#HUT5BBI : Top 5 Blog Member BBI

hut5bbi

Memasuki bulan April artinya memasuki bulannya BBI. Yes, karena bulan April mencatat lahirnya sebuah komunitas blogger buku bernama BBI ini, tepatnya tanggal 13 April mendatang. Sebagaimana tradisi tahunan BBI, divisi event selalu punya acara menarik untuk merayakan hari ulang tahun BBI, untuk tahun ini, ada total lima acara, yang bisa dilihat di sini detailnya.

Sebenarnya saya tidak berniat untuk mengikuti event ini dari awal, berhubung satu dan lain hal yang menjadi fokus saya berbulan-bulan terakhir ini. Bahkan baca bareng saja saya belum sempat ikut lagi (padahal tahun lalu saya paling rajin dan mendapat penghargaan ini), tetapi karena kemarin beban saya lepas satu, dan hari ini saya merasa lebih ringan, maka tidak saya sia-siakan kesempatan untuk ikut dalam perayaan ini.

Hari pertama ini, seperti judulnya, kita harus memilih lima blogger BBI terfavorit. Jujur, ini sulit sekali. Hingga pada akhirnya, saya menyusun lima blog ini : (urutan tidak menunjukkan peringkat)

  1. My Book Reviews Corner oleh Annisa Anggiana

annisaanggiana

Teh Annisa ini adalah salah satu member senior BBI. Beliau beberapa tahun ini jarang mereview, tetapi sekalinya mengeluarkan review, saya hampir selalu akan memasukkannya ke dalam wishlist atau daftar baca. Terlebih biasanya beliau mengutamakan mereview buku berbintang 5 versinya, sehingga terasa sekali ‘racun’ dalam reviewnya. Beberapa buku yang saya baca karena ‘teracuni’ review teh Nisa adalah The Sound and the Fury by William Faulkner dan The Martian by Andy Weir, yang kedua-duanya saya suka. Sebagian buku lain masih masuk dalam wishlist teratas saya, karena memang selera beliau ini agak sulit didapatkan bukunya.

2. Books to Share oleh Astrid Lim

astridlim

Ingatan awal saya dengan kak Astrid adalah Wishful Wednesday. Saya ingat saat awal-awal bergabung di BBI, WW ini lahir dan saya rajin mengikutinya hingga negeri api menyerang saya mendapat jadwal agak padat di hari Rabu. Namun, bukan WW yang membuat saya menyukai blog kak Astrid, saya merasa satu selera dengan beliau. Beliau suka buku-buku yang mendapat penghargaan, a.k.a. buku sastra, termasuk sastra anak, dan misteri detektif, yang ketiganya ada di antara genre favorit saya. Namun, lagi-lagi ini bukan masalah genre, tapi memang dari pengamatan bertahun-tahun, saya percaya dengan selera beliau. Maka dari itu, saat saya melihat review orang tentang suatu buku, dan saya ragu apakah saya bakal suka, kemudian saya melihat kak Astrid sudah mereview, saya jadi tidak ragu lagi. Saat saya melihat sebuah buku sambil lalu, kemudian keesokan harinya saya menemukan reviewnya di blog kak Astrid, saya akan kembali ‘melihat’ buku itu. Seperti itulah.

3. Fanda Classiclit oleh Fanda Kutubuku

fanda

Kak Fanda adalah salah satu blogger yang membangkitkan kembali kecintaan saya pada sastra klasik yang sudah ditenggelamkan oleh buku teks. Tepatnya melalui Baca Klasik yang digagasnya bersama Melisa. Beliau juga menginspirasi saya dalam hal konten dan konsistensi blog. Review-reviewnya sangat mendalam dan matang. Walaupun akhir-akhir ini beliau sudah tidak mendedikasikan waktu untuk blogging sebanyak dulu, saya tetap mengikuti perkembangan beliau, karena memang sayang untuk dilewatkan. Saya ingat ada meme bernama Character Thursday yang dulu lumayan rajin saya ikuti beriringan dengan WW, hingga kemudian mati suri. Meme yang (lagi-lagi) mengasah pendalaman kita terhadap sebuah bacaan. Kak Fanda juga berhasil membuat saya teradiksi dengan karya-karya Emile Zola yang sesungguhnya sungguh perih.

