The Invention of Hugo Cabret – Brian Selznick

Hugo CabretTitle : The Invention of Hugo Cabret
Author & Illustrator : Brian Selznick (2007)
Translator : Marcalais Fransisca
Editor : Dhewiberta
Publisher : Penerbit Mizan Fantasi
Edition : Cetakan I, Januari 2012
Format : Paperback, 544 pages

“… Kamu tahu, tidak pernah ada bagian yang berlebih dalam sebuah mesin. Jumlah dan jenis setiap bagiannya tepat seperti yang mereka butuhkan. Jadi kupikir, jika seluruh dunia ini adalah sebuah mesin yang besar, aku pasti berada di sini untuk tujuan tertentu. Dan itu berarti, kamu berada di sini juga untuk tujuan tertentu.” (p.388)

Hugo Cabret adalah seorang anak yatim piatu yang tinggal di balik dinding stasiun kereta api. Pada mulanya dia tinggal bersama pamannya yang bertugas memutar jam-jam di stasiun, sampai pamannya yang pemabuk itu menghilang pada suatu hari. Hugo tak boleh membiarkan jam-jam itu berhenti, karena jika dia tertangkap tak memiliki wali, dia akan dibawa keluar dari stasiun itu.

Ada sebuah rahasia yang disimpan Hugo di balik dinding stasiun, sebuah automaton yang penting baginya karena berhubungan dengan kenangan akan ayahnya. Hugo hendak memperbaiki automaton itu dengan buku petunjuk yang ditinggalkan ayahnya, dan dengan onderdil curian. Namun misinya nyaris gagal karena dia tertangkap oleh pemilik kios mainan sumber onderdil curiannya, hingga bukunya disita. Dia pun berusaha mendapatkan kembali bukunya dengan bantuan Isabelle.

hugo books

Buku ini adalah kisah tentang mimpi, tentang tokoh sejarah George Méliès (yang akan muncul kemudian) dengan inovasinya di bidang film. Hugo dengan bakatnya akan mesin, dan usahanya mengungkap rahasia ayahnya melalui automaton yang berwujud manusia yang sedang menulis juga mewakili mimpi tersebut. Diwarnai persahabatan yang hangat dengan Isabelle, juga bantuan dari pihak-pihak yang memiliki mimpi serupa di bidang film, yang ikut membantu mengeluarkan Méliès dari masalahnya.

“Mungkin orang juga begitu,” Hugo melanjutkan. “Jika kau kehilangan tujuanmu … rasanya seperti mesin rusak.” (p.384)

Buku ini adalah novel sekaligus buku bergambar. Ilustrasi cantik dari sang penulis bukan hanya sebagai pelengkap atau penjelas, tetapi juga ikut bercerita. Gambar-gambar yang dihasilkan penulis bukan hanya potret bisu, tetapi merupakan adegan-adegan bergerak yang memiliki bahasa universalnya sendiri. Goresan-goresan dan arsiran-arsiran penuh detail ini berbicara lebih banyak dengan indah.

hugo film

4/5 bintang untuk kisah unik berwujud film dalam kertas.

Review #26 of Children’s Literature Reading Project

2 responses to “The Invention of Hugo Cabret – Brian Selznick

  1. Ealah aku baru sadar ini Cabret. Aku bacanya Cabaret mulu -___-
    Btw udah pernah baca buku2nya Shaun Tan? Kapan2 kureview deh😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s