The Flood – Émile Zola

The FloodTitle : The Flood (L’Inondation)
Author : Émile Zola (1880)
Publisher : Project Gutenberg
Edition : November 10, 2012 [EBook #7011]

Our house seemed blessed, happiness reigned there. The sun was our brother, and I cannot recall a bad crop.

Hidup Louis Roubien, di usianya yang sudah 70 tahun, bisa dikatakan sempurna. Keluarganya berkumpul di rumahnya yang akan selalu dinaikkan (ditingkat) jika tiap anggotanya menikah, mereka bersama-sama mengolah pertanian yang seolah mendapat berkah, tidak pernah ada gagal panen meski musim sedang kurang baik, dan setiap anggota keluarga bahagia. Roubien dan kedua saudaranya, anak dan menantunya, tiga cucu perempuan, dua cicit dari cucu pertama, dan cucu kedua yang segera akan menikah; membawa keceriaan yang seakan tidak pernah habis.

We often joked among ourselves of our past poverty. Jacques was right. I must have gained the friendship of some saint or of God himself, for all the luck in the country was for us. When it hailed the hail ceased on the border of our fields. If the vines of our neighbors fell sick, ours seemed to have a wall of protection around them. And in the end I grew to consider it only just. Never doing harm to any one, I thought that happiness was my due.

Suatu hari, hujan turun selama berjam-jam, meluapkan sungai Garonne yang jaraknya tak jauh dari rumah Roubien. Keluarga besar itu pun berlindung di rumah yang kokoh dan tinggi itu, sambil menunggu perahu pertolongan. Roubien sangat optimis, air tak akan menenggelamkan rumah mereka. Namun, ada kekuatan yang lebih besar, di luar kendali siapa pun: alam dan ketakutan. Akankah mereka lolos dari pemangsa dalam pikiran mereka sendiri?

I, too, began to laugh, infected with her madness. Terror had destroyed her mind; and it was a mercy, so charmed did she appear with the beauty of the morning.

Meski pendek, karya Zola yang satu ini cukup mencengangkan. Saya sudah membaca beberapa novel dan cerpen Zola, yang menurut saya jauh berbeda efeknya. Cerpen-cerpennya tak memberi efek sedahsyat novelnya. Dan novella ini memberi efek yang hampir sama dengan novel-novelnya. The Flood adalah gambaran gelap dan depresif dari kehidupan. Bagaimana segalanya bisa hilang dalam sekejap, bagaimana keputusasaan bisa menghancurkan. Dan tentu saja, dalam deskripsi khas yang menawan. Dengan menggunakan sudut pandang Louis Roubien sebagai orang pertama, kita diajak untuk ikut menjalani tur emosionalnya.

Entah mengapa saya merasa buku ini (semestinya) belum selesai ditulis, bahwa sang penulis hanya menuliskan garis besar ceritanya saja. Masih banyak celah dan potensi yang bisa dikembangkan dan dieksplorasi; latar belakang keluarga Roubien, lingkungan tempat tinggal mereka, kehidupan sehari-hari yang lebih detail, dan lain sebagainya. Seandainya lebih panjang, saya yakin pasti akan meninggalkan efek yang lebih dahsyat lagi.

Manusia memang tidak selamanya bisa ‘baik-baik’ saja. Pasti ada masa keterpurukan yang akan menguji, seberapa jauh mereka telah bertumbuh. Harapan, kekhawatiran, ketakutan, keputusasaan, pengorbanan, adalah sikap manusia yang biasa timbul dalam tekanan. Langkah apa yang dipilih dalam kondisi seperti itu, bergantung pada manusia itu sendiri. Selusin orang dalam keluarga Roubien pun mengalami kesemua hal itu.

Alam adalah kawan, tetapi ada kalanya alam menjadi ganas. Optimisme bisa dihancurkan oleh alam, tetapi pesimisme menghancurkan dirinya sendiri. 4/5 bintang untuk Garonne yang mengganas.

Then they all sank, the water closed over them beneath the drowsy light of the moon.

zoladdiction-2015-button

2 responses to “The Flood – Émile Zola

  1. Pingback: Zoladdiction 2015 | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s