortunately, the Milk sebenarnya buku anak bergambar juga, tetapi ceritanya relatif lebih panjang dan kompleks, dari salah satu pengarang favorit saya, review ada di sini.

Hanya akan ada satu pemenang yang berhak memilih salah satu di antara dua paket buku yang saya tawarkan. Caranya tidak sulit, cukup bagikan info giveaway ini, mengisi google form di bawah, kemudian tinggalkan komentar yang berisi tentang:

  1. Pengalaman menarik seputar membaca buku anak, atau buku anak paling berkesan, atau apa pun yang ingin kalian bagikan tentang buku anak.
  2. Nama yang sesuai dengan nama yang diisikan di google docs beserta link sharing di media sosial apa pun.
  3. [Optional] Ucapan ulang tahun untuk Bebi.

Giveaway ini berlangsung 2-13 April 2015, dan pemenang akan saya umumkan pada 15 April 2015. Pemenang dipilih berdasarkan keberuntungan, alias diundi, jadi jangan takut menjawab salah atau konyol. Setiap peserta boleh memasukkan 1 entri per hari, dengan nama yang sama dan jawaban yang berbeda. Jika ada yang memasukkan lebih dari 1 entri per hari, akan didiskualifikasi. Entri dengan nama yang sama dan jawaban yang sama akan dianggap satu entri. Pengundian saya lakukan berdasarkan jumlah entri di google form, jadi tidak perlu meninggalkan komentar lagi (tidak dilarang juga sih).

Selamat berbagi, dan semoga beruntung. Untuk hadiah yang lebih besar, kalian bisa mengikuti read along di sini. Cek juga jadwal blog tour kami.

Jangan lupa kunjungi giveaway hop grup CL-YA yang lain ya:

42 responses to “Children’s Literature Giveaway Hop

  1. Buku anak paling berkesan buat saya itu Perjalanan Ajaib Edward Tulane karangan Kate DiCamillo. yang bikin saya bengong seharian setelah baca buku juga gak sanggup untuk buat reviewnya.

    Fatiah
    link share: https://twitter.com/Fatiah_NM/status/583542455452086272

    dan tidak lupa, Selamat ulang tahun untuk bebi, semoga makin jaya, makin banyak anggotanya, makin seru juga makin berkualitas. Yang jelas semoga bebi bisa juga bisa berperan meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia😀

  2. Sewaktu masih SMA saya suka membaca buku anak, biasanya cerita detektif. Banyak serial yg saya baca, seperti Trio Detektif, Lima Sekawan, dan Pasukan Mau Tahu. Tapi, sepanjang ingatan saya, yang paling membekas adalah serial detektif Kalle Blomkvist karya Astrid Lindgrens. Saya lupa yg mana judulnya, tapi saya ingat adegan paling menegangkan saat Kalle, si detektif cilik, diculik oleh penjahat.

    Frida Kurniawati
    Link share (https://twitter.com/kimfricung/status/583556018182852608?s=02)

  3. Nama : Nur Ramadhani Anwar
    Link sharing: https://twitter.com/DhaniRamadhani/status/583562490321088512

    Buku anak yang paling berkesan adalah Matilda karya Roald Dahl. Saya suka matilda, gadis kecil yang ternyata dilarang belajar, dilarang membaca oleh orang tuanya sendiri sampai dia yang masih kecil berani pergi ke perpustakaan kota sendirian. Gadis kecil yang sudah menamatkan novel-novel klasik dewasa diumurnya yang tidak lebih dari 10 tahun. Tentu ini hanya fiktif, tapi ini membuat saya minder. Hehehe.

    Bebi…. selamat ulang tahun yah. Makin jaya, makin eksis. Terima kasih GA nya mbak bzee ^^

  4. Pauline Desty

    Buku anak yang berkesan bagi saya adalah Lima Sekawan. Itu series pertama yang saya baca dan saya punya (hasil hibah dari tante). Rasanya waktu itu pengen bertualang seperti George dan saudaranya. Saya sampai bikin geng sendiri yang isinya kakak, saya, dan dua sepupu saya plus anjing kecil (sayangnya anjingku ga sepandai Timmy waktu itu).

