Charmed Life – Diana Wynne Jones

charmed lifeTitle : Charmed Life (The Worlds of Chrestomanci #1)
Author : Diana Wynne Jones (1977)
Translator : Yohanna Yuni
Publisher : Gramedia Pustaka Utama
Edition : Cetakan pertama, Maret 2009
Format : Paperback, 256 pages

Kakak beradik Gwendolen dan Eric kehilangan orang tua mereka pada sebuah kecelakaan. Gwendolen bisa selamat karena bakat sihirnya yang luar biasa, sedangkan Eric—yang biasa dipanggil Cat, selalu mengandalkan kakaknya. Sejak saat itu, kehidupan keduanya ditanggung oleh Dewan Kota, dalam pengasuhan Mrs. Sharp, penyihir yang tidak terlalu berbakat. Pendidikan Gwendolen diserahkan pada Mr. Nostrum yang mengajarkannya sihir sampai ke tingkat mahir.

Kemudian situasi berubah saat Chrestomanci menyadari apa yang terjadi pada kedua anak Chant, dan mengundang mereka untuk tinggal di kastilnya. Kastil Chrestomanci sangat aneh bagi keduanya, bahkan Cat yang tak berbakat sihir bisa merasakan adanya tekanan pada kastil tersebut. Keadaan semakin tak menyenangkan bagi Gwendolen karena dia tak diizinkan untuk belajar sihir di sana. Gwendolen pun memberontak dengan caranya sendiri, membuat kekacauan di kastil, dan membuat seisi kastil kewalahan. Hingga sesuatu yang serius terjadi, dan Cat harus terlibat dalam bahaya.

Buku pertama dari seri Chrestomanci ini dimulai dari pengenalan salah satu generasi keluarga Chant yang nantinya akan berperan dalam kisah lebih lanjut. Melalui Gwendolen dan Cat, pembaca diajak masuk ke dalam kastil Chrestomanci dalam suasana yang misterius. Chrestomanci yang tak kalah misteriusnya, dengan tindakannya yang sulit ditebak, adalah pemangku jabatan yang penting dalam pemerintahan yang mengatur sihir di dunia tersebut. Namun, apa sebenarnya yang dilindungi dan diatur oleh Chrestomanci, dan mengapa Mr. Nostrum merasa perlu untuk memanfaatkan keberadaan anak-anak Chant di dalam kastil?

Penulis memunculkan karakter-karakter dalam buku ini dengan cara yang tak kalah misteriusnya. Awalnya, kita akan dibuat bersimpati pada anak-anak Chant, tetapi lambat laun, sikap Gwendolen mulai di luar batas dan tidak benar. Cat yang awalnya sangat bergantung pada Gwendolen terpaksa mengambil keputusan sendiri dan tindakan yang mengejutkan semua orang. Karakter Millie, istri Chrestomanci, yang digambarkan sangat biasa, akan memunculkan kekuatan yang tak tertebak sebelumnya. Bahkan kedua anak Chrestomanci, Julia dan Roger, punya perannya sendiri. Kemudian kenyataan tentang yang benar dan yang jahat mungkin akan mengejutkan kita.

Buku ini menyimpan berbagai twist, mengubah beberapa orang, dan—yang utama—ada pendewasaan yang signifikan pada sang karakter kunci. Pada akhirnya, kita akan menemukan berbagai keajaiban yang ditawarkan oleh dunia Chrestomanci, agak rumit dan membingungkan, tetapi cukup untuk mengajak pembaca meneruskan ke buku selanjutnya—untuk mengenalnya lebih dalam lagi. 4/5 bintang untuk Cat dan rahasianya.

Review #17 for Lucky No.15 Reading Challenge category Super Series

Review #21 of Children’s Literature Reading Project

3 responses to “Charmed Life – Diana Wynne Jones

  1. Pingback: The Lives of Christopher Chant – Diana Wynne Jones | Bacaan B.Zee

  2. Pingback: Witch Week – Diana Wynne Jones | Bacaan B.Zee

  3. Pingback: Lucky No. 15 Reading Challenge Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s