Scene on Three (117)

SceneOnThree

Menurut dongengnya zaman kita yang serba efisien ini dibangun oleh manusia-manusia yang cacat, manusia-manusia yang tidak lengkap dan zaman ini adalah zamannya pemarah-pemarah. Rupanya badut-badut zaman pertengahan dahulu telah menciptakan lakon banyolan yang penuh darah dengan perlengkapan panggung yang tidak tanggung-tanggung. Kalau badut-badut itu mampu bangkit lagi dari kuburnya pasti mereka akan meminta maaf kepada kita semua, tapi mereka tidak akan pernah bangkit lagi dan karenanya mereka tidak perlu minta maaf. Kita yang sekarang diperlukan oleh zaman ini. Kita manusia. Kedudukan kita sedang gawat karena mendapat saingan luar biasa dari bayangan kita sendiri yang bernama komputer dan sejenisnya. Bahkan peperangan antara kita pada suatu hari tanpa kita sadari digerakkan oleh mereka! Dan dibalik mereka adalah badut-badut dan anak cucu mereka yang bernama materialisme yang produknya adalah kemiskinan dan kekafiran. (hal.281)

Scene kali ini masih saya ambil dari Orkes Madun karya Arifin C Noer. Dialog (atau monolog) itu menunjukkan gambaran buku ini secara umum menurut saya; kalimat-kalimat yang tak jelas arahnya, terkesan melantur, tetapi pada hakikatnya penuh dengan sindiran dan filosofi. Kalimat-kalimat semacam ini banyak saya temukan dalam naskah drama ini, bahkan sebagian lebih sulit dipahami ketimbang contoh di atas. Namun semakin lama memang saya semakin bisa mengapresiasi karya penulis yang satu ini.

Bagikan scene-mu hari ini, dan hari-hari berunsur tiga sebulan ke depan, caranya:

  1. Tuliskan suatu adegan atau deskripsi pemandangan/manusia/situasi/kota dan sebagainya dari buku pilihan kalian ke dalam suatu post.
  2. Jelaskan mengapa adegan atau deskripsi itu menarik, menurut versi kalian masing-masing.
  3. Jangan lupa cantumkan button Scene on Three di dalam post dengan link menuju blog Bacaan B.Zee.
  4. Masukkan link post kalian ke link tools yang ada di bawah post Bacaan B.Zee, sekalian saling mengunjungi sesama peserta Scene on Three.
  5. Meme ini diadakan setiap tanggal yang mengandung angka tiga, sesuai dengan ketersediaan tanggal di bulan tersebut (tanggal 3, 13, 23, 30, dan 31).

Link 13 Juni 2016

Link 23 Juni 2016

Link 30 Juni 2016

Link 3 Juli 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s