    Bebi yang berulang tahun, makin sukses ya, makin besar (komunitasnya), makin solid (kekeluargaannya)😀

    Link share : https://twitter.com/destinugrainy/status/583569707019546624

  5. Hi Bzee, aku ikutan yaa..nama “Althesia Silvia”

    Ini link yang kushare, https://twitter.com/althesia/status/583583284459741186

    Waktu aku kecil, karena tinggal di daerah terpencil, gak ada toko buku, jadi hampir tidak ada buku anak yang bisa kunikmati selain majalah bobo. aku baru bener-bener baca buku tak bergambar (selain bobo) itu waktu smp karena di perpus ada Trio Detektif. So Trio Detektif jadi buku yang sangat berkesan untukku, karena itu saat dimana aku pertama kali jatuh cinta dan tenggelam dengan cerita dalam buku sampe bisa mengorbankan waktu istirahat sekolah untuk mendekam baca Trio Detektif di perpus karena gk bisa dipinjam bawa pulang. Jadi sekarang aku kejar target pengen baca semua buku anak yang recommended, termasuk yang ada di paket original “Anne of Green Gables” wish me luck🙂

    Thanks untuk Giveawaynya Bzee🙂

  6. Selamat ulang tahun, BeBi, semoga panjang umur dan sukses selalu.
    Semoga juga saya akan ingat untuk sering-sering mampir kemari😄

    Buat saya, membaca buku anak adalah pilihan yang mudah dibandingkan membaca genre lain, apalagi karena buku anak biasanya lebih sederhana (tapi memiliki nilai moral tersendiri) dan membuat kita bebas berimajinasi tanpa realisme berlebihan yang kadang disodor-sodorkan oleh genre lain, jadi membaca buku anak sering kali bisa mengembalikan my faith in humanity (dan sebagai cara untuk de-stress, haha).

    link: https://twitter.com/coffeewing/status/583600225085829120

  7. waktu kecil, aku dikasih buku sama mamah. bukunya tentang kelinci gitu, satu paket isinya 4 atau 5 lupa lagi hahaha. judulnya pun lupa, tapi gambarnya mirip buku versi original itu yang diatas. Waktu aku pindah rumah, buku-bukuku ku titipin di tetangga (yang janjinya mau bikin perpustakaan kecil) tapi pas minta dibalikin, ga ada satupun dari bukuku yang kembali. Aku sedih banget waktu itu (bukuku yang aku titipin bukan cuma buku kelinci itu, tapi buku-buku komikku juga.)
    dan berbuhung gambar dari buku itu mirip sama yang versi original, jadi aku milih buku yang itu aja hehehe~ siapa tau bisa nostalgia masa keemasan hahaha~

    makasih GA-nya😀
    sukses terus ya buat BBI ^O^/

  8. Pingback: Scene on Three (80) | Bacaan B.Zee

  9. etika setya perwari
    link share: https://twitter.com/tikikabum/status/583894766548488193

    Pengalaman menarik baca buku anak itu salah satunya terjadi beberapa hari yang lalu. Saya baca buku Keluarga Cemara. Dulu, saya mengenal Keluarga Cemara itu hanya sebatas sinetron di televisi. Dulu juga, saya masih kecil. Saya hanya tau menikmati sebuah tontonan tanpa tahu pelajran apa yang bisa diambil. Tapi saat saya baca bukunya, ingatan tentang apa yang saya tonton itu terulang lagi. Jadi serasa nostalgia, hehehe. Tapi yang paling menarik dari baca buku itu, saya jadi merasa bahagia. Gimana ya cara jelasinnya, pokoknya saya merasa sangaaaat bahagia. Saya jadi belajar cara bersyukur, belajar pentingnya berpegang teguh pada kejujuran, belajar tentang harga diri yang harus dipertahankan, belajar tentang kehangatan keluarga yang harus selalu dijaga, dan lain sebagainya. Sejak baca buku itu, saya selalu merekomendasikan buku itu untuk orang lain. Buku itu mengajarkan tanpa terkesan menggurui. Itu yang paling bikin salut!

    Buat Bebi, selamat ulang tahun ya Beb :* Semoga tetap jaya dan tetap menularkan semangat membaca buat bangsa Indonesia🙂

  10. Nama: Dyah Muawiyah
    Link share: https://mobile.twitter.com/dyahmuawiiyah/status/583946471935909889

    Buku anak yang paling berkesan itu Totto-chan. Dari buku itu banyak pelajaran yang bisa kita ambil untuk lebih memahami dunia anak-anak. Buku itu juga yang sering aku paksain untuk teman-teman FKIP baca karena bisa jadi bahan untuk ujian kependidikan😀

    Selamat ulang tahun BeBI. Semoga panjang umur, makin jaya, dan makin eksis yaa *pelukBeBI*

  11. Abduraafi Andrian

    Abduraafi Andrian
    Shared here.

