2015 Reading Challenges: Wrap Up

Akhirnya sampai juga di penghujung tahun 2015. Tahun ini adalah tahun yang penuh dengan roller coaster dalam hidup saya, baik kehidupan pribadi maupun kehidupan saya sebagai blogger buku. Yang terlihat jelas di sini adalah mulai jarangnya update review maupun post secara umum mulai pertengahan tahun hingga akhir tahun ini. Meski begitu, saya bersyukur karena sebagian besar reading challenge yang saya ikuti berjalan dengan lancar. Yang tidak pun, saya tidak menyesalinya, karena…itulah nanti bisa dibaca di bawah.

Baiklah, sekarang waktunya merekap:

1. Read Big Challenge

Sayang sekali saya hanya bisa sampai ke level Featherweight/Kelas Bulu dengan membaca dan mereview 4 buku bantal. Sebenarnya hampir 5, tapi tidak masalah, saya sudah cukup puas, terutama yang terakhir. Inilah daftar bukunya:

  1. The Silkworm by Robert Galbraith
  2. Good Omens by Neil Gaiman & Terry Pratchett
  3. Little Women by Louisa May Alcott
  4. The Old Curiosity Shop by Charles Dickens

2. Asia Pasific History Reading Challenge 2015

Saya bisa katakan tantangan ini berhasil juga, meski buku yang saya baca tidak sesuai dengan rencana awal. Namun, lebih dari itu, dua buku yang saya selesaikan ternyata masing-masing fiksi dan nonfiksi.

  1. Halaman Terakhir oleh Yudhi Herwibowo
  2. 60 Tahun Konferensi Asia Afrika oleh Tim Buku TEMPO

3. Nonfiction Reading Challenge 2015

Meski (lagi-lagi) di luar rencana, saya sudah berhasil menepati target 6 buku nonfiksi dalam setahun ini, dengan membaca dan mereview 8 buku nonfiksi berbagai bidang.

  1. Kontroversi 101 Mitos Kesehatan by Florentina R. Wahjuni
  2. Billions & Billions by Carl Sagan
  3. Mudah Membuahkan 38 Jenis Tabulampot Paling Populer
  4. Sherlock: The Casebook by Guy Adams
  5. Buku Ajar Koas Racun by Andreas Kurniawan
  6. Bilang Begini, Maksudnya Begitu by Sapardi Djoko Damono
  7. Night by Elie Wiesel
  8. 60 Tahun Konferensi Asia-Afrika by Tim Buku TEMPO

4. JOGLOSEMAR Tantangan Babat Timbunan

Inilah tantangan yang saya gagal, dan saya tidak menyesalinya (maaf ya, Oky). Jadi, ceritanya, saya sudah berhasil dengan susah payah hingga pertengahan tahun. Kemudian masalah datang, membuat pace membaca saya terganggu, dan impuls belanja buku saya meningkat. Oke, itu alasan, sesungguhnya memang godaan buku bagus dan murah sulit ditahan. Apalagi sebagian besarnya saya yakin akan sulit mendapatkannya di kemudian hari. Jadi, sudahlah, saya kibarkan bendera putih. Rekam pencapaian saya ada di sini.

5. Project Baca Buku Cetak

Tantangan ini tidak terlalu sulit, karena saya bukan penggemar ebook, meski tak menghindarinya juga. Dari target 36 buku, saya berhasil menyelesaikan 55 buku, termasuk picture book, novela, dan buku baru, tetapi tidak termasuk komik, buku pinjaman dan reread. Tidak semuanya saya review di blog, sebagian belum, sebagian memang tidak. Selengkapnya bisa dilihat di goodreads saya, detailnya, inilah daftar buku cetak dari timbunan yang saya baca:

