7 Kisah Klasik – Edgar Allan Poe (+ GIVEAWAY)

7 Kisah Klasik Edgar Allan Poe [Diva] web2Title : 7 Kisah Klasik Edgar Allan Poe (taken from The Works of Edgar Allan Poe Vol. 1-5)
Author : Edgar Allan Poe
Translator : Diyan Yulianto dan Slamat P. Sinambela
Editor : Misni
Publisher : DIVA Press
Edition : Cetakan pertama, September 2015
Format : Paperback, 204 pages

Contents:
1. Kucing Hitam / The Black Cat (1843)
2. Jantung yang Berkisah / The Tell-Tale Heart (1843)
3. Kumbang Emas / The Gold Bug (1843)
4. William Wilson (1839)
5. Potret Oval Seorang Gadis / The Oval Portrait (1842)
6. Runtuhnya Kediaman Keluarga Usher / The Fall of the House of Usher (1839)
7. Obrolan Bersama Sesosok Mumi / Some Words with a Mummy (1845)

Puncaknya, kesadaran benda mati itu ada pada genangan air telaga yang hening tak tersentuh di pinggir rumah. (p.160, Runtuhnya Kediaman Keluarga Usher)

Ketujuh kisah dalam buku ini masing-masing memiliki keunikannya sendiri. Teror dan misteri yang ditampilkannya seolah menelusuri satu per satu ketakutan dan rasa penasaran manusia. Sebelumnya, kisah Kucing Hitam sudah dibahas sekilas di blog Baca Itu Beken beserta proses penerjemahan buku ini. Sedangkan kisah Kumbang Emas sudah dibahas secara mendetail di Mari Ngomongin Buku. Lima dari tujuh kisah tersebut memang bergenre horor, sedangkan Kumbang Emas merupakan petualangan, dan Obrolan Bersama Sesosok Mumi lebih ke arah satir, yang masih sangat relevan pada masa sekarang. Benang merahnya adalah pada hal-hal yang menantang akal sehat manusia.

Meski sebagian besar misteri itu tak terjelaskan secara nalar dan sulit dipercaya, saya justru merasa bahwa Poe memiliki naluri psikiatris yang peka. Seperti (apa yang tampaknya sebagai) halusinasi pendengaran dari seseorang yang (merasa) bersalah dalam kisah Jantung yang Berkisah, bukan sekadar horor mistis biasa. Sang narator menggunakan sudut pandang orang pertama, menceritakan bagaimana dirinya yang dihantui oleh kepekaan inderanya sendiri, terobsesi pada mata seorang pria tua yang digambarkan seperti mata burung pemakan bangkai—biru pucat yang dilapisi selaput tipis. Dari caranya berkisah, kita dibawa ke dalam ketakutannya yang ‘tidak sehat’ pada pria tua itu, yang mungkin juga memiliki misterinya sendiri.

Lain halnya dengan Runtuhnya Kediaman Keluarga Usher yang juga berimbas secara fisik, ‘gangguan’ ditampakkan pada kawan sang narator, yang tentu saja memberikan teror tersendiri bagi sang narator. Apa saja yang bisa dilakukan oleh seseorang yang ‘terganggu’ jiwanya, kita tak pernah tahu. Apakah itu ulah jiwa yang terganggu, atau ada sesuatu yang lain di baliknya, itulah misterinya. Uniknya, di sini penulis mengangkat bagaimana seorang yang terganggu jiwanya ternyata memiliki bakat yang luar biasa di bidang tertentu. Manusia dengan berbagai dinamika jiwanya selalu meninggalkan misteri bagi orang-orang di sekitarnya.

Saya pernah mengatakan bahwa kisah misteri akan tetap menjadi misteri jika kita tak tahu penjelasan logisnya, bahwa penjelasan justru akan menghilangkan kisah mistis dari kisah tersebut. Dan hal inilah mengapa lebih singkat berarti lebih mistis. Selaras dengan itu, Poe beranggapan bahwa kisah yang baik adalah kisah yang pendek, yang dapat dibaca dalam sekali duduk. Menurutnya, adanya jeda dalam membaca suatu cerita akan merusak kesan keseluruhan kisah tersebut. Oleh karena itulah, hampir semua karya yang dihasilkan Poe seumur hidupnya berupa cerita pendek atau puisi. Potret Oval Seorang Gadis membuktikan kelihaiannya membuat cerita yang benar-benar pendek, tapi menampilkan misteri yang tak kalah menegangkan.

