#BBIHUT6 Giveaway Hop

77471-bbi2bhut2b6-01

Hari ulang tahun tak lengkap tanpa giveaway yaa, pasti sebagian orang sudah menunggu momen untuk berburu hadiah di ulang tahun BBI yang keenam ini. Setelah dari sini, kalian bisa berburu lebih banyak di sini ya, di bagian paling bawah.

Untuk kali ini Bacaan B.Zee akan memberi hadiah buku pilihan kalian sendiri, sebutkan saja judul dan penulisnya, kalau bisa disertai tautan ke Goodreads. Syaratnya:

  1. Sebutkan satu buku wishlist yang ingin kalian pilih sebagai hadiah, beserta alasannya di kolom komentar. Buku yang dipilih bebas, tidak ada batasan harga, asal bukan boxset. Buku harus dibaca dan direview (minimal review singkat 1-2 kalimat di Goodreads atau di media sosial) sebelum ulang tahun BBI yang ketujuh. Boleh ditambah alasan kenapa review kalian akan menarik untuk saya.
  2. Follow akun BBI di salah satu atau semua media sosialnya, sebutkan juga di kolom komentar.
  3. Tambahkan juga saran untuk BBI ke depan agar lebih maju, boleh usul kegiatan di dalam atau di luar anggota, atau usulan yang lain (asal jangan usul BBI melonggarkan aturan syarat blog ya, saya di barisan yang menentang keras hal itu, haha).
  4. Giveaway ini terbuka untuk siapa saja yang memiliki alamat kirim di Indonesia, tidak harus anggota BBI.
  5. Giveaway dibuka hari ini dan ditutup tanggal 30 April 2017, jadi jika time stamp di komentar sudah bulan Mei tidak terhitung lagi.
  6. Pemenang akan diambil dari yang jawaban no.1 nya paling saya suka, kalau saya bingung, akan saya lakukan undian. Keputusan pemenangnya memang subjektif jadinya, tapi tetap tidak bisa diganggu gugat ya.
  7. Pemenang terpilih diberi waktu menanggapi hingga 2×24 jam setelah diumumkan (akan saya hubungi lewat kontak yang tercantum di komentar), jika tidak ada tanggapan akan dipilih pemenang baru.

Gampang kan, cuma tinggal mengarang indah saja. Semoga beruntung!

 

34 responses to “#BBIHUT6 Giveaway Hop

  1. Nama: Ratih Dwi
    Akun Twitter: @erdeaka
    Email: erdeaka9@gmail.com
    Follow akun Twitter @BBI_2011
    Jawaban:
    1). Satu buku wish-list yang aku inginkan sbg hadiah –> Pingkan Melipat Jarak karya Sapardi Djoko Damono. Kenapa? Karena aku penggemar berat bapaknya (ente tahu sendiri lah), dan karena aku sukaaaa banget sama novel Hujan Bulan Juni jadi aku geregetan pengen banget baca lanjutannya karena ini kan entar jadi trilogi gitu. Tenang, kalo dapet bakalan cepet aku baca dan resensi dengan panjang dan penuh hikmat di blogku. Ente pasti suka resensiku (geer gyahahaha), soale kita kan sehati sejiwa penggemar beliau 😝. Eh, nggak deng. Ente pasti bakal suka resensiku karena aku bakal mendalam banget deh bikinnya 😁.
    2). Saran buat BBI –> nah, aku baru aja kepikiran sesuatu nih. Dirimu kan ngeluh apa-apa kok langsung selesai di taraf pengurus dan anggota cuma terima beres. Gimana kalo tiap menjelang akhir tahun BBI ngadain poling ato jajak pendapat, entah di Twitter ato forum, di mana anggota bisa ngasih usulan mereka maunya apa yang harus dilakukan BBI di tahun depannya. Entah itu format baca bareng, kopdar per daerah, usul permainan seru, ato sekedar usul tema obrolan di medsos supaya kita ga garing dan tambah akrab satu sama lain. Anggota juga bisa ditanya ato ngajuin diri jadi pengurus buat regenerasi, syaratnya mereka harus mau komitmen. Jadi komunitas kita jalan gitu lho. Gimana? 😊

    Salam sehati sejiwa ya, Zee. Makasih buat GA-nya.

