Zoladdiction 2015

zoladdiction-2015-button

Gara-gara obrolan di grup menyinggung Zola, saya jadi merasa perlu menulis wrap up tentang event Zoladdiction 2015 ini. Tadinya, saya rasa kesimpulan tahun lalu sudah cukup, tapi ternyata masih ada sedikit lagi yang ingin saya sampaikan.

Dalam event Zoladdiction 2015 April ini, saya berhasil menyelesaikan dua karya Zola, sebuah novela (atau cerpen) The Flood, dan sebuah novel relatif pendek, The Dream. Saya sengaja memilih yang pendek, karena reading list saya masih bengkak. Dan ternyata keputusan ini malah memberi saya sudut pandang yang baru lagi tentang Zola.

Sebelumnya, saya sempat membaca beberapa cerpen Zola, dan mendapatkan gaya yang berbeda dari novel-novelnya. Salah satu cerpen Zola di situ sangat manis dibandingkan karya-karyanya yang sudah saya baca. Dua sisanya juga tidak se’pekat’ tulisan-tulisannya yang biasa. Sehingga saya mengambil kesimpulan bahwa semakin pendek tulisannya, semakin ‘ringan’ karyanya.

Kemudian saya membaca The Flood, yang mematahkan kesimpulan saya di atas. Tulisannya yang ini cukup pekat dan menyentak, hingga saya menduga-duga (atau berharap) bahwa ini hanyalah ‘bakal novel’, dan bukannya novela apalagi cerpen. Berkat The Flood juga, saya jadi tidak mau berhenti dengan membaca satu karyanya saja bulan lalu.

Saya melanjutkan dengan The Dream, yang secara mengejutkan menampakkan gaya manis sebagaimana dalam salah satu cerpennya yang saya singgung di atas. Dari sini, saya rasa saya harus berhenti memberi label pada karya Zola berdasarkan panjang pendeknya semata. Terkecuali bahwa karya pendeknya menyoroti masyarakat yang lebih sempit (seperti Therese Raquin dan The Dream, dibandingkan Germinal dan Nana), saya kira saya masih bisa berharap menemukan gaya-gaya Zola yang akan mengejutkan saya di bukunya yang lain. Yang pasti, entah itu panjang atau pendek, saya masih bisa menemukan kekuatan deskripsi dalam tulisan-tulisannya, yang membuat saya suka membaca karyanya.

Zoladdiction 2015 lebih jauh di sini.

Leave a Reply