“…. Tapi, mungkin juga, alasan yang sesungguhnya adalah karena usia kami yang sudah tidak muda, yang sudah terbiasa melihat berbagai hal tak masuk akal, dan kecenderungan kami untuk meyakini bahwa selalu ada penjelasan untuk setiap hal yang tidak masuk akal dan mustahil sekalipun. ….” (p.184, Obrolan Bersama Sesosok Mumi)

edgar allan

Sekarang, saatnya kuis. Silakan simak ketentuannya:

  1. Peserta kuis berdomisili atau memiliki alamat di Indonesia
  2. (Wajib) Follow Twitter@divapress01. atau like fanpage Facebook Penerbit DIVA Press.
  3. (Wajib) Membagikan post ini minimal satu kali di Twitter atau Facebook.
  4. Jawab pertanyaan ini di kolom komentar, cukup satu kali saja:

Menurut kalian, apa teror terbesar bagi jiwa manusia, atau, kondisi jiwa semacam apa yang menurut kalian paling menakutkan.

Jelaskan jawaban kalian dalam tidak lebih dari 7 kalimat.

  1. Format jawaban:

Nama:
Twitter/Facebook:
Email:
Link share:
Jawaban:

  1. Giveaway ini berlaku sampai hari Minggu, 25 Oktober 2015. Pengumuman pemenang pada hari Senin, 26 Oktober 2015.
  2. Pemenang akan saya pilih berdasarkan jawaban yang paling menarik, dan akan mendapatkan sebuah buku ini dan sebuah novel terbaru DIVA Press.

Semoga beruntung!

45 responses to “7 Kisah Klasik – Edgar Allan Poe (+ GIVEAWAY)

  1. Nama : Aula Bilal
    Twitter/Fb : @Virionheart / Aula D’Virionheart
    link share : https://twitter.com/Virionheart/status/655999775116922881
    jawaban :
    teror terbesar manusia adalah rasa iri. karena rasa satu bisa beranak pinak menjadi rasa yang lebih keji lagi, sebut saja namanya dengki, hasut dan fitnah.

  2. Qurrota A’yun
    @uyunistaff
    uyun.uyuneviosa@gmail.com
    https://mobile.twitter.com/Uyunistaff/status/656021942655283200?p=v
    Jawaban: Teror terbesar adalah hawa nafsu. Karena ada hadist mengatakan bahwa hawa nafsu adalah musuh paling besar manusia.

  3. Nama : Eris Andriani
    Twitter/Fb: @RizAnNie88 / Ayas Eyist Lach
    Link share: https://twitter.com/RizAnNie88/status/656012858472271872?s=09
    Jawaban :
    Kondisi jiwa paling menakutkan menurutku adalah tidak merasa percaya diri dengan dirinya sendiri. Sehingga dia lebih banyak menyendiri, enggan berinteraksi, tak membutuhkan orang lain untuk berbagi dan lebih memilih memendam sendiri masalahnya. Bila dia sudah kehilangan kendali bisa saja dia berhalusinasi seolah memiliki teman didalam dirinya sendiri, mengajak bicara dirinya sendiri dan memberikan jawaban pada dirinya sendiri. Hal ini biasanya disebut alter ego atau berkepribadian ganda. Sehingga hal ini dianggap sebagai gangguan jiwa yang harusnya paling ditakuti oleh manusia, karena dianggap tak wajar berbicara dengan dirinya sendiri.

  4. Nama : Ita Fiana
    Twitter : @Fiana DG, Facebook : https://www.facebook.com/kripik.antiegalau?fref=nf
    Email : Fiana.ita1@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/FianaDG/status/656018677372850177
    Jawaban : Teror terbesar dalam jiwa manusia menurutku adalah Trauma. Trauma akan suatu hal buruk yang menimpa seseorang akan menimbulkan rasa cemas atau ketakutan yang berlebihan terhadap sesuatu yang mengingatkan tentang peristiwa buruk yang pernah dialami seseorang. Jika saja ia tidak bisa mengalahkan rasa takut dari trauma yang merasuki jiwanya, bukan tidak mungkin akan memicu terjadinya halusinasi. Dan tidak bisa di pungkiri bahwa halusinasi yang parah bisa mengganggu kesehatan penderitanya. Bukan hanya gangguan kesehatan jasmani saja yang buruk namun kondisi kejiwaannya juga akan terganggu.

  5. Nama : Adriana Putri
    Twitter / Fb : @adrptri / Adriana Putri
    Link share : https://mobile.twitter.com/adrptri/status/656035643995332608
    Jawaban : teror terbesar manusia yakni pikiran manusia itu sendiri. Pikiran negatif yang bisa membuat manusia ketakutan akan hal yang lewat di benak manusia itu sendiri yang sebenarnya hanya berupa ilusi. Karena pikiran yang berpusat di otak adalah sistem kontrol akan pengendalian diri manusia itu sendiri.

  6. Nama: Heru Nur Cahyono
    Twitter/Facebook: @HeruNC_
    Email: heruyono96@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/HeruNC_/status/656042805165293568
    Jawaban: Teror terbesar bagi jiwa manusia adalah ketika manusia berada di hari akhir, ketika sangkakala ditiupkan. Ketakutan akan melanda seluruh manusia, karena dunia akan hancur pada hari itu juga. Tak akan ada yang selamat. Semua akan binasa, kecuali Sang Pencipta.