4. Half-Filled Attic oleh Listra ‘Lemon Tree’

listra

Blogger yang satu ini saya kenal melalui event membaca play/drama beberapa tahun lalu bersama kak Fanda. Terlihat dari nama blognya, Listra memang pecinta Sherlock Holmes garis keras. Saya juga ingat beberapa komentarnya di post saya yang berhubungan dengan Sherlock Holmes beberapa tahun lalu menunjukkan hal itu. Namun yang membuat saya paling mengagumi Listra adalah pendalamannya terhadap Shakespeare, luar dalam. Salah satu yang membuat saya menghargai dan menikmati karya-karya Shakespeare adalah karena review-reviewnya (dan berbagai post yang ditulisnya mengenai sang Bard), sampai-sampai dia membuatkan sebuah blog khusus untuk membahasnya di sini. Saking mendalamnya, dia bisa membuat bad translation scene-scene Bard menjadi menawan. Dan jangan salah, walaupun namanya ‘bad’ sesungguhnya dia sedang menegaskan pemahamannya dengan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang sangat gaul dari kelucuan yang sesungguhnya sudah ada di sana. Selain itu, dia juga pembaca puisi dan sastra klasik, yang semuanya didalaminya, mulai dari rasa, makna, hingga sejarahnya. Sayang, frekuensi bloggingnya sangat jarang sekali. Oya, reviewnya jugalah yang membuat saya akhirnya mau membaca The Fault in Our Stars by John Green, karena, tahu sendirilah, judul itu dicuplik dari salah satu kalimat Shakespeare.

5. The Bookly Purple oleh Ratih ‘erdeaka’

ratih

Sebelum dimigrasikan ke blog ini, saya sudah suka membaca review-review Ratih. Setelah  bertransformasi, saya semakin suka. Walaupun si empunya blog terkadang kurang pede karena merasa reviewnya terlalu formal, justru itulah yang membuat reviewnya berfokus pada hal-hal yang lebih mendalam dan menarik saya. Apalagi Ratih punya latar belakang sastra Inggris yang pastinya membuat saya percaya dengan penilaiannya tentang sebuah karya sastra (meskipun tak mesti sepakat). Saya banyak belajar tentang poin-poin resensi dari review-review yang dibuatnya.

Itulah kelima blog BBI favorit saya. Saya sendiri tidak punya bukti bahwa saya rajin mengunjungi kelima blog tersebut, karena saya memang jarang meninggalkan komentar (salah satu kelemahan saya sebagai blogger, saya sulit berkomentar). Titik fokus saya sepertinya lebih pada pendalaman konteks dan penilaian buku, karena saya masih merasa butuh banyak belajar membuat review yang baik. Tentu saja tidak hanya kelima blog itu yang bagus, ada banyak sekali blogger keren di BBI yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu. Termasuk beberapa member baru yang sekali-dua kali sempat saya kunjungi, dan ternyata kontennya bagus, tetapi belum sempat saya kunjungi secara teratur, juga beberapa blog yang diam-diam rutin saya kunjungi.

Sebagai penutup, saya ingin memberi bonus satu blog lagi yang tidak mungkin tidak saya sebutkan. Blogger yang satu ini sudah jelas senior, bahkan bisa dikatakan ‘bapak’nya BBI. Tidak lain dan tidak bukan adalah Buku yang Kubaca oleh Rahib Tanzil. Beliau penggagas BBI, terlepas dari itu, review beliau jangan ditanyakan lagi mengenai kualitasnya. Saya terutama menjadikan Rahib sebagai rujukan untuk buku-buku sejarah, fiksi maupun nonfiksi, terutama nonfiksi populer, karena saya sedang berusaha melek sejarah. Terkadang saya juga melihat review beliau untuk buku-buku baru, karena beliau sering dikirimi buku-buku baru oleh penerbit, hingga bisa menjadi sebuah pandangan awal.

rahib

Yah, 5 blog + 1 honorable mention, saya tidak akan curang lagi. Selamat ulang tahun BBI, semoga terus melahirkan blogger-blogger keren dan menginspirasi. Lihat blogger favorit versi blogger lain di sini.

9 responses to “#HUT5BBI : Top 5 Blog Member BBI

  1. Iya blog mba astrid asyik buat sumber nyari buku anak😀

    • Aku malah seringnya buat referensi buku dgn bau2 YA atau romance yg sinopsisnya menarik. Kalo mb.astrid suka, bisa masuk list, kalo ga berarti ga usah aja, hahaha

  2. Aku suka banget blognya mbak Annisa, bisa dibilang gara-gara baca reviewnya aku jadi keluar dari zona nyaman, baca buku di luar genre favoritku. Rahib emang nomor satu deh🙂

  3. Waaa same with me, those are my favorite book bloggers

  4. Makasih ya, Zee… Dah masukin aku ke daftarmu ini, aku jadi terharu *lap air mata bahagia* kalo aku bikin top 5 kamu pasti juga bakalan masuk deh… YAKIN, PASTI!!! Sayangnya aku lagi sibuk ini itu (sibuk nganggur maksudnya, hahahaha), jadi ga bikin. Eh aku jg suka blognya mbak Annisa, tp sayang ya jarang banget update.

Leave a Reply