    Baiklah. Pengalaman membaca buku anak-anak terasa berkesan ketika aku beranjak dewasa (baca: remaja). Ketika cerita sederhana dengan konflik yang sedikit, bahkan tanpa konflik, menjadi hal menyenangkan untuk lari sejenak dari kesibukan. *halah, apa ini*

    Aku suka Roald Dahl dan buku-bukunya. Bagaimana seseorang berperan penting untuk mendirikan yayasan untuk anak-anak dengan menyisihkan sebagian laba dari karya-karya tulisannya yang juga untuk anak-anak. Dia seperti jembatan. Dari anak-anak untuk anak-anak. Walaupun anak-anak yang membeli buku-bukunya juga dari penghasilan orangtua mereka. Sungguh bisa menjadi panutan, penulis ini.

  12. Alvina Ayuningtyas
    share : https://twitter.com/alvina13/status/584006036324909056

    Semenjak punya anak, jadi makin sering koleksi buku anak. Rasa rasanya bisa jadi balik muda lagi kalau baca kisah kisah di dalamnya. Kamu ngerasa gitu juga nggak sih, Mbak? ((malah nanya))

    Selamat ulang tahun BBI!! Semoga makin sukses dan diakui di bidang perbukuan di Indonesia ^^

  13. Buku anak paling berkesan sebenarnya Matilda karya Roald Dahl, soalnya saya suka banget dulu pas pertama baca. Tapi kemarin2 ini saya baca The Miraculous Journey of Edward Tulane dan nangis gitu bacanya. Buku itu sukses jadi buku favorit🙂 Kayaknya baca buku anak itu nggak ada bosannya, merasa kembali mudah hehe…

    Btw, Happy Milad BBI!

  14. Diah Nurlianingsih
    Link share : https://twitter.com/diahnrlia/status/584239021947101184

    The Miraculous Journey of Edward Tulane menjadi buku yang sangat berkesan menurut saya. Mengajarkan kita tentang Cinta dari ‘sebuah’ kelinci porselen. Terdengar klise tapi Kate DiCamillo mengemasnya dengan apik. Dan diakhir ceita, Edward sukses membuat saya menitikan air mata :’)

    Cie ada yang ulang tahun nih. Selamat ulang tahun Bebi! Sukses selalu yaa ^o^

  15. littleraven1886

    Nina Ridyananda
    share : https://twitter.com/ninandda16/status/584271148487090177

    Buku anak yang paling berkesan di aku itu sebenernya merupakan kumpulan kisah-kisah fairy tale/dongeng Eropa (Bluebeard, Narcissus, dsb] bukunya masih ada tapi entah dimana. Bukunya itu merupakan buku anak-anak pertama yang aku baca, penuh ilustrasi juga. Eh, ini masuk buku anak gak ya Mbak? Wkwk, maklum waktu kecil aku bacanya ensiklopedi bergambar, banyak juga dongeng😄

    Joyeux anniversaire, Bebi. Semoga tambah mbem, tambah banyak makan, dan kakak-kakak yang memanjakan Bebi makin banyak. Dan semoga bisa segera bikin kolam yang isinya fanta biru😀

  16. Kebiasaan membacaku mulai rutin sebenarnya dimulai pas SMP, kebetulan ada buku Sapta Siaga di perpustakaan. Nggak lengkap semua, karena harus berusaha cari di rak-rak dan tempat yang berbeda.

    Greget sama alur cerita yang keren banget, satu per satu misteri dikuak. Yang aku ingat itu Misteri Surat Kaleng, komentarku pas tahu siapa dalang di balik surat-surat kaleng yang dikirimkan itu, “kok nggak kepikiran ya? padahal orangnya dekat banget”. Oma Enid emang keren banget ngaduk-ngaduk emosi dan logika pembaca😀

    Yang paling favorit sih The Miraculous Journey of Edward Tulane, aku makin tertarik pas Mbak Bzee ulas review-nya, dan akhirnya aku punya. Haghaghag.

    Eiya, selamat menua Bebi. Eh, si Bebi mah belum menua ya, masih unyu-unyu, anak kecil kayak Bebi udah sering makan bakpao sama fanta, pasti gedenya bakal gendut. Haha… Selamat ulang tahun, BBI. Semoga makin yang terbaik semuanya, makin kompak, makin akrab, makin keren, makin bisa menularkan virus membaca ke semua orang, dan makin banyak timbunannya😀

    Nama: Asy-syifaa Halimatu Sa’diah
    Link: https://twitter.com/asysyifaahs/status/584518522828488704

  17. Buku paling berkesan itu Lima Sekawan.. Karena itu buku pertama yang aku punya, yang dibeliin sama kakekku, pas aku udah pintar membaca.. Tapi seri Lima Sekawanku sekarang udah gak ada, karena rumah sempat kena banjir.. Tapi karena zaman udah canggih, jadi beberap seri Lima Sekawanku udah lagi, dalam format ebook :))