    *habis ini nyantet BZee supaya menang*
    *ketawa setan*

  2. 1. Caraval – Stephanie Garber https://www.goodreads.com/book/show/34673451-caraval, karna katanya buku ini penuh dengan magic. Aku belum pernah baca buku fantasy yang temanya ttg sirkus gitu. Ngebayanginnya aja sudah seru banget kak.
    2. Udah follow di twitter (@nAshari3) & IG (@nashari3)
    3. Aku baru mengenal BBI, jd aku belum tahu apakah saranku ini sudah pernah dilakukan BBI di tahun2 sebelumnya, tapi aku pengen banget BBI mengadakan GathNas (Gathering Nasional) BBI biar semua member BBI semakin akrab, dan adakan bazar buku murah (bisa kerja sama dengan penerbit atau diambil dari timbunan buku BBI-ers. Hehe..)
    Terima kasih kak kesempatannya. Sukses buat kakak dan BBI

  3. Nama: Puji P. Rahayu
    Twitter: @Purahayu
    Email: prahayu(dot)pr(at)gmail(dot)com.
    Follow akun @BBI_2011 dan @EventBBI
    1. Aku mau… buku pertama dari Tetralogi Pulau Buru dong, Kak Zi. Alasannya adalah, sejak tahun 2016 lalu, aku mulai tertarik dengan genre fiksi sejarah. Nah, saat aku ngobrol sama Tutorku, dia menyarankan aku untuk membaca karya Pram. Wah, aku sebenernya udah kepo banget sih sama karya Pram ini. Jadi, aku pengin banget baca karena ini karya fenomenal dan menarik perhatianku sejak awal :” Keinginanku ini semakin kuat karena aku membaca Pulang dan Entro. Yaa, kenapa enggak untuk mencoba membaca karya Pram? Toh, aku bisa membayangkan banyak unsur sejarah yang bertebaran di sini 😀
    2. Kalau saranku untuk BBI, well, aku anggota baru sih. Baru masuk tahun 2016. Jadi, aku nggak terlalu tahu huru-hara dalam BBI. Akan tetapi, mungkin benar apa kata yang lainnya. Nggak usah terlalu muluk membuat Kopdar Akbar kalau memang semisal belum siap untuk melaksanakannya. Tapi bukan berarti hal ini nggak mungkin untuk dilaksanakan. Kemudian, mungin memang harus ada setidaknya pengenalan pengurus :” karena semenja aku masuk, aku nggak terlalu tahu pengurus BBI itu siapa saja. Kecuali yang udah aku kenal lewat media sosial. Akan lebih baik kalau memang ada perkenalan pengurus. Lalu, mungkin wacana untuk regenerasi pengurus sendiri memang harus dilakukan. Dan mungkin, harus dilakukan open recruitment supaya semuanya terlibat dan merasa memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi pengurus. Tentunya, harus ada seleksi yang jelas supaya jajaran pengurus yang dihasilkan semain baik.
    Selebihnya, tetap semangat untuk BBI! Baik untuk para pengurus maupun anggota!

    Thank you, Kak Zi atas giveawaynya! *semoga aku menang. haha.

