Scene on Three (107)

SceneOnThree

“Tidak ada bangsa di muka bumi ini yang menyembah lebih dari satu dewa. Kumbang scarab, burung ibis, dan binatang-binatang lain yang kami sucikan (sebagaimana bangsa-bangsa lain juga memiliki binatang suci mereka sendiri) hanyalah simbol atau media yang kami gunakan untuk membujuk rakyat agar menyembah Sang Pencipta, karena Dia terlalu agung untuk dihampiri secara langsung.” (p.191)

“…. Inilah proses penulisan ulang dan pembenaran ulang secara personal, hal yang menjadi impian dari sedemikian banyak orang-orang bijak dari masa ke masa. Dengan begitu, kita bisa menyelamatkan sejarah sehingga tidak menjadi sesuatu yang berlandaskan khayalan fabel semata.” (p.193)

Scene awal November ini masih saya ambil dari 7 Kisah Klasik Edgar Allan Poe, kali ini dari cerpen Obrolan Bersama Sesosok Mumi. Scene ini menunjukkan betapa relatifnya sejarah. Bahkan meski kita membaca berbagai catatan dengan hati-hati, kesalahan penafsiran masih bisa terjadi karena perbedaan budaya dan sudut pandang.

Pemikiran-pemikiran Poe yang tertuang dalam kisah-kisahnya memang sangat menarik bagi saya. Banyak hal mendorong kita berpikir dan mempertanyakan diri maupun sekitar kita.

Apa scene-mu hari ini?

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

2 responses to “Scene on Three (107)

  1. kangen dhe pengen ikutan ‘scene on three’ lagi.. tapi berhubung sekarang mostingnya pakai aplikasi, susah buat copas t&c serta logo ‘scene on three’-nya😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s