    Ucapannya, moga jadi komunitas yang ter- ter- ter- dalam hal yang BAIK dan WOW.. Dan satu lagi, semoga member komunitasnya rajin bikin event GA ^_^))v

    Nama : Sofhy Haisyah
    Link : https://twitter.com/Sofhy_Haisyah/status/584539107319156736

  18. Eni Lestari
    link share: https://twitter.com/dust_pain/status/584601601563693056

    selamat ulang tahun Bebi! semoga makin jaya ke depannya ya😀

    buku anak yang paling berkesan buatku Matilda karya Roald Dahl. waktu itu gak sengaja pinjem di rental. bukunya bulukan dan sampulnya sudah sobek. tapi karena ingat karya Roald Dahl pernah direkomendasikan Clara Ng di twitter, akhirnya pinjem deh. dan hasilnya… ahhh kemana saja selama ini sudah menelantarkan buku bagus ini😦 asli, bukunya menarik banget. gregetan sama Mrs. Trunchbell. dia sangat kejam! apalagi pas adegan dia muter2 rambut kepang salah satu temannya Matilda (lupa namanya) dan dilempar keluar jendela. sumpah pengin banget nyulek matanya Mrs. Trunchbell hahaha. ayah sama ibunya Matilda juga gak peduli dengan kejeniusan Matilda. rasanya sebel juga. tapi untunglah Matilda bukan tipe anak yang menye2. ceritanya pun berakhir happy ending. lega banget akhirnya Matilda tinggal sama Mrs. Honey😀

  19. Nurul Islamiyah
    Shared : https://twitter.com/Iiind_/status/584609811481755648

    Sewaktu kecil aku suka banget baca cerita anak yang ada di majalah anak-anak. Asyik aja. Walaupun sekarang aku baru nyadar kalo ceritanya tu sederhana banget trus sebenarnya mudah banget ditebak endingnya T_T Yah biasalah imajinasi aku waktu kecil masi dangkal😀
    Btw, kalo kalian pengen baca buku anak, aku rekomendasiin buku-buku karyanya mbak Clara Ng. Bagus banget buku anak-anaknya! ^^ Waktu kecil, yah akhir SD-SMP lah, aku cukup suka karya beliau. Aku juga ngeromendasiin novel Harry Potter, walaupun temanya fantasi tapi ga ribet kok. Asik banget. Coba deh baca^^

  20. link share: https://twitter.com/chiipurai/status/584682859455090688

    Buku anak yang berkesan itu novel The Wizard of Oz. Waktu kecil sudah familiar dengan filmnya dan waktu baca novelnya jadi tambah suka lagi. Karakter dan ceritanya benar-benar menghibur, penuh petualangan yang seru.

  21. Nama: Ira Mustika

    Link share: https://twitter.com/irabooklover/status/584895543458996224

    Dulu waktu masih kecil, waktu masih sering baca Bobo, sering banget mengkhayal punya koleksi lengkap buku anak semacam Goosebumps, Lima Sekawan, Cerita Dongeng Anak-anak Bergambar, dan buku-buku Jacqueline Wilson yang resensi sama iklannya sering banget nongol di majalah itu. Yang paling ekstrim adalah mengkhayal ketemu peri baik hati yang bisa mengabulkan permintaan ku untuk punya koleksi lengkap buku-buku itu😀

    Dan selamat ulang tahun buat Bebi. Semoga tetap eksis dan anggotanya makin banyak, tersebar di seluruh Indonesia sampai ke pelosok.

    Terima kasih buat giveaway-nya ya Bzee. Wish me luck ^_^

  22. Larissa Rosalina
    Ini linknya : https://twitter.com/fairish_girl/status/585348720176209920

    Pas masih kecil dicekokin bacaan banyak banget. Mulai dari dongeng luar negeri dari Hans Christian Andersen sampai seri dongeng cerita rakyat dari Sabang sampai Merauke. Bukunya masih ada semua nih hehe,,
    Tapi yang paling berkesan adalah serial Lima Sekawan. Suka banget sama ceritanya sampai dulu dibaca berulang-ulang bahkan sampai sekarang masih hapal ceritanya meski terakhir baca jaman sma dulu (jangan tanya tahun berapa ya). Itu buku warisan dari mama (atau tante ya?) serinya komplit, bahkan di salah satu bukunya ada foto pemeran movienya hahaha,, sekarang sih bukunya udah kuning-kuning, tapi tetep disayang koq🙂
    Makasih buat GA-nya

  23. priskila indah

    Nama: Priskila Indah Sekar
    Link shared: https://twitter.com/PrizkaIndah/status/585526119010590720

    Buku anak paling berkesan adalah Lima Sekawan. Buku yang mengisahkan petualangan seru dan mengajarkan tentang keberanian.