1. Astronomy (Usborne Discovery, Internet-Linked) by Rachel Firth
2. The Enormous Crocodile by Roald Dahl
3. The Magic Finger by Roald Dahl
4. The Giraffe and the Pelly and Me by Roald Dahl
5. The Silkworm by Robert Galbraith
6. Good Omens by Neil Gaiman & Terry Pratchett
7. The Bear Came Over the Mountain by Alice Munro
8. Girl with Nine Wigs by Sophie van der Stap
9. Lola Rose by Jacqueline Wilson
10. The Great Gatsby by F. Scott Fitzgerald
11. Fantastic Beasts & Where to Find Them by J. K. Rowling
12. Night Flight by Antoine de Saint-Exupery
13. Bilang Begini, Maksudnya Begitu by Sapardi Djoko Damono
14. Sherlock: The Casebook by Guy Adams
15. Fortunately, the Milk (ID) by Neil Gaiman
16. Mudah Membuahkan 38 Jenis Tabulampot Paling Populer
17. The Ringmaster’s Daughter by Jostein Gaarder
18. Bridge to Terabithia by Katherine Paterson
19. Adultery by Paulo Coelho
20. Trilogi Soekram by Sapardi Djoko Damono
21. Diet Sehat Golongan Darah B by Peter J. D’Adamo
22. The Dangerous Alphabet by Neil Gaiman
23. Buku Ajar Koas Racun by Andreas Kurniawan
24. Charmed Life by Diana Wynne Jones
25. The Lives of Christopher Chant by Diana Wynne Jones
26. Halaman Terakhir by Yudhi Herwibowo
27. Little Women by Louisa May Alcott
28. Night by Elie Wiesel
29. Witch Week by Diana Wynne Jones
30. The Old Curiosity Shop by Charles Dickens
31. 60 Tahun KAA by Tim Buku TEMPO
32. Jejak Penyintas
33. Rumah Dambaan Buruh Migran Perempuan
34. Home Sweet Horror by James Preller
35. I Scream, You Scream by James Preller
36. Lotta by Astrid Lindgren
37. Midnight on the Moon by Mary Pope Osborne
38. Just So Stories by Rudyard Kipling
39. Wonderstruck by Brian Selznick
40. 7 Kisah Klasik by Edgar Allan Poe
41. Sepatu sang Raja dan Dongeng-Dongen Indah Lainnya by Djokolelono
42. The Boy in the Striped Pyjamas by John Boyne
43. Snow Country by Yasunari Kawabata
44. Matilda by Roald Dahl
45. And Then There Were None by Agatha Christie
46. Pride and Prejudice by Jane Austen
47. Esio Trot by Roald Dahl
48. Kahve by Yuu Sasih
49. Cameo Revenge by Yudhi Herwibowo & Ary Yulistiana
50. The Little Prince by Antoine de Saint-Exupery (English edition)
51. Interworld by Neil Gaiman & Michael Reaves
52. Suti by Sapardi Djoko Damono
53. Misteri Keempat Wajah Anastasia by S. Mara Gd
54. Stone Fox by John Reynolds Gardiner
55. Mimpi Bayang Jingga by Sanie B. Kuncoro

6. 2015 TBRR Pile Challenge

Tantangan ini hampir sama dengan yang di atas, tapi tantangan ini hanya berlaku untuk buku ‘timbunan’ dan yang sudah dibuat reviewnya. Saya memasukkan 32 buku dalam daftar ini, yang reviewnya bisa dicek di sini.

  1. Good Omens by Neil Gaiman & Terry Pratchett
  2. Enchanted Glass by Diana Wynne Jones
  3. Lola Rose by Jacqueline Wilson
  4. The Great Gatsby by F. Scott Fitzgerald
  5. Fantastic Beasts & Where to Find Them by J. K. Rowling
  6. Night Flight by Antoine de Saint-Exupery
  7. Fortunately, the Milk by Neil Gaiman
  8. The Ringmaster’s Daughter by Jostein Gaarder
  9. Bridge to Terabithia by Katherine Paterson
  10. Sherlock: The Casebook by Guy Adams
  11. Buku Ajar Koas Racun by Andreas Kurniawan
  12. Bilang Begini, Maksudnya Begitu by Sapardi Djoko Damono
  13. Girl with Nine Wigs by Sophie van der Stap
  14. Charmed Life by Diana Wynne Jones
  15. The Lives of Christopher Chant by Diana Wynne Jones
  16. Night by Elie Wiesel
  17. Witch Week by Diana Wynne Jones
  18. Adultery by Paulo Coelho
  19. Little Women by Louisa May Alcott
  20. The Old Curiosity Shop by Charles Dickens
  21. Lotta by Astrid Lindgren
  22. The Boy in the Striped Pyjamas by John Boyne
  23. The Magic Finger by Roald Dahl
  24. The Enormous Crocodile by Roald Dahl
  25. Matilda by Roald Dahl
  26. Just So Stories by Rudyard Kipling
  27. Pride and Prejudice by Jane Austen
  28. Wonderstruck by Brian Selznick
  29. The Giraffe and the Pelly and Me by Roald Dahl
  30. Snow Country by Yasunari Kawabata
  31. Mimpi Bayang Jingga by Sanie B. Kuncoro
  32. InterWorld by Neil Gaiman & Michael Reaves

7. Lucky No.15 Reading Challenge

Post tersendiri di sini.

Selamat untuk diri saya sendiri, yang sudah berhasil meramalkan challenge apa yang bisa saya kerjakan, dan apa yang tidak (yah, kecuali yang itu). Karena satu dan lain hal, kemungkinan tahun 2016 saya tidak akan menantang diri saya apa-apa lagi. Tapi, kita lihat saja. Terima kasih untuk para host yang sudah menambah warna sidebar saya dengan berbagai banner, dan membuat saya tergoda untuk mengikuti tantangannya. Sukses untuk kita semua.

One response to “2015 Reading Challenges: Wrap Up

  1. Yeay, selamaat ya mbaak udah mengurangi 4 buku bantal dari timbunan. BTW ulat sutra masih seru serunya nih.. en yes, aku sebal liat cormoran lemah banget sama urusan cinta *brb balik baca*

Leave a Reply