  4. Wardah
    @missfiore_
    sepuluh.cokelat@gmail.com
    follow twitter @bbi_2011 dan @eventbbi
    Wishlist:
    Mau banget Six of Crow karya Leigh Bargudo. (yang ini: https://www.goodreads.com/book/show/23437156-six-of-crows?ac=1&from_search=true)
    Udah kepingin sejak lama, sejak novel itu terbit, tapi terus keinginan itu tak pupus karena yakin nggak bakal ada terjemahannya. Seri utamanya aja ga lanjut terjemahannya hiks. Lalu, dengar kabar bahwa bukunya cuma dua. Seri ini cuma duology. Akhirnya setelah bersemedi, aku putuskan mau mengoleksinya. Toh cuma dua. Beban buat belinya ga bakal sebegitunya. Paling cuma butuh diet ketat aja sebentar. Siapa tahu dapat kesempatan di sini :”D
    … sebenarnya rada bersalah karena buku dari mb bzee kemarin aja belum tak baca T_T mana bukunya udah tak masukin di kontainer karena rak bukuku mau ambruk hiks alhasil jadi malas bukanya. Semoga habis kelar skripsi bisa cicil buku itu.
    Nah, buat Six of Crow… aku nggak yakin mbak bakal tertarik bacanya. Secara novel itu bukan genre yang mbak baca eh. Tapi mbak mungkin bakal tertarik membaca review-ku karena ditulis sepenuh hati. Katanya, tulisan sepenuh hati itu bakal menyentuh hati pembaca kan? Nah, aku cukup yakin nih ❤
    Saran buat BBI:
    engg, sebelumnya aku udah sedikit kasih saran di postingan hari ultah BBI. Aku ngga tahu sih bakal berefek seberapa besar kalo ngadain kopdar rutin Jogja dan diumumin di medsos BBI, tapi semoga aja jadi ruang buat member BBI yang belum kenal siapa-siapa berkenalan dengan member lama. Seperti ceritaku sendiri pas baru gabung BBI ini 🙂

  5. Hai Bzee, aku ikutan ya..
    Nama: Dhila
    Twitter: @fadhilatulip [aku follow akun twitter BBI_2011 & akun divEventBBI)
    email: kukilasbuku[at]gmai[dot]com
    Jawaban:
    1. wishlistku: “Petani Priyayi dan Mitos Politik (Buku Esai)” karya Alm. Kuntowijoyo terbitan diva press. Alasannya simpel, karena aku mengagumi tulisan2 beliau. Aku pikir rasanya pantas aku mengoleksi karya-karya sejarawan sekaligus sastrawan seperti pak Kunto. Ada beberapa buku pak Kunto yang udah aku beli, tapi sudah aku berikan ke orang lain karena kutahu orang itu memang senang membaca karya sastra seperti tulisan pak Kunto. Sekarang ini aku lagi mau nyicil kumpulkan buku2nya lagi.
    2. saran buat BBI, ayo dunk aktif lagi di twitter. kayak dulu aku pertama kali kenal BBI. Dulu rasanya seneng banget kalo aku mention BBI di twitter langsung dibalas. Yah mungkin ada kesibukan tersendiri sih ya. Aku juga tidak maksa kalau memang admin sibuk. Tapi ya itu tadi aku rindu masa2 dulu dimana admin sangat interaktif sama anggotanya. serasa diperhatikan dan dirangkul gitu deh hehe.

    Trims Bzee.. 🙂

  6. Rimadian Ulfa Yusfia

    Nama: Rimadian Ulfa Y.
    Email: rulfayusfia@gmail.com
    Akun twitter: @AdinRim
    Follow: @BBI_2011 @EventBBI
    Wishlist: An Ember in The Ashes-Sabaa Tahir(www.goodreads.com/book/show/27774758-an-ember-in-the-ashes?from_search=true)
    -alasan: krn aku emg suka novel terjemahan fantasy gitu, dan katanya novel ini ada unsur mata2nya juga, perbedaan derajat, dan action. Terus pas baca review di GR, katanya banyak twistnya. Nah, aku suka banget novel berat kayak gitu. Oh ya, Ember ini mau difilmin, jadi aku harus baca bukunya dulu. Hehe
    -alasan review goodreads menarik perhatian: soalnya akalau ngereview di GR itu paling isinya cuma kesan pesan setelah membaca, dan jarang bgt spoiler alert gitu. Paling-paling aku cuma bilang kalau ternyata novel itu tuh kelebihan kekurangannya ini-itu. Jadi dipastikan bahwa yg membaca akan penasaran.
    Pesan: saya bukan member BBI, jadinya gak tau apa kegiatannya, tapi kalau boleh saya saranin buat lebih sering memperkenalkan tentang BBI untuk meningkatkan minat membaca yg masih sedikit 🙂