    Btw, selamat ulangtahun BBI!!! Semoga semakin seru dan semakin meluas. Sukses selalu!

  24. Nama: Fery Juni Ismarianto
    Tautan berbagi: http://twitter.com/FJrean/status/585846303164366849

    Buku anak yang berkesan itu, tentu saja, Harry Potter series mahakarya Tante Jo aka J.K. Rowlings. Buku pertama yang saya batja, yang menyemplungkan saya pada samudera cinta buku, adalah buku Harry Potter and The Goblet of Fire (saya tidak akan pernah lupa akan fakta ini hingga sudah saatnya menutup buku kehidupan). Butuh waktu tiga hari bagi saya untuk menuntaskan buku itu di pembatjaan saya yang pertama.

    Batjanya pun saya tidak urut. Setelah membatja buku keempat tersebut, saya membatja buku kelimanya, Harry Potter and The Order of the Phoenix. Masih butuh 3 hari juga. Setelah itu Harry Potter and the Sorcerers Stone, dan saya masih juga butuh 3 hari untuk melahapnya. Dilanjut ke Harry Potter and The Prizoner of Azkaban dan, coba tebak berapa hari saya butuhkan untuk menyerukan kata “kelar”?

    Yap, jawabnya 3 hari. Apakah 3 hari menjadi paten untuk membatja buku Harry Potter? Coba cari tahu dengan membatja kelanjutan cerita, eh, komen saya di bawah.

    Buku ke-enam, Harry Potter and The Half-Blood Prince, merupakan pecah rekor pertama dalam sejarah saya membatja buku sebagai buku tercepat yang saya batja: kurang dari 24 jam! Sore pinjam, menjelang subuh saya berhenti untuk tidur, bangun tidur sekitar jam 11 lanjut lagi dan kelar pukul setengah 1.

    Oh ya, semua buku dalam status pinjam. Untuk saat ini saya hanya baru punya dua buku Harry Potter: Yang pertama dan terakhir.

    Lalu bagaimana dengan kisah yang membarengi buku ketujuh, Harry Potter and The Deathly-Hallows?

    Ketika membatja buku keenam, saya sempat cemas sekali, bagaimana saya bisa membatja buku terakhir serial tersebut, secara saya dan seseorang yang meminjami saya buku tersebut akan melanjutkan bersekolah di tempat yang berbeda. Dan saat itu dalam posisi buku terakhir itu belum rilis pula. Saya berdoa pada Sang Pemilik Semesta, “Tuhan, aku mohon. Dekatkan aku dengan buku-bukuku.”

    Dan, saya bersyukur, DIA menjawab do’a saya. Saya “terdampar” di sekolah yang di perpustakaannya memiliki koleksi novel dalam jumlah yang cukup banyak. Tapi… bukan di sana saya berjodoh dengan Harry Potter #7. Butuh waktu kurang lebih 1,5 tahun bagi saya untuk bertemu dengannya dan menelusurkan kedua mata saya mencecap tiap lembarnya.

    Adalah ketika saya PKL dan menemukan secara tak sengaja penyewaan buku (sekarang sudah tutup, btw). Dan dengan biaya yang agak tak terjangkau bagi saya saat itu, menghabiskan sekitar dua minggu uang saku saya, tanpa pikir panjang saya langsung menyewanya. Waktu penyewaan adalah 3 hari dan saya melahapnya dalam 2 hari saja, dan sempat membatja ulang bagian-bagian yang saya sukai yang saya lakukan lebih karena saya tak rela berpisah dengannya.

    Dan itulah, sepenggal (yang panjang) kisah saya bersama buku anak (dan remaja) yang sangat berkesan sekali bagi saya :’)

  25. Pingback: Children’s Classics Literature: Berbagai Genre, Berbagai Masa | Bacaan B.Zee

  26. pertama2, maaf ya kalau dobel soalnya tadi pas ‘post comment’ eh koneksi error😄

    Indah

    met ultah ya, bebi.. semoga ke depannya langgeng and bisa mempererat hubungan di antara anggota yang ngga hanya sekedar ‘akrab’ di dunia maya namun bisa berlanjut di dunia nyata😀

    buku paling berkesan? ronya anak penyamun-nya astrid lindgren, satu dari sedikit bukunya astrid lindgren yang tetap disuka walau dibaca ulang dalam rentang usia yang berbeda😀

    ronya yang bebas.. ronya dan kehidupannya di hutan yang bikin mupeng pengen ikutan hidup di sana bareng dia, huahahaha :p

    makasih buat ga-nya, Bzee😉

  27. Nama : jenny
    Link shared : https://twitter.com/JennyKawilarang/status/586004080520073216?lang=en
    Buku yang paling berkesan (salah satunya) karangan erich kastner yang judulnya kelas terbang. Menceritakan kisah sekumpulan pelajar anak laki-laki di gymnasium (sekolah berasrama). Kisahnya selain jenaka,juga mengharukan. Apalagi endingnya, sangat menyentuh.
    Oya, selain itu saya juga ingin mengucapkan “Happy birthday Bebi” Semoga semakin banyak anggotanya dan semakin banyak yang tertularkan lewat Bebi hobi membaca bukunya.🙂