  7. Nama: Ronny Efendy
    Twitter: @ron3yboy
    Email: ron3yboy@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/ron3yboy/status/656046547751170048
    Jawaban: Teror terbesar manusia adalah waktu. Waktu tak bisa menunggu ataupun kembali. Diperlukan kecepatan berfikir dan ketepatan bertindak untuk menghadapinya. Kesalahan satu waktu akan menelanmu dalam kekecewaan dan menerormu sepanjang hidupmu!

  8. Nama: Didi Syaputra
    Twitter/Facebook: @DiddySyaputra/ Didi Syaputra
    Email: syaputradiddy@gmail.com
    Link share: https://mobile.twitter.com/DiddySyaputra/status/656042420333711361?p=v
    Jawaban:

    Hati. Karena segala prilaku, entah kebaikan atau pun keburukan selalu bergantung pada hati seseorang. Hati mampu memantik beragam keburukan, tapi juga tak jarang meredamnya dengan kebaikan jika digunakan sebagaimana mestinya.

    Merujuk pada hadits, hati memiliki rongga yang terkhusus diisi oleh Syetan. Jika ia tak benar-benar mampu dan membiarkan kekosongan mukim terjadi pada hati. Maka dapat dipastikan, seluruh tindakannya akan dikendalikan Syetan. Kondisi terburuknya, manusia tersebut bisa dikatakan MAYAT HIDUP yang tak mampu mengontrol diri layaknya manusia seutuhnya.

  9. Ahmad Yasir Fathan

    Nama: Ahmad Yasir Fathan
    Twitter/Facebook: @fathan_ay / facebook.com/fathanyasirahmad
    Email: fathanyasir98@gmail.com
    Link share: https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=868872856554146&id=100002943203804&refid=17&_ft_=top_level_post_id.868872856554146%3Atl_objid.868872856554146%3Athid.100002943203804%3A306061129499414%3A2%3A0%3A1446361199%3A-7560638040828468515#footer_action_list
    Jawaban: kondisi jiwa yang paling menakutkan adalah saat tertutupnya hati dan atau pikiran manusia. Jika salah satu atau keduanya -hati dan pikiran itu tertutup, maka akan menjadikan kita sebagai orang yang picik, berkuping tebal, dan tidak mau menerima kebenaran. Orang yang tertutup hati dan pikirannya tak ubahnya seperti seekor binatang yang hanya mengandalkan naluri dan hawa nafsunya. Hati dan pikiran yang tertutup juga dapat menjadi teror bagi hidup orang itu sendiri maupun bagi hidup orang lain di sekitarnya.

  10. Nama : Diah Pujiawati
    Twitter : @She_Spica
    Email : shedetective.coolkid@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/She_Spica/status/656139823506329600

    Teror terbesar bagi umat manusia adalah kematian. Terbukti dengan usaha mereka untuk terus menjaga kesehatan, memastikan perut kenyang, bahkan beberapa melakukan brbagai usaha untuk tetap trlihat awet muda, seperti operasi wajah. Teror ini membuat manusia rela membayar berapa mahal pun uang yg mereka punya demi memastikan mereka bisa bernapas satu hari lagi, lagi dan lagi.

  11. Nama : erni saputri fb : Eni Savutry Vinche link share: https://m.facebook.com/messages/?refid=7#!/story.php?story_ fbid=1210002079026242&id=10000 0493835521&ref=bookmarks Jawaban : Ketika jiwa terlelap dan pada saat ingin bangun, ia terkurung dalam tubuhnya dan melumpuh akibat serangan Iblis yang membuat jiwa manusia sewaktu-waktu mati dalam tidurnya jika tidak secepatnya bangun. Terlebih sang iblis mengincar setiap jiwa perempuan.

  12. Nama: Fanda Rosa
    Twitter/Facebook: @fandarosa
    Email: fandaelvira@gmail.com
    Link share:FandaRosa
    Jawaban: Teror terbesar bagi kehidupan manusia adalah rasa iri dan dengki dalam diri manusia itu sendiri. ketika manusia mempunya rasa keduanya, hidupnya selalu berambisi untuk menghujat orang lain, tanpa berkaca dari dirinya sendiri. berusaha untuk menghancurkan kehidupan orang lain seperti teror di palestina yang berawal dari rasa iri dan dengki para kaum yahudi terhadap para muslim

  13. Nama: Kiki Suarni
    Twitter/Fb: @Kimol12/Kiki Molly’s
    Link Share:https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/656300220049846272
    Jawaban: Teror terbesar jiwa manusia adalah syetan yang menghasut dan merayu sehingga manusia tak dapat mengendalikan nafsu yang menyebabkan manusia hanyut dalam kesalahan.

