The Dangerous Alphabet – Neil Gaiman & Gris Grimly

dangerous alphabetTitle : The Dangerous Alphabet
Author : Neil Gaiman (2008)
Illustrator : Gris Grimly (2008)
Publisher : Harper
Edition : 1st edition, 4th printing, 2008
Format : Paperback, 32 pages

A is for Always, that’s where we embark;

Apa jadinya jika dua orang anak dan seekor gazelle mengalami sebuah petualangan yang melibatkan makhluk-makhluk yang menakutkan dan menjijikkan, dengan teror dan bahaya menemani mereka? Sebuah mimpi buruk? Ketegangan yang seru? Atau secercah harapan yang menghidupkan?

Melalui sajak-sajak pendek dalam buku ini, penulis dan ilustrator menyuguhkan sebuah petualangan yang tak kalah seru dengan petualangan dalam novel-novel panjang. Melalui kalimat-kalimat yang terbuka dan ilustrasi yang ramai, kita diajak untuk memanjakan imajinasi. Konon, sebuah gambar bisa berbicara lebih banyak dari kata-kata, begitu pula buku bergambar yang dilabeli untuk anak mulai usia 5 tahun ini. Jika jeli, kita bisa menghubungkan sebuah kalimat/gambar dengan dongeng-dongeng yang sudah sangat dikenal.

G is for Good, as in hero, and Morning;

Ada banyak cara memperkenalkan alfabet pada anak, buku ini menggunakan rima/sajak. Yang berbeda dari buku ini adalah penggunaan kata-kata yang bebas. Penulis mungkin tidak benar-benar menggunakan huruf yang bersangkutan, tetapi menggunakan rimanya. Begitu pula ilustrasi yang bukan hanya sebagai pemanis, tapi ikut menyumbangkan suaranya. Penulis mungkin hanya menyebutkan satu, kemudian ilustratornya ikut berbicara lebih banyak hal yang lainnya.

X alphabet

Penulis yang dikenal sebagai penulis ‘dark fantasy’ lagi-lagi memberikan suasana gelap pada buku ini. Saya rasa, penulis memang hendak menyampaikan bahwa segala ketakutan dan bahaya akan bisa dilawan, akan berlalu, dan—sebagaimana akhir dari buku ini—segalanya bisa kembali baik-baik saja. Saya suka dengan gambar di halaman terakhir, sederhana tapi manis. Goresan sang ilustrator yang menggunakan warna-warna yang tidak mencolok terasa memberikan kesan nyaman.

N is for Night, and for Nothing, and Never;

4/5 bintang untuk sajak petualangan dalam goresan cantik.

Review #18 of Children’s Literature Reading Project

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s