Ensikoplakdia – Djokolelono

ensikoplakdiaJudul : Ensikoplakdia: Asal-usul usil asal-asalan
Penulis : Djokolelono (2015)
Penyunting : Yulia Nurul Irawan
Penerbit : Pastel Books
Edisi : Cetakan I, 2015
Format : Paperback, 92 halaman

“Jeff, I am going to stand outside,” sesungguhnya aku mau menemani copywriterku, Belinda, merokok. Jeff bilang, “They’re coming any minute now,” agak gusar. “Well. If anybody asks, tell them I am outstanding,” aku bilang. (hal.10)

Seperti judulnya, buku ini merupakan kumpulan pengetahuan koplak yang tidak penting sebenarnya. Berdasarkan pengantar dari penulisnya, tidak semua sumber tulisan ini dari dirinya sendiri. Kebanyakan berasal dari status Facebook, dan juga berbagai macam sumber lainnya. Secara garis besar, buku ini dibagi menjadi tiga bagian:

  1. Asal-Usul Usil Asal-Asalan yang sepertinya merupakan karangan penulis sendiri, berisi yaa, seperti judulnya. Di sini kita bisa tahu asal-usul berbagai kata dalam bahasa Inggris, bahasa Indonesia, bahkan bahasa daerah, juga asal-usul nama tempat atau daerah tertentu, yang tentu saja asal-asalan, tetapi cukup lucu, dan seringkali usil juga. Beberapa bahkan mungkin terkesan jayus, atau membuat kita ingin menepuk dahi (penulisnya) *hush, kualat ntar*
  2. Bumi Makin Unyu tampaknya merupakan cerita-cerita humor basi yang ditulis kembali dengan gaya penulis sendiri. Sebagian besar sudah sering saya dengar, sehingga mungkin sudah tidak lucu lagi.
  3. Kata-Kata Mutiara ini adalah bagian yang agak menarik. Berisi kata-kata bijak, rayuan-rayuan gombal, dan kadang pepatah tidak penting. Yang membuatnya jadi menarik karena dibuat dengan tipografi dan/atau ilustrasi sehingga cocok sekali untuk ditempelkan di dinding. Ada beberapa kalimat yang saya rasa tidak original.

img_20160116_220613.jpg

Sebenarnya buku ini asyik juga untuk duduk-duduk santai sambil tertawa sendiri. Namun, saya mempertanyakan kisah-kisah ‘dari berbagai sumber’ yang tidak disebutkan sumbernya. Apa karena kisah dan kalimat-kalimat tersebut sudah terlalu viral sehingga sudah tidak jelas lagi sumbernya, atau bagaimana. Saya jadi menyadari betapa ‘jahat’nya media sosial yang bisa mengeliminasi sumber sebuah kreativitas.

2.5/5 bintang untuk kekoplakan yang usil.

“Sewaktu aku aktif, aku selalu membaktikan waktuku 100% untuk bekerja, yaitu 13% di hari Senin, 22% hari Selasa, 26% hari Rabu, 35% hari Kamis, dan 4% hari Jum’at.” (hal.59)

img_20160116_220442.jpg

2 responses to “Ensikoplakdia – Djokolelono

  1. huwahahahahah quote yang terakhir banget banget lah itu =)))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s