  7. 1. Rahvayana 2: Ada Yang Tiada karya Sujiwo Tejo (https://twitter.com/umimarfa/status/853427306232127488), alasannya saya mau melengkapi koleksi Rahvayana, sebenarnya Rahvayana 1 ada di teman lelaki saya dan saya ditantang untuk memiliki yang kedua, biar kita kaya punya masing-masing lalu dishare gitu loh, dan masih ada keinginan nanti kita berburu tanda tangan penulisnya bersama karena kami sama-sama suka Mbah Tejo. Terus tertarik karena selain ada CDnya yang tentunya berbeda dengan buku pada biasanya, pembawaan Sujiwo Tejo yang unik dan mengaitkan semua ketidakmungkinan menjadi mungkin dalam paradoks, membuat orang-orang memahami lebih dari segi masing-masing melalui tokoh pewayangan.
    2. Saran untuk BBI mungkin membuat buku antologi anggota gitu, atau ini sudah pernah? Hihi maaf saya nggak tau, bukan eh belum jadi anggota :’)
    Marfa
    Follow akun @BBI_2011 dan @EventBBI
    Twitter: @umimarfa

  8. Buku wishlist-ku adalah Raden Mandasia Si Pencuri Daging Sapi karya Yusi Avianto Pareanom. Buku ini sudah masuk wishlist sejak 2016. Belum kesampaian beli. Buku ini menuai banyak pujian karena cerita dan gaya bahasanya sukses memikat pembaca. Walau pun terbilang tebal, selama kualitas luar dalamnya keren, bukan kendala menyelsaikan.
    Saya juga mendapatkan banyak apresiasi atas buku ini. Buku lokal yang terbilang menggemparkan, walau pun belum sehebat buku Harry Potter. Lho kenapaa bisa jago kandang saja. Ini yang kemudian saya juga pertanyakan, bahkan kalau saya menyebut judul ini di kantor, masih banyak yang belum tahu. Nah kesempatan bagus, jika saya bisa mendapatkan buku sebagus ini, saya harus menyebarkan informasinya kepada mereka yang bukan pecinta dan pembaca buku.
    Untuk tahun ini, tepatnya ulang tahun BBI yang ke-6, harapan saya semoga BBI bisa menyasar kampanye bagi mereka yang bukan pembaca dan pecinta buku untuk membaca paling sedikit 5 buku setahun. Saya yakin masih banyak di luar sana yang selama setahun tidak membaca 1 buku pun.
    Nama: Hapudin
    Follow akun BBI dengan akun: @adindilla

  9. Nurina
    @KendengPanali
    nurinawidiani84(at)gmail(dot)com
    Follow twitter BBI & div event BBI

    1. Soal wishlist, bingung juga. Sepertinya kok nggak enak menginginkan sesuatu sementara buku di timbunan masih ada & belum sempat dibaca. Tapi bagaimanapun saya tetap kepengen punya buku 24 Jam Bersama Gaspar: Sebuah Cerita Detektif karya Sabda Armandio yang akan diterbitkan Mojok (link di sini https://www.goodreads.com/book/show/34300076-24-jam-bersama-gaspar?ac=1&from_search=true ). Buku ini termasuk karya unggulan sayembara DKJ 2016. Tentunya akan aku review semampuku, karena jujur.. nulis review buku seperti ini lumayan susah bagiku. Semoga nanti bisa menyajikan ulasannya dengan cantik & bikin orang² tertarik baca buku² sejenis ini. Oh ya.. seandainya dpt buku ini lumayan menantang juga karena resolusi thn ini adalah, satu buku yg didapat/dibeli = membaca 2 buku timbunan. Wkwkwk~

