The Lives of Christopher Chant – Diana Wynne Jones

christopher chantTitle : The Lives of Christopher Chant (The Worlds of Chrestomanci #2)
Author : Diana Wynne Jones (1988)
Translator : Syaribah Noor Brice
Editor : Yohanna Yuni
Publisher : Gramedia Pustaka Utama
Edition : Cetakan pertama, April 2009
Format : Paperback, 344 pages

Buku ini bercerita tentang masa kecil Chrestomanci, sekitar 25 tahun sebelum kisah Charmed Life. Sebenarnya, buku ini bisa saja dibaca tidak berurutan, tetapi jika membaca dengan urutan yang berbeda, maka akan mendapatkan fakta yang berbeda, dan sudut pandang yang berbeda terhadap buku yang dibaca selanjutnya. Menurut saya, jika membaca buku ini terlebih dulu, berpotensi untuk merusak kejutan buku pertama. Sedangkan mengetahui fakta sejak buku pertama tidak akan menghilangkan kejutan dari buku ini, karena masih tersimpan kejutan lain yang menunggu. Lagipula, urutan ini juga yang direkomendasikan oleh penulis sendiri, yang tidak sama dengan urutan penerbitannya juga.

Christopher Chant kecil yang masih polos memiliki rahasianya sendiri. Dia bisa berkelana ke dunia yang disebutnya Dunia Mana Saja, melalui Tempat Antara, yang bisa didatanginya pada malam hari, melalui sudut kamarnya. Mama dan Papa Christopher sering berselisih paham, terutama soal uang dan masa depan putra mereka. Christopher kecil yang tak mengerti apa pun merasa lebih bisa memahami kehidupan di Dunia Mana Saja ketimbang di rumahnya sendiri, tempat semua tindakannya selalu disalahkan. Di Dunia Mana Saja, dia bertemu dengan orang-orang dan makhluk-makhluk unik yang ramah dan baik padanya. Hingga suatu hari guru privat terakhirnya, Miss Bell, menemukan salah satu hadiah yang didapatkan Christopher dari Dunia Mana Saja, dan menunjukkannya pada saudara Mama Christopher, Paman Ralph. Pada saat itu, Mamanya sudah menyerahkan pendidikan Christopher pada Paman Ralph. Pamannya pun mengajak Christopher untuk melakukan berbagai macam percobaan untuk menjelajahi berbagai macam dunia di Dunia Mana Saja.

Berawal dari menemui suruhan Paman Ralph, Tacroy, hingga membawakan barang-barang, semua menjadi rutinitas. Christopher kecil menikmati itu karena dia mengagumi Paman Ralph, dan mengagumi dunia-dunia yang dikunjunginya. Hingga saat Christopher masuk sekolah, menekuni cricket, dikeluarkan Papanya dari sekolah untuk ditemukan bakatnya oleh enchanter ternama (yaitu dengan menemukan kelemahannya), bahkan saat berada di kastil Chrestomanci, Christopher tetap menemui Tacroy pada malam-malam tertentu untuk membantu membawa muatan yang semakin lama semakin rutin.

Pada buku ini tidak disebutkan berapa usia Christopher persisnya, tetapi menurut saya, dia agak lambat mengerti. Seharusnya di usia sekolah dia sudah dapat menangkap ada yang tidak beres dengan suruhan Paman Ralph. Dia bisa memahami bahwa di kastil Chrestomanci ada pembicaraan tentang Dunia yang Terhubung, yaitu Dunia Mana Saja menurut istilahnya, tetapi dia tidak mencoba menghubung-hubungkannya sendiri. Christopher terlalu sibuk dengan dirinya sendiri, dengan ego dan kebutuhannya sendiri, hingga tak menyadari pentingnya dia dikirim untuk dididik menjadi Chrestomanci berikutnya. Chrestomanci adalah sebuah jabatan penting yang bertugas menjaga perbatasan Dunia-Dunia yang Terhubung sehingga tidak ada penyihir yang memanfaatkannya untuk kepentingannya sendiri. Kedudukan itu ditentukan oleh takdir, artinya, ada kualitas tersendiri yang dibawa seorang calon Chrestomanci sejak dia dilahirkan. Oleh karena itulah, berat bagi seorang anak laki-laki untuk menyerahkan masa depannya pada apa yang ditakdirkan, bukan apa yang diinginkannya.

Selain perkembangan karakter Christopher, hal yang menarik dalam buku ini adalah konsep Dunia yang Terhubung, yang sudah sedikit disinggung dalam buku Charmed Life. Terdapat 12 seri dunia, dan masing-masing seri terdiri dari berbagai dunia yang berjalan paralel, bergantung pada pilihan apa yang dijalankan oleh dunia tersebut di masa lalu. Setiap seri dunia memiliki karakteristiknya masing-masing, yang dijabarkan sedikit demi sedikit seiring perjalanan Christopher.

Sama seperti buku sebelumnya, penulis masih menggambarkan sebagian besar karakternya abu-abu. Saya rasa ini salah satu kelebihan menggunakan sudut pandang orang ketiga terbatas, sehingga pembaca diajak untuk ikut menebak-nebak, siapa yang benar, apa latar belakang tindakan tersebut, dan lain sebagainya. Buku ini juga secara mengejutkan mengungkap masa lalu Millie, istri Chrestomanci dalam buku Charmed Life. Dan inilah yang saya maksud, seandainya membaca buku ini terlebih dahulu, kita akan sudah memperoleh gambaran yang berbeda tentang Chrestomanci dan Millie, gambaran masa kanak-kanak yang membuatnya tidak misterius lagi. 4.5/5 bintang untuk petualangan di Dunia Mana Saja.

Review #18 for Lucky No.15 Reading Challenge category Super Series

Review #22 of Children’s Literature Reading Project

3 responses to “The Lives of Christopher Chant – Diana Wynne Jones

  1. Pingback: Witch Week – Diana Wynne Jones | Bacaan B.Zee

  2. Pingback: InterWorld – Neil Gaiman & Michael Reaves | Bacaan B.Zee

  3. Pingback: Lucky No. 15 Reading Challenge Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s