Birthday and 4th Blogoversary: Tantangan Spesial Joglosemar

Bagi pengikut setia Bacaan B.Zee, pasti tahu bahwa setiap Desember sampai Januari, saya selalu menyempatkan membuat giveaway dalam rangka blogoversary yang jatuh pada 13 Januari mendatang. Jujur, saya bosan dengan giveaway yang begitu-begitu saja, hingga beberapa waktu lalu, tiba-tiba saya terinspirasi untuk menantang seseorang membaca sebuah buku yang bukan ‘zona nyamannya’. Namun karena saya mencetuskannya di grup whatsapp Joglosemar, maka beberapa orang pun tertarik untuk saya tantang juga, hingga jadilah saya buat event resmi tahun ini adalah tantangan bagi 13 anggota BBI Joglosemar yang mendaftar untuk tantangan ini. (Maaf untuk yang lain, kali ini menjadi ‘penonton’ dulu yaa)

Tantangannya ‘hanya’ membaca dan membuat review untuk buku yang saya pilihkan sendiri. Ternyata memilihkan buku tantangan bukan perkara mudah, karena pendaftar sebagian besar omnireader, sehingga buku pilihan saya tidak hanya berdasar genre semata, tetapi juga pertimbangan ketebalan, bahasa, dan lain sebagainya.

Hadiahnya adalah buku dalam wishlist yang nanti akan saya pilihkan sendiri juga supaya jadi kejutan. Akan ada lima pemenang yang kriterianya akan saya jelaskan di bawah. Sebelumnya, saya ingin berterima kasih dulu pada Alvina, Steven, dan Asri yang mengajukan diri sebagai sponsor hadiah, hingga budget hadiah bisa saya naikkan. Bersiaplah mendapatkan wishlist ‘mahal’ kalian ya, para peserta🙂

Inilah daftar ke-13 peserta tantangan beserta judul buku yang saya pilihkan:

  1. Opat  — The Casual Vacancy by J.K. Rowling
  2. Tezar — The Book Thief by Markus Zusak
  3. Wardah — The Black Arrow by R.L. Stevenson
  4. Ika — Germinal by Emile Zola
  5. Esti — Fellowship of the Ring by J.R.R. Tolkien
  6. Ririn — Julie of the Wolves by Jean Craighead George
  7. Dina — Wet Magic by E. Nesbit
  8. Dani — American Gods by Neil Gaiman
  9. Dion — Blind Willow Sleeping Woman by Haruki Murakami
  10. Cindy — Middlemarch by George Elliot
  11. Lila — A Tree Grows in Brooklyn by Betty Smith
  12. Desty — Tess of the D’Urbervilles by Thomas Hardy
  13. Ina — Hard Times by Charles Dickens

Langsung saja syarat dan ketentuannya:

  1. Peserta membaca buku yang saya tentukan from cover to cover, tidak boleh di-skip, tidak boleh skimming.
  2. Peserta membuat review seusai membaca di blog buku masing-masing. Review harus memuat inti cerita, dan analisis seperlunya (karakter/alur/konflik/apa pun yang ditangkap selama membaca), serta kesan-kesan selama membaca buku tersebut.
  3. Setelah review terbit, segera konfirmasi ke saya melalui whatsapp, untuk saya data dan wawancarai.
  4. Selama membaca, peserta dianjurkan mulai merapikan rak wishlist di goodreads, jumlah tidak dibatasi (buku-buku lama yang belum terbeli tidak perlu dihapus), usahakan ada buku dengan rentang harga 50-250ribu rupiah.
  5. Pemenang adalah 5 (lima) peserta yang menyelesaikan bacaan dan reviewnya paling cepat, terhitung mulai 5 Desember 2015 s.d. 7 Januari 2016.
  6. Update dan wawancara akan mulai dipost pada tanggal 13 Januari 2016, tepat pada blogoversary ke-4 Bacaan B.Zee
  7. Lain-lain mengenai kelonggaran waktu dan kompensasi akan ditambahkan kemudian.

Sekian dulu, sebelum saya tutup post ini, saya ingin menegaskan bahwa tantangan ini bukanlah sesuatu yang luar biasa bagi peserta. Saya sudah mengenal mereka dan saya yakin mereka mampu menyelesaikan tantangan ini. Yang menjadi masalah adalah kemauan, karena tanpa tantangan ini, buku-buku tersebut mungkin tidak akan pernah mereka baca. You’re welcome.

Good luck, guys n gals!

11 responses to “Birthday and 4th Blogoversary: Tantangan Spesial Joglosemar

  1. Julie of the wolves berasa jomplang (dari segi tebal sih) kalo dibandingin buku2 di atas

  2. Wah ini baru namanya tantangan. Meskipun aku (ngakunya) pembaca klasik tapi belum tentu sukses kalo disodorin Middlemarch, wkwkwk. Sukses yaa buat semua partisipan!

  3. Pingback: Note: End of Year Challenge |

  4. Dibatas gitu rasanya lebih eksklusif ya Mbak. Btw, lihat daftar bukunya emang beneran bukan comfort zone aku deh xD

    • Susah fa kalo belum kenal, soalnya aku percaya mereka2 itu ga bakal curang🙂
      Mungkin suatu saat kubuka lebih luas lagi (tapi ttp harus kenalan dulu, hehe)

  5. yeee… itu buku udah jadi buku ganjel rak sepanjang masa :p dulu dnf terus dilupakan, baru sekarang diniatkan untuk dikhatamkan setelah ditantang bzee…
    harus cover to cover ya…. ok d… entar diulang lagi bacanya bab-bab awal yg duluuu sdh pernah dibaca… bbrp hal jg aku sdh lupa detilnya……

  6. Pingback: #399 Tess of The D’Urbervilles |

  7. Pingback: The Black Arrow – Robert Louis Stevenson | melukis bianglala

  8. Pingback: American Gods – Dewa-Dewa amerika | Melihat Kembali

Leave a Reply

