Girl with Nine Wigs – Sophie van der Stap

Title : Girl with Nine Wigs (Meisje Met Negen Pruiken)
Author : Sophie van der Stap (2006)
Translator : Rini Nurul Badariah
Editor : Tantrina Dwi Aprianita
Publisher : Penerbit Imania
Edition : Cetakan I, Juli 2011
Format : Paperback, 260 pages

Di usianya yang baru 21 tahun, Sophie didiagnosis menderita kanker yang sudah bermetastasis. Muda, dengan semangat hidup yang masih membara, tentunya hal ini menimbulkan tekanan padanya. Kanker jenis rhabdomyosarcoma ini disadarinya ketika sel-sel kanker sudah menyerang selaput pleura hingga merendam paru-parunya. Kemoterapi pun direncanakan, dan segala mimpi buruk Sophie dimulai.

Buku ini menceritakan perasaan-perasaannya, mulai dari penyangkalan atas penyakitnya, hingga bagaimana dia menghadapi dan menjalani hidup dengan kanker. Sophie punya caranya sendiri untuk bertahan. Dia menuliskan perjalanan hari-harinya dalam buku ini—yang memang berwujud layaknya buku harian. Dia juga menemukan cara untuk ‘melepaskan’ dirinya melalui rambut palsu yang dibelinya saat rambutnya mulai rontok. Sophie membeli berbagai macam warna dan jenis wig dan memberi kepribadian tersendiri pada setiap rambut yang dikenakannya. Melalui itu, dia bukan hanya menyenangkan dirinya, tetapi dia juga mampu melihat dirinya sendiri melalui sudut pandang yang berbeda.

Penyakit kronis, penyakit yang mengancam jiwa, atau penyakit apa pun itu, termasuk penyakit akut dan yang ringan, pastilah menimbulkan tekanan tersendiri bagi penderitanya. Penyakit dapat menghalangi seseorang melanjutkan hidupnya dengan normal, menuntut sedikit atau banyak waktunya untuk istirahat dan berobat. Namun, penyakit tak mesti menghentikan kehidupan seseorang saat itu juga. Sakit bisa juga menjadi sarana seseorang untuk memandang kehidupannya dari cara yang tak direncanakannya, hingga hidup bisa merencanakan sesuatu yang berbeda untuknya. Itulah yang ditunjukkan Sophie dan sembilan wignya, cara melanjutkan hidup, yang hanya bisa ditemukan oleh diri si sakit sendiri.

Meski menunjukkan emosi-emosinya, tulisan Sophie tidak cukup emosional untuk pembaca seperti saya. Saya justru merasakan suatu semangat kebebasan yang tinggi serta pemberontakan atas kehidupannya yang terpaksa melenceng dari rencananya semula, yang mungkin juga adalah cerminan dari kepribadian Sophie yang sesungguhnya. 3/5 bintang untuk napas hari ini.

Review #16 for Lucky No.15 Reading Challenge category Freebies Time

One response to “Girl with Nine Wigs – Sophie van der Stap

  1. Pingback: Lucky No. 15 Reading Challenge Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s