  14. Nama: Kiki Suarni
    Twitter/Fb: @Kimol12/Kiki Molly’s
    Link share:https://mobile.twitter.com/Kimol12/status/656300220049846272
    Email: Kikisuarni616@yahoo.com
    Jawaban: Teror terbesar dalam jiwa manusia adalah Syetan yang menghasut sehingga manusia tidak bisa mengendalikan nafsu dan terhayut dalam lembah kesalahan.

  15. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Link share: https://twitter.com/dust_pain/status/656320202301272065
    Email: shinra2588@yahoo.com

    menurutku teror terbesar bagi jiwa manusia adalah rasa tidak puas atau rakus. ada tiga hal yang membuat orang rakus, yaitu harta, tahta, dan wanita. rakus harta membuat orang berlomba2 mencari uang, meski dengan cara yang tidak patut/halal. rakus tahta membuat orang tak segan menjegal kepentingan orang lain demi menduduki posisi tinggi. rakus wanita membuat orang selalu mencari yang lebih baik meski sudah ada seseorang yang menemani dengan setia.

  16. Nama : Listian Nova
    Fb : Listian Nova
    link share : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1043446949051391&id=100001582862398
    jawaban :
    Keadaan jiwa paling menakutkan adalah depresi (bukan perasaan galau atau rasa kekanakan lainnya, tapi benar-benar penyakit mental). Ia datang begitu saja; sudah datang, tak mengenal ampun; ia akan menghabisi mental Anda sampai sehabis-habisnya. Akan tetapi, yang paling menakutkan dari depresi bukan perasaan itu sendiri, melainkan sikap orang-orang sekitar; mereka bilang Anda hanya sedang melacur perhatian, terlalu berlebihan, galau atau dakwaan menyakitkan sejenis tanpa benar-bemar tahu keadaan Anda. Betapa mengerikannya sebuah kenyataan bahwa seorang profesional asing yang Anda bayar sekian ratus ribu untuk sekali tatap muka (baca:psikiater) lebih mau mendengarkan daripada orang-orang yang Anda kenal. Tak heran jika banyak para penderita depresi banyak yang berujung pada sinis, kasar, kejam serta kelainan lain seperti waham, anti-sosial, self harm, schizophrenia, dan lain semacamnya. Begitulah, mereka yang masih kuat akan terpuruk dalam kesendirian dan kesepian abadi, sementara mereka yang ‘rusak’ akan dicap ‘sampah’–monster–oleh masyarakat. Ironis, padahal ketidakacuhan masyarakat itu sendiri yang menyebabkan para penderita depresi ini ‘rusak’.

  17. Nama : Tiara I. K.
    Twitter/Facebook : @tirr_ / Tiara Pangaribuan
    Email : tiara.borpang@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/tirr_/status/656436642174005248

    Jawaban :
    Menurut gue, kondisi jiwa yang paling menakutkan itu kayak seseorang yang punya kepribadian ganda atau lebih dari satu. Dimana kepribadian itu memiliki sifat berbeda-beda, tidak saling mengenal atau bahkan bertolak belakang. Kondisi ini menyebabkan sikap dan perilaku seorang manusia bisa saja berubah secara tiba-tiba. Sangatlah menyeramkan bila sikap yang timbul berbeda dengan sifat dan karakter aslinya. Dengan pribadi yang lain, orang tersebut bisa melakukan hal yang tidak bisa dilakukannya melalui pribadi sebelumnya. Hal ini juga merupakan salah satu teror terbesar bagi jiwa manusia tersebut jika dia tidak mampu mengendalikannya. Dan mungkin akan berpengaruh buruk pada orang-orang di sekitarnya.

  18. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Facebook: Aya Murning
    Email: ayamurning@gmail.com
    Link share:

    Jawaban:
    Teror terbesar manusia adalah si malaikat mautnya alias kematian. Mengapa ini termasuk teror terbesar? Karena si korbannya sama sekali tidak menyadari, tidak akan pernah tahu, dan bahkan si malaikat maut tidak akan pernah ketahuan bahwa dia selalu mengintai sebanyak 70x dalam 1 hari untuk bisa mencabut nyawa si korbannya itu. Rutin, tiap hari.
    The real silent killer, isn’t he? Coba bandingkan dengan pembunuh profesional. Pembunuh bayaran seharga miliyaran dollar saja akan malas dan menolak jika disuruh untuk mengintai mangsanya sesering ini selama 1 hari di tiap hari.

  19. Nama: Putri Prama Ananta
    Twitter/Facebook: @PutriPramaa / Putri Prama Ananta
    Email: anantaprama@yahoo.co.id
    Link share: https://mobile.twitter.com/PutriPramaa/status/656564048859762688?p=v
    Jawaban:

    7 Dosa Mematikan (7 Deadly Sins) yang bisa saja meledak dari setiap individu, yaitu: amarah, nafsu, keserakahan, kerakusan, kemalasan, iri hati, dan kesombongan. 7 dosa itu selalu membayang-bayangi kehidupan manusia dan selalu menjadi teror setiap waktu. Dosa-dosa itu dapat menjerumuskan ke suatu kondisi yang paling buruk dimana kita merasa udah nggak ada apa-apanya karena merasa terlalu buruk. Kesimpulannya, teror terbesar bagi manusia adalah tujuh dosa mematikan yang selalu membuat manusia resah.

