Wonderstruck – Brian Selznick

Title : Wonderstuck
Author : Brian Selznick (2011)
Translator : Marcalais Fransisca
Editor : Dhewiberta
Publisher : Penerbit Bentang
Edition : Cetakan I, November 2013
Format : Paperback, 648 pages

Dan, jika meteorit sama dengan bintang jatuh, masih bisakah kau mengucapkan permintaan meskipun telah jatuh ke Bumi? (p.347)

Ben Wilson lahir dan tinggal di sebuah pedesaan di Gunflint Lake, Minnesota; yang konon terbentuk karena tumbukan sebuah meteor. Telinganya tuli sebelah, dia tidak tahu siapa ayahnya, dan ibunya baru saja meninggal. Meski masih memiliki paman, bibi, dan saudara sepupu yang tinggal tak jauh dari rumah ibunya, Ben merasa sendirian dan tidak aman. Suatu hari, saat hendak membereskan barang-barang peninggalan ibunya, dia menemukan sesuatu yang dirasanya sebagai petunjuk keberadaan ayahnya; toko buku Kincaid di New York City, dan sebuah buku berjudul Wonderstruck yang diterbitkan oleh American Museum of Natural History, New York. Berbekal informasi itu dan sebuah nama yang tertera dalam surat untuk ibunya, dia nekat pergi ke New York, berharap menemukan ayah yang tak pernah dikenalnya seumur hidup.

IMG_20151008_100307Dalam gambar, penulis juga menceritakan sebuah kisah yang terjadi lima puluh tahun sebelumnya di Hoboken, New Jersey. Seorang gadis kecil bernama Rose, yang terkurung di rumahnya dan membuat diorama segala macam bangunan, terutama dari seorang artis ternama yang menjadi obsesinya. Rose yang juga tuli-bisu ini pada akhirnya juga nekat kabur dari rumah, mencari sesosok yang dirindukannya selama ini.

Kisah yang terjadi pada tahun 1977 dan 1927 di dua tempat berbeda ini diceritakan secara paralel melalui narasi dan gambar. Pada mulanya, Ben diceritakan melalui narasi saja, sedangkan Rose melalui gambar saja. Hingga kemudian gambar dan narasi dipertemukan menjadi sebuah kisah yang indah dan mengharukan. Apakah keduanya pada akhirnya menemukan apa yang mereka cari di New York?

Ben menatap lukisan langit malam di tembok melengkung di belakang diorama. Tergambar di sana …. Beruang Besar. Dan di ujung Beruang Kecil, Ben dapat melihat Bintang Utara dengan jelas, tetapi ia tak pernah merasa setersesat ini. (p.395)

Ini kedua kalinya saya membaca karya penulis ini, dan seperti sebelumnya, penulis memasukkan misteri dan simbol yang sangat dalam melalui kisahnya. Mulai dari meteor yang membentuk Gunflint Lake, serigala yang konon tinggal di sana, museum, sampai diorama di dalamnya berjalin dan berpadu membentuk jawaban dari ‘ketersesatan’ seorang anak. Dalam buku ini, ibu Ben yang dulunya seorang pustakawan memiliki sebuah kutipan favorit yang menjadi penuntun bagi anaknya: We are all in the gutter but some of us are looking at the stars (Oscar Wilde). Selain itu, inspirasi lain berasal dari sebuah lagu yang sangat populer di era 70-an, Space Oddity oleh David Bowie.

“This is Major Tom to ground control;
I’m stepping thro’ the door,
And I’m floating in a most peculiar way
And the stars look very different today
For here am I sitting in a tin can far above world ….”
(p.72)

Kedua kutipan tersebut merupakan cerminan dari keseluruhan buku ini. Tentang Ben dan Rose yang memberanikan diri keluar dari zona amannya guna mencari sesuatu yang luar biasa, yang pada akhirnya akan mengubah hidup mereka. Sebagaimana pencarian pada umumnya, mereka dipertemukan oleh orang-orang yang secara tak terduga bisa menolong mereka, halangan baik dari luar maupun dari dalam diri mereka yang berwujud keputusasaan juga tak dipungkiri akan dihadapi, yang menentukan adalah seberapa keras niat mereka, usaha mereka, dan keberuntungan mungkin akan datang. Pencarian itu juga mungkin tak menuntun mereka pada apa yang mereka cari pada mulanya, tetapi pertanyaan-pertanyaan mereka akan terjawab walau dengan cara yang berbeda.

IMG_20151008_100629Selznick, saya akui, adalah ilustrator yang sangat brilian. Seluruh gambarnya berhasil berbicara dan bercerita dengan apik. Dia bisa membuat satu gambar yang bercerita banyak, dia juga lihai dalam menyusun gambar-gambar hingga pembaca merasa seperti sedang menonton sebuah film. Sayang, kekuatannya itu tidak saya rasakan ketika membaca narasinya. 4.5/5 bintang untuk Wonderstruck yang tersembunyi.

Review #33 of Children’s Literature Reading Project

Review #35 for Lucky No.15 Reading Challenge category First Initial

PS: Saya langsung jatuh cinta begitu mendengarkan lagu Space Oddity, old but gold

One response to “Wonderstruck – Brian Selznick

  1. Pingback: Lucky No. 15 Reading Challenge Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s