How Literate are We?

Tanggal 8 September yang lalu, dunia memperingati International Literacy Day yang ke-49. Sebagai blogger buku, literasi atau keaksaraan adalah hal paling dasar yang harus dikampanyekan. Jangankan mengajak orang membaca buku tertentu, sebagian dari populasi kita ternyata tidak sedikit yang masih buta huruf. Beberapa waktu lalu, saya sempat melihat data mengejutkan tentang tingkat literasi di salah satu negara maju–yang notabene jauh sekali jika dibandingkan dengan Indonesia. Ternyata, kita tidak sendirian, seluruh dunia masih memiliki masalah dengan baca-tulis ini.

Literacy Day

Infographic by Grammarly

Meski terlihat bahwa persentase populasi yang melek huruf sudah tinggi, angka 757 juta orang dewasa yang buta huruf itu termasuk masih tinggi juga. Ternyata, kebanyakan memang tidak bersekolah, atau putus sekolah. Di Indonesia, masalah sekolah ini bisa kita lihat dari masih banyaknya anak-anak yang turun ke jalan untuk meminta-minta, atau bekerja demi kebutuhan keluarga, pada jam-jam mereka seharusnya bersekolah. Pernikahan anak di bawah umur juga mengambil andil dalam masalah literasi ini. Generasi dewasa semacam ini akan cenderung menghasilkan generasi lanjutan yang tak jauh berbeda.

Angka-angka di atas tentunya bukan hanya sekadar data untuk dikomentari. Angka-angka tersebut membutuhkan tindak lanjut kita semua untuk mengatasinya. Pemerintah, pemegang kebijakan, pendidik, pekerja sosial, dan semua warga negara dapat mengambil peran dengan caranya masing-masing. Bagi para blogger buku, menanamkan kesukaan dan kecintaan membaca adalah salah satu caranya. Memberi akses bagi orang lain untuk membaca adalah cara lain, sebagaimana beberapa acara amal yang pernah dilakukan oleh BBI terkait dengan donasi buku ataupun dana ke perpustakaan atau taman baca yang membutuhkan. Semoga ke depannya, semakin banyak orang yang peduli, semakin banyak orang yang melek huruf, dan semakin banyak manfaat yang bisa kita bagikan untuk sesama, dari membaca.

Once you learn to read, you will be forever free.
(Frederick Douglas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s