  20. Nama: Marfa Umi
    Twitter/Facebook: umimarfa / Marfa Umi
    Email: umi.marfa@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/umimarfa/status/656641388449128448
    Jawaban: Teror terbesar dalam diri manusia adalah saat manusia kehilangan dirinya saat mereka mencari jati dirinya. Awalnya mereka begitu yakin dengan pilihannya sampai mereka menyadari betapa susah bertahan dipilihannya itu. Mereka mulai bertanya “Apakah semua yang saya lakukan benar?”. Kemudian mereka mulai mencari arti dan tujuan eksistensinya di bumi ini. Lalu mereka menyadari semua yang akan dilakukan semaksimal mungkin akan sia-sia karena dirinya bukan yang nomor satu. Lalu hidup mereka menjadi lesu tanpa gairah, terseok-seok dan terombang ambing bak mayat hidup, hidup lelah matipun tak mau. Dan yang paling parahnya lagi jika mereka diujung maut mereka menyesal santai “saya tidak memberikan perubahan apapun tapi saya tak apa-apa.”

  21. Nama : Nova Indah Putri Lubis
    Twitter : @n0v4ip
    Email : n0v4ip@gmail.com
    Link Share : https://twitter.com/n0v4ip/status/656650391694610432
    Jawaban :

    Terlalu terobsesi terhadap sesuatu merupakan kondisi jiwa yang paling menakutkan menurut saya. Kenapa? sebenarnya apapun yang diawali dengan kata ‘terlalu’ pasti akhirnya tidak baik dan terlalu terobsesi bisa
    mendorong kita utk melakukan segala cara bahkan yang paling kejam sekalipun hanya untuk meraihnya. Meski apa yang kita obsesi-kan itu baik jika cara meraihnya salah tetap akan berakhir tidak baik. Bahkan terlalu terobsesi ini juga bisa membuat seseorang jadi psikopat. Misalnya saja seorang wanita terlalu terobsesi ingin kurus maka dia akan melakukan segala cara untuk bisa kurus termasuk dengan menyakiti dirinya sendiri dengan cara tidak makan, minum obat pelangsing secara berlebihan
    yang akhirnya tidak baik untuk kesehatannya, dsb. Atau seorang pria yang terlalu terobsesi pada pacarnya, krn si-pacar tidak mau lagi akhirnya pria itu memutuskan membunuh si wanita agar tidak jatuh ke tangan pria lain.

    Terima Kasih ^^

  22. Nama: Cahya
    Twitter: @chynrm
    Email: cahyasptm@gmail.com
    Link share:

    Jawaban:
    Menurutku kasus bully mejadi teror terbesar yang sampai saat ini punya dampak paling berpengaruh untuk membuat kejiwaan seorang manusia menjadi terbelakang dan kacau. Sikap yang jelas berubah dari si korban adalah dia jadi minder, sangat tertutup, dan tidak mau bergaul dengan orang lain. Tidak jarang gara-gara sering di-bully oleh lingkungan malah memancing si korban jadi punya keinginan untuk bunuh diri karena sudah tidak tahan dengan deraan, hinaan, dan rasa malu yang membuatnya tidak bisa berkembang lagi. Bully itu juga bisa menyebabkan trauma mendalam bagi si korban. Apalagi jika disertai dengan serangan fisik, bukan hanya verbal. Korban bully akan merasa selalu terasingkan dan dianggap seperti tidak ada atau tidak berguna. Makanya akan sering sekali timbul pikiran, “mengapa tidak sekalian saja aku benar-benar sirna dari dunia?”

  23. tri yusuf ciduk

    Tri Indah Permatasari
    @LiebeIs0503/Tri Yusuf Ciduk
    triyusufciduk@yahoo.com

    Terror terbesar yang mempengaruhi jiwa manusia hingga ia merasakan ketakutan adalah pemikiran negatif yang ia ciptakan sendiri. Dimana ini adalah hal yang sering dialami oleh orang banyak, ketika kita ingin melakukan sesuatu hal yang sangat kita inginkan atau sesuatu yang harus kita lakukan, tapi karena pemikiran-pemikiran buruk yang kita ciptakan sendiri seperti contoh berikut; “apakah akan berhasil?”, “apa yang kulakukan sudah benar?”, “apa benar ini yang kuinginkan?”, “apa aku bisa melakukannya?”, “apa aku pantas untuk ini?”, dan banyak hal-hal yang seharusnya tak perlu dikhawatirkan menjadi bermunculan dan membuat ragu, bahkan bisa berakibat buruk hingga membuat kita menjadi semakin terpuruk.
    Yang lebih buruk ketika kita ingin menyampaikan sesuatu yang kita inginkan, yang kita mau, yang kita harapkan. Dimana ketika kita mempunyai keinginan akan suatu hal, atau ketika kita sedang berdiskusi membicarakan tentang masa depan kita, kehidupan kita, jodoh kita. Ketika kita mempunyai pendapat yang berbeda dengan orang lain, karena banyak pemikiran negatif yang membuat kita ragu untuk menyampaikan pendapat atau keinginan kita maka itu sangat buruk. Berpendapat bahwa meakukan apa yang orang mau akan membuat mereka bahagia, dan jika mereka bahagia maka kita akan bahagia. Itu sangat bodoh!

