2016 Reading and Blogging Plan

Happy 2016!

Tahun 2015 lalu menandai sebuah titik balik dalam hidup saya. Saya rasa bukan sesuatu yang besar, tetapi cukup untuk mengubah (atau melanjutkan?) tujuan hidup saya. Yang jelas, pada paruh terakhir 2015, prioritas saya sudah berubah. Pun tahun 2016 ini. Saya masih harus melanjutkan banyak hal untuk tujuan-tujuan saya.

Empat tahun terakhir ini, membaca dan blogging masuk dalam urutan atas prioritas saya. Seperti saya katakan di atas, pertengahan 2015 kegiatan membaca dan blogging saya tidak lagi seintens sebelumnya. Walaupun sebagian besar reading challenge saya di tahun 2015 berhasil, tetap ada tuntutan tersendiri saat kita berkomitmen untuk mengikuti sebuah tantangan. Apalagi saya memprediksi akan banyak transisi yang saya alami di tahun ini, yang akan mengganggu kegiatan perblogbukuan ini. Maka dari itu, tahun ini saya tidak ingin memasang terlalu banyak target.

Saya berencana untuk off sementara dari berbagai reading challenge, bahkan target di goodreads. Saya tetap akan memasang angka 50 buku untuk setahun, tetapi jika dalam perjalanan saya tidak bisa mencapainya, akan saya turunkan. Motivasinya sederhana sih, agar dapat badge, haha, jadi target goodreads akan menyesuaikan kondisi saya. Saya melihat beberapa reading challenge menarik sudah bertebaran di blog, seperti Japanese literature di blog Opat, Proyek Baca Buku Perpustakaan di blog Ira, dan lain-lain yang (mungkin) baru direncanakan. Dalam kondisi normal, saya pasti ikut, tetapi tahun ini, saya jadi penggembira saja. Mungkin saya akan tetap membaca buku-buku tersebut, tetapi jika tidak memungkinkan ya sudah, tak ada beban. Untuk Baca Bareng BBI, sama seperti tahun sebelumnya, akan saya ikuti selagi bisa, jika tidak, saya tidak akan memaksakan diri.

Untuk proyek jangka panjang, The Classics Club (TCC) dan Children’s Literature Reading Project (CLRP) masih tetap saya lanjutkan. Khusus TCC, tampaknya saya sudah tidak mungkin menyelesaikan buku-buku di list saya, jadi list tersebut akan saya bawa ke periode berikutnya. Sedangkan CLRP saya kelihatannya masih bisa diselesaikan, apalagi children’s literature kan salah satu pelarian saya. Dan lagi, list CLRP saya anggap tentatif. Tentang Scene on Three, sementara masih akan saya posting sebulan sekali, dengan link tools tetap seperti biasa.

Sebenarnya, tahun 2015 saya merencanakan membuat sebuah proyek pribadi. Namun sampai 12 bulan berlalu, saya semakin tidak menemukan waktu yang pas. Bukan tidak mungkin bila proyek tersebut, atau inovasi-inovasi yang lain, akan muncul di tahun ini. Bukan sesuatu yang besar, hanya variasi dari konten blog ini saja.

Jadi, begitulah. Walaupun bukan prioritas atas, membaca dan blogging sudah jadi bagian penting dalam hidup saya, sehingga saya pasti tidak akan meninggalkannya. Saya hanya akan mundur selangkah, dan menikmati apa pun yang saya lakukan di ruang ini.

Have a wonderful year ahead!😉

photogrid_1451636218433.jpg

3 responses to “2016 Reading and Blogging Plan

  1. semangat melewati berbagi transisi mba bzee :*

  2. Mbak Bzee, semangat!😀

Leave a Reply

