Scary Tales #1-2 – James Preller

HSHTitle 1 : Home Sweet Horror
Edition : 1st printing, 2013
Format : Paperback, 98 pages

Title 2 : I Scream, You Scream
ISYSEdition : 1st printing, 2013
Format : Paperback, 98 pages

Author : James Preller
Illustrator : Iacopo Bruno
Publisher : Macmillan Children’s Books

Scare Yourself Silly!, itulah tagline dari serial ini, dan tampaknya penulis berhasil ‘menakuti’ beberapa pembacanya (saya salah satunya). Meski dikatakan berseri, setiap buku Scary Tales memiliki cerita berbeda yang tidak berhubungan satu sama lain.

Home Sweet Horror bercerita tentang keluarga kecil Finn—ayah dan kedua anaknya, Kelly dan Liam—yang baru berpindah rumah semenjak ditinggalkan oleh Mrs. Finn beberapa waktu berselang. Secara tersirat, tampak pertentangan kepentingan di sini; Mr. Finn yang ingin menghapus kenangan mendiang istrinya, dan anak-anak yang masih berat meninggalkan kenangan ibu mereka. Namun, karena ini kisah anak-anak, hal tersebut tidak terlihat secara eksplisit. Di rumah baru mereka, Liam—yang baru berusia 8 tahun—bisa merasakan dan mendengar adanya ‘makhluk lain’ yang menghuni rumah tersebut, dan berusaha mengusir mereka dari sana. Puncak segala masalah adalah ketika Kelly dan temannya yang sedang berkunjung memainkan permainan Bloody Mary, awal segala petaka.

I Scream, You Scream berkisah mengenai Samantha Carver, 11 tahun, yang suka sekali ke wahana permainan dan juga suka bermain anagram. Kebahagiaan tak terkira menghampirinya saat dia berkesempatan menaiki wahana baru di Dr. Z’s Adventure Park yang disebut Dragon Tooth. Tak ada yang tahu cara kerjanya, dan ini akan menjadi kejutan dari Dr. Z, milyuner misterius yang merancangnya sendiri. Namun, wahana yang ditunggu-tunggu itu tak berjalan semulus yang dipikirkan Sam. Masalah terjadi, dan dia harus melalui petualangan yang berbahaya bersama Andy, kawan barunya. Petualangan itu melibatkan alien, dan makhluk yang paling ditakuti oleh Sam.

Home Sweet Horror menyajikan kisah horor yang cukup mencekam. Dengan adanya ‘makhluk’ yang sejatinya tak terlihat itu, tapi berwujud cukup nyata bagi Liam. Meski kisahnya sederhana dan penyelesaiannya melegakan, teror yang terbangun sepanjang kisah cukup melekat. Apalagi disertai ilustrasi yang tak kalah mencekam. Meski begitu, saya menemukan satu ketidaksesuaian antara gambar dengan deskripsi narasinya, yang meski tidak signifikan terhadap keseluruhan cerita, tetap mengganggu akurasi buku ini.

I Scream, You Scream mengangkat suasana yang agak berbeda. Tidak ada horor, melainkan lebih kepada suspense/thriller dan misteri, dan mungkin akan ada hubungannya dengan science fiction—mengingat kompleksnya Dr. Z’s Adventure Park yang misterius itu. Buku ini agak lebih kompleks dari segi kisah dan konflik. Jika dalam Home Sweet Horror kita lebih diperlihatkan suasana dan plot, maka di I Scream, You Scream ini ada perkembangan karakter yang lebih jelas disoroti. Ketegangan yang dibangun cukup nyata, dan meski petunjuk di sana-sini membuat beberapa hal sedikit tertebak, penyelesaian kisah ini agak tak terduga, dan sangat menyenangkan.

Secara keseluruhan, penulis berhasil membangun suasana menakutkan dalam balutan kisah anak-anak yang mudah diikuti. Tidak luar biasa, tidak meledak-ledak, tetapi cukup membekas. Seri ini adalah salah satu alternatif yang seru untuk memperkenalkan kisah horor dan suspense untuk anak-anak. 3/5 bintang untuk cermin-cermin di rumah horor, dan 4/5 bintang untuk tiket naik ke Dragon Tooth.

Review #25 of Children’s Literature Reading Project

Review #26 for Lucky No.15 Reading Challenge category Who Are You Again?

One response to “Scary Tales #1-2 – James Preller

  1. Pingback: Lucky No. 15 Reading Challenge Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s