  24. Nama: Razena Nisa Nurrahma
    Twitter/Facebook: @Ruega_Kaiba/Razen Ranr Ranr
    Email: ruearclight@gmail.com
    Link share: https://www.facebook.com/rena.ryuuokami/posts/518305388342831
    Jawaban: Teror terbesar yang menakuti jiwa manusia adalah kebodohan manusia, kebodohan yang menghasilkan sesuatu tanpa peduli konsekuensi. Bully, pembakaran hutan, mengotori sungai, hingga mengejek sesama pun menjadi contoh tindak kebodohan manusia. Sebanyak apapun pemikiran jernih dan masuk di akalnya suatu ide, terutama proses tercapainya ide tersebut, hanya hasil yang ada di pikiran manusia. Kepintaran yang membutuhkan talent, talent membutuhkan proses, tuk mencapai hasil yang baik bagi sesama. Nahas, tak akan ada orang yang dipenuhi kebodohan yang mau bersabar menunggu proses, mereka hanya menginginkan hasil. Tak peduli apa akibatnya, tak peduli apa konsekuensinya, tak peduli nyawa. Kebodohan yang tak akan pernah sirna.

  25. Bintang Maharani

    Nama: Bintang Maharani

    Twitter: @btgmr

    Email: btgmhrn@gmail.com

    Link share:

    Jawaban:

    Self harm–termasuk jenis gangguan jiwa yang masih ‘sodaraan’ dengan gangguang disorder, psikopat, homosex, skizofrenia. Penderita gangguan self harm akan merasakan nikmat ketika dia bisa melukai dirinya sendiri sebagai pelarian dari rasa stres berat dan depresi yang sedang dia alami. Dia juga suka mengancam bunuh diri supaya dia mendapatkan apa yang dia inginkan. Kondisi seperti ini sudah masuk kategori ‘sakit’ untuk kesehatan jiwa manusia. Jika ketika dia sedang menyayat tubuhnya sendiri atau membenturkan kepala ke tembok masih terasa tidak cukup, maka bisa saja dia bablas hingga benar-benar mengakhiri hidupnya. Kalau sudah seperti itu ya tidak ada cara lain untuk tidak mengisolasinya atau bahkan memasungnya. Justru dengan cara ini yang membuatnya jadi gila beneran.

  26. Nama: Ficha Ranjani
    Twitter: @srificha
    Email: ficha.ranjani98@gmail.com
    Link sharehttps://twitter.com/Srificha/status/657126280719044608

    Teror terbesar dalam diri seseorang adalah ingatan akan deadline dan tugas yang terus bertambah dan terus di tunda-tunda. Kata orang jangan suka menunda-nunda pekerjaan karena nyatanya hal itu nggak bagus untuk diri sendiri. Contohnya seperti deadline untuk menyelesaikan tulisan atau review di blog yang terus di undur-undur. Jadwal udah ditentukan tapi emang diri ini suka malas akhrinya itu bisa jadi kebiasaan. Kalu deadline ditunda-tunda trus baru mau diselesaikan menjelang tenggat waktu itu bisa jadi teror tersendiri.
    Yah, mungkin jalan satu-satunya adalah membiasakan diri untuk nggak menunda-nunda waktu dan berhenti jadi pemalas.Buat jadwalnya, Selesaikan tugasnya, dan buat target pencapaianmu.

  27. Nama : Baiq Rara Ayudhia Syaftiana
    Twitter/Facebook : @Raraayudhia / Raraa
    Email : Raraayudhia23@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/raraayudhia/status/657412656559554560?p=v
    Jawaban :

    Teror terbesar bagi jiwa manusia adalah putus asa. Yang kadang kala terjadi karena tidak kuatnya menampung beban hidup. Hidup mereka abstrak, tidak terkendali. Jiwa mereka akan terguncang yang akan sangat berpengaruh pada fisik dan mental. Seakan semua yang diharapkan tidak terjadi seperti harapan awalnya. Mereka cenderung merasa gagal, kelelahan, dan kehilangan motivasi untuk jalan hidupnya. Watak mereka terkesan emosional karena tekanan yang terjadi. Itu mengerikan, sebenarnya..