  28. Waktu masih SD, aku menyewakan beberapa buku anak punyaku ke teman-teman. Harganya mulai dari 300-800 rupiah. Hasilnya aku tabung dan buat jajan.

    Nama : Maya Floria Yasmin

    Selamat ulang tahun buat Bebi, senang bisa bergabung sama Bebi dari umur Bebi masih bayi :*

  29. Link share: https://twitter.com/EuisSriNur/status/586129753804910592

    Waktu kecil aku tumbuh di desa yg kurang akses ke buku2… Untungnya sempat nyicip asyiknya baca majalah Bobo, minjem dari sepupu. Baru setelah aku dewasa & merantau ke kota, aku mengenal banyak judul menarik. Sampai sekarang, banyak diantara buku terfavorit dari genre Children/YA yg belum kupunya & kubaca, wishlistku jadi banyak bgt, karena numpuk akibat telat akses ke buku2 ini. Mana sebagian udh susah nyarinya, hiks… Anyway, sampai sekarang aku menyukai buku2 jadul klasik, seperti Anne of Green Gables, Secret Garden, Heidi, sampai HP, dll. Aku berharap koleksiku bisa nambah terus.

    Oh iya, HBD buat Beby, semoga makin banyak yg tertular semangat baca ya…

  30. Nama: Amelia Aura

    buku anak paling berkesan buatku itu The Miraculous Journey of Edward Tulane – Kate DiCamillo, buku anak yang sangat ingin kubaca dan kumiliki itu The Land of Stories-nya Chris Colfer, penulis buku anak favoritku itu Jacqueline Wilson, serial buku anak paling terkenal yang belum aku baca itu Lima Sekawan-nya Enid Blyton (yeah, what a shame :()

    Happy birthday Bebi! makin jaya, makin gencar menularkan virus baca, makin sering bikin giveaway, makin tenar, makin banyak anggotanya (dan dalam waktu dekat ini semoga aku bisa join)

    Link share: https://mobile.twitter.com/meliarawr/status/586424119031234560

  31. Nama: Zubaidah Hariyani
    Twitter: @zhube89
    Email: Hariyanizubaidah@gmail.com
    Link Share:
    https://mobile.twitter.com/zhube89/status/586720944225411072?p=v

    Buku ini aku baca waktu SMP, cerita tenteng trio detektif waktu itu judul yang aku baca tentang laba-laba perak. Ini buku pertama yang aku baca, jujur saja aku dulu tidak terlalu suka membaca buku tapi setelah membaca buku ini aku menjadi suka membaca hahaha😀 aku suka buku ini karena jalan ceritanya sangat bagus selain itu tiap bab dari buku ini bener-bener bikin tegang😀
    Oya, selamat ulang tahun Bebi, semoga dari tahun ke tahun bisa memberikan lebih banyak pengetahuan tentang buku-buku terbaik

  32. Ficha Ranjani

    Buku anak masih mudah didapat di era 90-an dan peminatnya terus bertambah. Ada cerita yang diberikan secara turun-temurun dari orang tua atau dari hasil tukar menukar buku. Semua terasa mudah karna gadget belum mengantikan asyiknya buku. Buku ini, Secret Garden adalah yang pertama untukku disusul dengan Hansel and Gretel. Akhirnya aku tergila-gila dengan rumah permen dan berharap punya taman rahasia dibelakang rumah. Bukti kalau buku bisa merubah mindset seseorang dan yang terpenting bikin awet muda.

    Happy anniversary Bebi sayangku. Karnamu membaca buku terasa nikmat. Tetap produktif dalam nge-blog dan makin banyak resensi bermutu lainnya . Sukses guys!

  33. Farhan A

    Saya suka buku anak-anak, apalagi akhir-akhir ini mulai coba hunting buku anak yang keren-keren. Gatahu juga motivasi utama saya apa, tapi masih terus kepikir kalau nanti saya ingin jadi pengarang buku anak kecil. Yang terpenting bagi saya, bagaimana kita bisa mengenalkan kegiatan baca-membaca kepada anak kecil melalui jalan yang menarik tanpa kehilangan nilai-nilai positifnya

    Happy Birthday BBI!

