Scene on Three (116)

SceneOnThree

“Hidup membutuhkan mati. Anak-anakku, setiap mahluk mempunyai batas waktu hidup yang pada dasarnya telah disesuaikan dengan kemampuan mahluk itu dalam rangka kesemestaan. Di luar atau keluar dari kerangka ini akan menyebabkan kegoncangan-kegoncangan, baik pada semesta maupun pada yang bersangkutan sendiri.” (hal.174)

Setelah membaca Shakespeare dan beberapa play Eropa, saya jadi tertarik membaca play dari berbagai negara. Beberapa yang sudah saya koleksi termasuk Indonesia dan Jepang. Bulan lalu adalah bulan Shakespeare, mungkin sedikit banyak menggerakkan saya untuk membaca beberapa koleksi play saya.

Kutipan di atas berasal dari naskah Orkes Madun karya Arifin C Noer yang baru setengah jalan saya baca. Jujur saja, saya belum menangkap ‘tema besar’ yang disampaikan oleh penulis, tetapi tetap saja saya menemukan beberapa kutipan menarik, ide-ide kecil yang mungkin merupakan penyusun dari tema besar yang cukup samar di sini.

Konteks dari kutipan di atas adalah seseorang yang hendak mengingkari kematian, mengharapkan hidup yang lebih panjang dari yang sewajarnya. Walaupun tak mesti sepakat, konsep kehidupan dan kematian yang disebutkan oleh tokoh tersebut cukup berfilosofi. Bahwa kita hidup di dunia ini saling berhubungan dan saling mempengaruhi orang lain dan makhluk lain, pun perginya kita dari dunia ini juga akan berhubungan dan mempengaruhi orang dan makhluk lain. Hampir mirip dengan konsep perjalanan waktu yang biasanya menjadi kontroversi saat seseorang mengubah takdirnya, yang akan mengubah banyak rantai di kemudian hari. Yah, sebenarnya tidak terlalu berhubungan ya, tetapi entah mengapa saya berpikir ke sana.

Bagikan scene-mu hari ini, dan hari-hari berunsur tiga sebulan ke depan dengan :

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

Link 13 Mei 2016

Link 23 Mei 2016

Link 30-31 Mei 2016

Link 3 Juni 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s