Scene on Three (81) : Special to Bebi’s Family

SceneOnThree

Selamat ulang tahun yang keempat, Bebi!

Di edisi ulang tahun Bebi hari ini, saya mau ambil scene yang ceria, dan (sebisa mungkin) bisa dihubung-hubungkan, hehe. Ini dia, masih dari buku Little Women by Louisa May Alcott.

“We can’t give up our girls for a dozen fortunes. Rich or poor, we will keep together and be happy in one another.” (p.37)

Kalimat ini diucapkan Mrs. March saat Aunt March berniat untuk mengadopsi Jo, karena dia yang cocok untuk membantu-bantu Aunt March juga. Tapi, untungnya, Mrs. March tidak setuju, karena Jo juga tidak suka dipisahkan dari saudari-saudarinya.

Prinsip Mrs. March ini agak mirip dengan orang Jawa, mangan ora mangan asal ngumpul. Kaya atau miskin, mereka tetap bersama. Karena dalam kebersamaan, sebuah keluarga itu menjadi lebih bahagia, penderitaan sebesar apa pun bisa tertahankan jika kita tahu ada orang-orang di dunia ini yang tulus menyayangi dan peduli pada kita. Pun dalam kasus keluarga March, di mana masing-masing anggota keluarga saling melengkapi. Dan sejauh ini, memang hidup mereka tak pernah yang benar-benar melarat sampai tidak bisa makan. Mungkin itu salah satu berkah dari kebersamaan yang saling mengisi, bukan kebersamaan yang saling bergantung satu sama lain.

Dihubungkan dengan ulang tahun BBI hari ini, saya selalu menganggap BBI adalah sebuah keluarga besar. Baik itu keluarga besar BBI se-Indonesia, maupun, dalam skala yang lebih kecil, BBI regional–dalam kasus saya, Joglosemar. Kebersamaan yang ada, baik itu berupa pertemuan akbar, kopdar kecil-kecilan, ataupun sekadar candaan di grup Whatsapp, selalu memberikan warna tersendiri bagi kehidupan saya. Jadi, ini bukan masalah berapa banyak bukumu, berapa sering kau mereview, seberapa rajin blogmu terisi, atau seberapa cepat kau membaca. Keluarga besar ini tumbuh atas dasar kecintaan yang sama terhadap buku, tekad yang sama untuk membaginya lewat blog, dan apa pun yang terjadi setelahnya, itu bukan masalah lagi.

Bagi juga scene spesialmu hari ini:

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

One response to “Scene on Three (81) : Special to Bebi’s Family

  1. Pingback: Scene on Three #45: Hold Me Closer, Necromancer | Ira Book Lover

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s