  28. Nama : Ridzki Putri
    Twitter : kikikiki_R
    Email: kikilenny39@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/kikikiki_R/status/657428466795614208

    Jawaban:
    Menurutku teror terbesar adalah hasrat karena dari hasrat adanya suatu keinginan (harapan) yang kuat terhadap sesuatu yang kemudian menimbulkan suatu obsesi yang membuat seseorang berusaha mengapai sesuatu yang terkadang merugikan dirinya sendiri maupun orang lain, dan tak masuk akal. Jikalau seseorang sudah terkena obsesi maka akan merabat pada jiwanya. Jiwa sang obsesi akan terganggu hingga dirinya kehilangan akal (mendapatkan penyakit jiwa) dan hanya mendatangkan keburukan yang berujung pada kematian. Hanya dari hasrat ini, semuanya akan berujung pada kematian jika manusia tak dapat menahan hasrat yang mendarah daging dalam jiwanya.

  29. Nama: Nabilah Rosyadah
    Twitter/Facebook: Ariestanabirah/Ar Nabilah R
    Email: ariestanabirah [et] gmail [dot] com
    Link share: https://twitter.com/divapress01/status/657450885795065858
    Jawaban:
    Teror atau kondisi yang paling menakutkan bagi jiwa adalah ketika kita membenci diri kita sendiri, entah karena kelemahan, rasa iri, ketidakberdayaan, atau situasi yang tidak menyenangkan. Tatkala diri sendiri dibenci, kita akan melihat semua hal sebagai kemalangan dan akhirnya tidak memiliki semangat untuk melanjutkan hidup, bahkan bisa jadi kita memilih untuk mengakhiri hidup. Kita juga menutup mata untuk orang lain di sekitar, merasa tak pantas atau merasa orang lain begitu beruntung. Itulah teror terbesar untuk manusia.

  30. Nama: Utami Pratiwi
    Twitter/Facebook: @haitiwi
    Email: perkarasegalanya@gmail.com
    Link share:https://twitter.com/Haitiwi/status/657459230484533248
    Jawaban: teror terbesar dalam diri manusia adalah sikap benci. sebab, jika seseorang sudah membenci, yang akan tampak hanyalah keburukan. ia tidak mau tahu tentang kebenaran, yang dampaknya melahirkan dugaan-dugaan yang dibuat sendiri. tentunya, benci hanya akan membuat lelah hati.

  31. Nama : Novia Nanda Pertiwi
    Twitter/Fb : @novianandaa / Novia Nanda Pertiwi
    link share : https://mobile.twitter.com/novianandaa/status/657479243211759616?p=v
    jawaban :
    teror terbesar manusia adalah adanya rasa benci yang tersimpan dalam dada. apabila sudah tertanam rasa benci terhadap seseorang, maka segala yang telah dilakukan oleh orang yang kita benci semua terasa salah di mata kita.

  32. Nama : Novia Nanda Pertiwi
    Twitter/Fb : @novianandaa / Novia Nanda Pertiwi
    link share : https://mobile.twitter.com/novianandaa/status/657479243211759616?p=v
    email : nviannda@gmail.com
    jawaban :
    teror terbesar manusia adalah adanya rasa benci yang tersimpan dalam dada. apabila sudah tertanam rasa benci terhadap seseorang, maka segala yang telah dilakukan oleh orang yang kita benci semua terasa salah di mata kita.

  33. Nama: Dian Artati
    Twitter/facebook: @d_anarta/Bagai Ilalang Alang-Alang (Dong Yi)
    Email: gaeulangel@gmail.com
    Link Share: https://twitter.com/d_anarta/status/657514515009941505

    Yuhu, blogtour kedua mau lewat nih! Siapa mau novel? Cek aja di –> https://t.co/uzDSOlUaaN pic.twitter.com/WUpMq0h6qC— dianarta (@d_anarta) 23 Oktober 2015

    //platform.twitter.com/widgets.js
    Jawaban: Teror terbesar bagi jiwa manusia adalah rasa putus asa. Yaitu sebuah rasa yang dapat berdampak negatif bagi diri sendiri. Seseorang yang putus asa akan mengalami kemunduran kualitas, bukan mengalami kemajuan. Hingga saat rasa putus asa telah akut, seseorang akan takut memimpikan masa depannya.

  34. Nama : Yulia Muflihah
    Twitter/Facebook : @yulia_muflihah / Yulia Muflihah
    Email : yulia_muflihah@yahoo.com
    Link share : https://twitter.com/yulia_muflihah/status/657771047047921669
    Jawaban :
    Kondisi jiwa paling menakutkan adalah ketika perasaan tak karuan mulai menyerang dan seakan kita tak bisa mengendalikannya. Ditambah adanya suatu firasat buruk yang terkadang menjadi nyata. Lalu, tindakan akhir yang bisa dilakukan hanyalah diam.