  34. Ila Rizky
    Link share : https://mobile.twitter.com/ila_rizky/status/587109985622093824?p=p

    Dulu saat kecil, saya pernah membaca karya Enid Blyton tentang petualangan di sebuah ruang bawah tanah. Sejak saat itu, saya suka serial petualangan dari penulis manapun. Buku Enid Blyton memang berbeda dengan buku seri penulis anak lainnya. Enid lebih suka menuliskan petualangan yang sederhana. Dalam serial Lima Sekawan, ia menuliskan kisah anak-anak pemberani pemburu misteri. Kisahnya tidak sampai melibatkan anak-anak untuk baku hantam dengan penjahatnya. Sebisa mungkin tidak membuat anak-anak seram dan jadi penakut. Namun sisi misteri mampu membuat anak-anak penasaran dan ingin memecahkan misteri tersebut.

    Karakter tokohnya pun beragam, seperti Anne yang rapi, pengatur dan cerewet, Julian yang bijak dan dewasa, George yang ternyata anak perempuan namun tomboi dan galak, serta Dick yang sigap karena selalu siap sedia alat-alat untuk membantu petualangan mereka bersama Timmy si anjing yang doyan makan dan mudah mengendus aroma untuk melacak penjahat. Dalam novel Enid Blyton berjudul Lima Sekawan di Pulau Seram, pembaca bisa belajar untuk mencintai binatang, seperti yang diajarkan oleh Wilfrid juga belajar untuk teliti hingga bisa memecahkan misterinya.

    Pembaca juga bisa belajar untuk menghargai dan mengambil hati orang lain, seperti yang diajarkan Julian, “Wilfrid merasa bangga jika Julian menepuk punggungnya sebagai tanda penghargaan.” (halaman 55, Lima Sekawan di Pulau Seram)

    Buku Enid Blyton banyak menginspirasi pembaca dan penulis karena kisahnya yang mengajak anak-anak mengembangkan imajinasi mereka tanpa batas. Dibalik kisah yang dituturkan ada sisi pengembangan character building yang akan selalu diingat dan membekas di hati anak-anak bahkan hingga dewasa. Bayangkan jika seorang anak mengingat dengan baik karakter Anne, ia pun akan ikut sifat tokoh yang diidolakannya itu.

    Buku anak yang menarik bagi saya adalah buku yang mengajak anak bermain sambil belajar. Porsi bermainnya memang banyak, tapi dari petualangan seperti yang dilakukan Lima Sekawan, anak-anak bisa belajar menyalurkan rasa ingin tahunya yang begitu menggebu untuk bisa diarahkan. Perlahan anak akan tahu bahwa menjadi pemberani itu keren! Anak tidak akan takut dengan hantu, penjahat atau phobia lainnya. Anak diajak mengenal hewan dan tumbuhan, bersahabat dengan alam.

    Buku yang baik pun tak melulu menawarkan kebahagiaan. Seperti buku yang ditulis oleh Clara Ng yaitu lima buku dalam seri Bagai Bumi Berhenti Berputar. Clara mengangkat berbagai peristiwa dan masalah menyedihkan dalam kehidupan seorang anak, seperti sakit, kematian, dan perceraian.

    Clara yang merupakan salah satu penulis peraih penghargaan kategori buku anak Adikarya Ikatan Penerbit Indonesia, memaparkan berbagai hal yang mungkin dialami dan dirasakan anak yang kebetulan menghadapi masalah yang membuatnya sedih. Misalnya, dalam Jangan Lupa Aku Mencintaimu, Clara mengisahkan soal perceraian, dari pertengkaran orang tua yang kadang harus disaksikan anak hingga perasaan bersalah anak karena berpikir merekalah penyebab perceraian.

    Memberikan pemahaman pada anak dengan gaya bahasa sederhana tentang berbagai hal yang tidak ideal terjadi dalam hidup sungguh bukan hal yang mudah. Tapi itu membuat anak berani menghadapi hal yang tidak ia sukai. Bagaimana pun anak harus diajari untuk menerima dua kondisi baik yang buruk maupun baik. Dengan demikian, rasa simpati anak pun tumbuh bila melihat kondisi buruk itu dialami oleh teman atau kerabat mereka. Bila ia sendiri yang mengalaminya, penguatan dari buku semacam ini akan membuat anak tegar menghadapi hidup.

