Scene on Three (87)

SceneOnThree

Langit memang suka aneh. Ia sayang pada penghujan, tetapi juga kepada kemarau. Dan bulan Mei ini langit rupanya ingin keduanya ada sehingga rasa sayangnya bisa ditumpahkan sepenuh-penuhnya. (hal.65)

Meski tidak ditulis tahun ini, penggambaran cantik di atas berasa juga di bulan Mei ini. Scene dari buku Trilogi Soekram karya Sapardi Djoko Damono ini cocok sekali dengan ‘kegusaran’ saya beberapa tahun belakangan, sebenarnya, apakah Indonesia sedang mengalami perubahan iklim?

Sepanjang yang saya ingat pada masa kecil saya, Musim kemarau dan penghujan memiliki batas yang pasti dalam kurun waktu yang pasti. Jadi seandainya Juni sudah masuk musim kemarau, maka sudah benar-benar tidak ada hujan lagi. Namun tahun-tahun belakangan, rasanya jarang sekali kita mengalami musim kemarau yang benar-benar kemarau. Yang ada justru cuaca ekstrem seperti bulan Mei ini, yang panas terasa panas sekali, saat diguyur hujan tiba-tiba terasa dingin selama beberapa malam. Atau ingatan saya salah?

Saya juga kadang berpikir, di belahan dunia lain, tempat yang memiliki empat musim, orang masih setia menggunakan kata summer atau fall dan sebagainya untuk menunjukkan waktu. Apakah di tempat-tempat tersebut tidak mengalami ‘pergeseran’ iklim seperti yang kita alami? Ataukah hanya masalah kebiasaan saja?

Yuk, bagikan scene menarik dari bacaanmu:

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

2 responses to “Scene on Three (87)

  1. fingerprintale

    Di India kasian lagi😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s