Scene on Three (113)

SceneOnThree

Oeroeg tidak kejam. Ia hanya tidak memiliki perasaan orang Barat yang sering ingin menolong dan menghargai binatang karena merasakan kedekatan dengan binatang. Bila aku, si penonton perkelahian gladiator ini, berteriak-teriak karena dilanda rasa tegang bercampur rasa bersalah serta benci, dengan heran Oeroeg menoleh padaku lalu berkata dalam bahasa Sunda, seolah untuk menenangkan diriku: “Memangnya kenapa? Itu kan cuma binatang.” (p.12-13)

Scene dari Oeroeg karya Hella S. Haasse ini menurut saya agak kontradiktif. Dalam konteks ini, sang narator sedang berbicara tentang sabung ayam yang menurutnya, sebagai orang Barat, terlalu kejam. Namun di sisi lain, orang Barat pada masa itu malah memperlakukan sesama manusia yang berbeda warna kulit, lebih rendah daripada binatang. Di sinilah saya menilai penulis sangat subjektif, menggiring opini seolah orang Barat bermoral lebih tinggi karena rasa sayangnya pada hewan. Walaupun saya pribadi juga tidak setuju jika hewan diadu untuk kesenangan semacam sabung ayam, termasuk gladiator yang notabene dilakukan oleh orang Barat.

Meski demikian, saya akui orang Barat memang masih lebih unggul. Sementara ‘penyiksaan’ terhadap binatang dengan mengadunya sudah ditinggalkan di Barat, orang-orang kita masih melakukannya (mungkin hingga sekarang), dan sementara diskriminasi ras sudah ditinggalkan di Barat (dalam artian Eropa), sadar tidak sadar kita sendiri masih banyak yang melakukannya.

Scene on Three masih berlaku sebulan sekali. Jadi silakan masukkan scene kalian ke link tool sesuai tanggal post, sampai tanggal 3 Maret depan.

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

Link 13 Februari 2016

Link 23 Februari 2016

Link 3 Maret 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s