2017 Reading and Blogging Plan

2017! Tak terasa sudah 17 tahun sejak kita memasuki abad ke-21, dan di sini kita sudah dikelilingi teknologi yang tak terbayangkan para kakek-nenek kita, juga masih dibayangi dunia distopia yang dulu hanya dibayangkan nenek-kakek kita. Saya pernah membayangkan jika ada program migrasi ke Mars, saya akan ikut membawa buku-buku saya dan menyelesaikannya dengan tenang di sana, jauh dari hiduk-pikuk bumi dan segala permasalahannya. Internet? Kalau tidak ada ya, saya tidak akan jadi blogger lagi. Sebelumnya tak pernah terbayangkan saya bisa berhenti setelah selama ini, tetapi kita selalu belajar, kita mudah terbiasa.

Setahun terakhir saya melalui sebuah perjalanan yang terjal, mengorbankan banyak hal untuk kembali lagi ke tempat mula saya berdiri. Namun, apakah saya masih orang yang sama meski berdiri di tempat yang sama? Idealnya tidak, idealnya saya belajar, idealnya saya semakin yakin dengan tujuan saya, idealnya semuanya menuju kepada yang lebih baik.

Saya belum tahu idealisme seperti apa yang seharusnya saya pegang untuk menjalani tahun ini. Namun, saya rasa ada sebuah keputusan yang harus diambil. Menimbang semakin sesaknya rak buku dan semakin tak terkendalinya sumber buku murah.

Untuk 2017, saya akan berusaha mengembalikan rutinitas membaca dan mereview saya.

Tentunya tidak akan bisa sama seperti sebelumnya, mengingat satu dan beberapa hal yang menanti untuk diselesaikan. Yah, mengenai mekanismenya akan saya atur sendiri. Saya tetap tidak akan mengikuti reading challenges seperti tahun lalu, tetapi saya akan menantang diri saya sendiri:

  1. Menyelesaikan beberapa review buku ‘penting’ yang sudah menumpuk sejak tahun lalu.
  2. Menyediakan waktu untuk ‘merawat’ blog ini, termasuk untuk menuliskan ide-ide yang sebelumnya tertunda karena berbagai pembenaran.
  3. Mengatur mood dan kondisi sedemikian rupa sehingga tertundanya review tidak menjadi alasan untuk memulai buku baru.
  4. Menyebarkan kecintaan pada buku baik secara daring maupun luring.
  5. Tetap dalam perjalanan menemukan buku-buku yang berkesan dan luar biasa, dalam jalur yang sudah saya tapaki beberapa tahun terakhir.

Kebetulan, tahun ini tepat berakhirnya The Classics Club Project dan Children’s Literature Reading Project ronde pertama. Saya tahu hasilnya tidak sesuai dengan target ambisius saya di awal, tetapi saya masih akan melanjutkan ke ronde berikutnya dengan target yang lebih fleksibel dan mempertimbangkan efek ‘fun‘ nya.

Sekian rencana saya untuk setahun ke depan. Semoga saya berhasil menaklukkan tantangan yang saya buat sendiri.

wp-1483448212004.png

One response to “2017 Reading and Blogging Plan

  1. Pingback: Scene on Three (120): 5th Year Blogoversary | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