  35. Nama: Jihan Fadila
    Twitter/Facebook: @fadilla_63 / jihanmutchcute@ymail.com
    Email: jfadilla26@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/fadilla_63/status/657725449523458048
    Jawaban: terror terbesar bagi jiwa manusia adalah ketika terbukanya indra ke enam kita dan kita tidak dapat menerima ataupun mengontrolnya. sehingga membuat kita merasakan ketakutan yang luar biasa. hingga lama kelamaan dijauhkan oleh orang sekitar kita karena dianggap gila.

  36. Nama: Jihan Fadila
    Twitter/Facebook: @fadilla_63 / jihanmutchcute@ymail.com
    Email: jfadilla26@gmail.com
    Link share: https://twitter.com/fadilla_63/status/657725449523458048
    Jawaban: terror terbesar bagi jiwa manusia adalah ketika terbukanya indra ke enam kita dan kita tidak dapat menerima ataupun mengontrolnya. sehingga membuat kita merasakan ketakutan yang luar biasa. hingga lama kelamaan dijauhkan oleh orang sekitar kita karena dianggap gila. dan akan mengganggu masa depannya jika ia ttp tidak bisa mengintrolnya.

  37. Nama: Puput Nofia
    Facebook: anastasya.lolita@yahoo.co.id
    Email: puputnofia@gmail.com
    Link share:https://www.facebook.com/puput.nofia
    Jawaban: Kondisi jiwa yang paling mengerikan adalah ketika seseorang kehilangan kendali atas dirinya sendiri. Kehilangan pikiran, perasaan dan tak bisa membedakan mana yang buruk dan mana yang benar. Contohnya para psikopat yang melakukan segala jenis kesadisan tanpa rasa penyesalan setelahnya. Mereka anggap apa yang mereka lakukan itu wajar dan tak ada salahnya. Mereka berlaku seperti zombi, hidup tetapi jiwanya mati.

  38. Nama: pramestya
    Twitter: @p_ambangsari / fb: pramestya ambangsari
    Email: pramestya23@gmail.com
    Link: https://twitter.com/p_ambangsari/status/657769372950228992

    Keadaan dimana jiwanya/dirinya tidak berani memulai hal baru. Semua orang pasti merasakan hal itu dalam hidupnya, ada yang terus terusan seperti itu ada pula yang berjuang keras untuk bisa memulai sesuatu baru. Teror ini menurutku sangat berbahaya, sebab ketika orang merasakan hal seperti ini dia nggak mau memulai sesuatu itu dengan alasan “terlalu sulit” pdahal hidup iti pergerakan. Kalau dia nggak memulai hal baru dia akan tertinggal dan perlu diketahui kalau memulai hal baru awalnya emang susah tapi kalau berjuang dia akan menemukan kesenangan.
    Teror yang dapat berdampak buruk bagi kehidupannya selanjutnya.

  39. Nama : Suci Amalia
    Twitter : @Suciamalya_
    Facebook : facebook.com/suchiy.amalya
    E-mail : suci.amalia31@gmail.com
    Link share : https://mobile.twitter.com/Suciamalya_/status/657924849021489152
    Jawaban :
    Teror terbesar bagi jiwa manusia menurut saya adalah saat seseorang terjebak dalam perangkap jin/Iblis. Karena pada saat itu seseorang akan melupakan kewajibannya sebagai makhluk ciptaan ALLAH SWT. Seseoang akan meninggalkan semua ibadahnya. Keimanan dan ketaqwaannya akan hilang pula. Dan pada saat itu ALLAH SWT. pasti akan sangat murka kepadanya. Jika ALLAH SWT. sudah sangat murka, maka apapun kehendak-Nya manusia tidak akan bisa menghindarinya. Niscaya Azab ALLAH SWT. sangat pedih.

  40. Nama : Agatha Vonilia Marcellina
    Twitter : @Agatha_AVM
    Email : agathavonilia@gmail.com
    Link share : https://twitter.com/Agatha_AVM/status/658260529073422337

    Menurut kalian, apa teror terbesar bagi jiwa manusia, atau, kondisi jiwa semacam apa yang menurut kalian paling menakutkan.

    Teror terbesar bagi jiwa manusia adalah dendam. Dendam membuat manusia menderita. Dendam membangkitkan keinginan untuk membunuh. Dendam membutakan jiwa manusia. Dendam merenggut hati nurani. Dendam mengambil harta paling berharga di dunia ini, keluarga. Dendam telah menghancurkan fisik dan jiwa manusia menjadi seorang psycho.

  41. Pingback: Pemenang Giveaway Blog Tour 7 Kisah Klasik Edgar Allan Poe | Bacaan B.Zee

  42. Pingback: Scene on Three (106) | Bacaan B.Zee

  43. Pingback: Scene on Three (107) | Bacaan B.Zee

  44. Pingback: Lucky No. 15 Reading Challenge Wrap Up | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s