    Buku anak di Indonesia saat ini banyak diminati oleh orangtua dan anak-anak. Kesadaran memberikan bacaan bermutu bertumbuh seiring dengan kesadaran orangtua bahwa menjadi orangtua yang baik pun perlu asupan ilmu. Dari buku-buku anak yang dibacanya itu orangtua bisa mendongengkannya pada anak. Kedekatan dengan anak tercipta lewat kegiatan mendongeng. Tumbuh suburnya budaya mendongeng pada anak dimanfaatkan oleh penerbit untuk menggempur pasar buku anak dengan beragam bacaan dongeng dari model buku bantal, pictorial book, maupun illustrated book.

    Arleeen Amijaya, misalnya, membuat gebrakan dengan menulis dongeng futuristik, dongeng sering identik dengan masa lampau tapi di buku ini dongeng akan diciptakan di masa depan. Dalam bukunya ia menulis dongeng agar anak-anak membayangkan bagaimana masa depan dunia yang ia tinggali nanti. Lewat kisah All by My Self ia mengisahkan seorang anak yang menggunakan tekhnologi robot untuk memenuhi kebutuhannya. Dari sinilah anak akan belajar bahwa di masa depan, kelak robot akan diciptakan oleh anak-anak yang membacanya.

    Penerbit, illustrator maupun penulis pun bergegas membuat buku yang sesuai dengan segmen pembaca anak ini. Serial dongeng dan novel anak pun makin dibanjiri penulis-penulis baru yang signifikan menambah daftar panjang judul buku yang bagus. Ada juga komik dan ensiklopedia ilmu sains dan tekhnologi yang digemari anak-anak karena ilustrasinya yang cantik dan bahasanya yang khas anak-anak.

    Buku anak berkembang dengan pesat. Buku anak lebih potensial untuk digali oleh penulis-penulis baru karena jumlah peminatnya yang membludak dengan pangsa pasar yang menjanjikan. Ada pula seri buku dongeng yang bilingual, sehingga anak bisa belajar bahasa Inggris dengan lebih menyenangkan.

    Di perpustakaan kota tempat saya tinggal ada ruang khusus kids corner untuk bacaan anak. Di mana anak bisa dengan leluasa mampir sepulang sekolah dan membaca buku di tempat maupun dipinjam. Jika budaya membaca telah tumbuh dan berkembang, saya optimis Indonesia akan jauh lebih baik karena generasi mudanya telah cinta membaca sejak dini.

    Buat Bebi, selamat ultah yaa. Semoga makin bertambah usia, makin banyak blogger yang bergabung dan divisi riset makin menambah pengetahuan para membernya seputar sastra dunia.

  35. Ini buku anak atau buku masa kecil ya? Kalau buku masa kecil jawabanku sama seperti Essy, karena keluargaku bukan pecinta buku jadi aku nggak punya buku-buku anak sewaktu kecil, paling mampu beli majalah Bobo yang terkadang suka dibawa sama Abang tukang koran. Pas SMP baru deh mulai beli buku karena uang jajan udah mendingan.

    Kalau buku anak, saya suka karya Enid Blyton, jawaban klise tapi klasik😀
    Kalau untuk yang fantasy mungkin Narnia atau The Hobbit. Karena kedua buku anka-anak klasik itu mengajarkan untuk selalu berimajinasi.

    Link Share: https://twitter.com/arynity/status/587190387414069248

    Dan Happy Birthday untuk BBI, ayo bantu tumbuh kembangkan serunya membaca pada masyarakat Indonesia.

  36. Serial lima sekawan dan trio detektif sukses membuatku ingin bermain detektif2an dan sampai kebawa mimpi
    link share: https://twitter.com/henker_gunawan/status/587254976986005505

    Selamat Ulang Tahun yang ke 4 BEBI makin dewasa, makin banyak membernya dan makin kece tentunya

    Hendra Budi Gunawan

  37. Jaman masih anak-anak aku gak pernah baca buku anak. Sekalinya itu baca kisah Gadis Korek api pas kelas 6 SD. Ampe sekarang cerita itulah yang paling aku kenang🙂

    Otajnoubi Omedetou Bebi :* Selamat ulang tahun yang ke empat…. Semoga makin banyak yang kejangkit virus baca ya😀

    -Maryana-

  38. Selamat hut 4th @bbi_2011 tetap eksis & jaya.13april 2015. Saya kadang merasa sedih dgn anak sekarang lebih suka bermain gadget/game dibanding membaca.disuruh belajar krn anak terpaksa.mohon bantuan pihak ortu agar mengajak anak membaca sejak usia dini.mulailah Dr anda.dongeng Indonesia sudah cukup baik,sudah ada pula buku bilingual dr penerbit bip/kiddo.pembahasan di blog pun bisa dijadikan referensi.makasih @vivicyntia

  39. Pingback: CLYA’s Winners! | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