    2. Saran untuk BBI apa ya.. kalau dirasa kopdar akbar terasa sulit dilakukan (karena kendala pekerjaan, keluarga, waktu, dll) kopdar per wilayah saja dulu, lalu dibuat postingan atau laporannya dan dishare di medsos. Kalau bisa sih medsos diaktifin lagi, karena mungkin dengan kehadiran admin, rasa segan antara member yg belum kenal bisa termediasi. Bisa juga tiap hari tertentu dalam sebulan, atau dua pekan, buat diskusi di medsos. Pekan ini di twitter, pekan depan di facebook, pekan berikutnya di forum, bahas apa aja yg santai, fun tapi tetap informatif. Kalau di twitter, netizen non member bisa ikut memantau & jadi tertarik nimbrung. Kalau di facebook & forum, bisa menambah kedekatan internal. Terus apa ya…. Hahaha maaf saya miskin ide *gelundungan*

  10. Yanti
    @NelyRyanti
    Follow BBI dan Div event BBI
    1. Whislistku sebenarnya banyak…tapi kalau diminta nyebutin satu, Aku pengin RUMAH KERTAS..karya Carlos María Domínguez. dari terbit awal sudah mupeng dan belum kesampaian beli, apalagi lihat review temen2 yang ngasih bintang 4 atau 5. Saya akan review rumah kertas ini, agar makin banyak orang yang teriinspirasi membaca, karena rumah kertas ini bercerita tentang perpustakaan dan ragam tipe pembaca
    2. Saran BBI ; lebih banyak ngadain acara yg offline, biar mudah bisa ber wilayah, sehingga lebih menambah solid member BBI yang sudah makin banyak

  11. Bety Kusumawardhani

    1). One by Sarah Crossan terbitan Penerbit Spring (https://www.goodreads.com/book/show/23524610-one) yg sukses memenangkan beberapa award seperti Carnegie Medal (2016) dan YA Book Prize (2016). Alasan aku ingin buku ini karena aku sudah lama tidak membaca diary dan mendengarkan curhatan dari orang lain. Menurut review dari beberapa blog yg aku baca, membaca novel ini seperti membaca buku harian dari seorang gadis kembar siam. Sudut pandangnya dari gadis bernama Grace. Baru kali ini aku menemukan novel yg tokoh utamanya kembar siam, tidak terpikirkan ide seperti ini. Aku ingin belajar bersyukur dan memaknai hidup dari novel ini.
    Alasan review ku menarik untuk kakak baca karena aku masih tahap belajar membuat review yg benar dan persuasif, jadi aku membutuhkan seseorang yg bisa mengkritik dan memberi masukan terhadap review ku tsb. Seseorang itu yg sudah terbiasa me-review, seorang blogger dan anggota BBI yaitu kak Busyra.
    2). Follow akun twitter >> @bety_19930114
    3). Saran untuk BBI, aku tidak tahu sudah pernah atau belum. Sebulan sekali BBI mengadakan giveaway dengan tantangan menulis cerpen dengan tema tertentu untuk pembaca/pengunjung blog. Di lain waktu, gantian para blogger yg ditantang bikin cerpen tema tertentu dengan jurinya pengunjung blog, pemenang dipilih sistem voting gitu. Atau bisa juga ngadain lomba foto bookstagram paling kece tiap bulan nya 🙂

  12. Dias Shinta Devi
    @DiasShinta
    Follow twitter @BBI_2011 dan @EventBBI
    Wishlist-ku sebenernya “Karya Agatha Christie: Kumpulsn Kisah Terbaik Hercule Poirot (The Best of Hercule Poirot). (di : https://www.goodreads.com/book/show/34253462-the-best-of-hercule-poirot—kumpulan-kisah-terbaik-hercule-poirot)
    Alasannya karena belum juga kebeli buku ini untuk memuaskan rasa penasaranku, judul-judul yg ada di buku tsb belum pernah aku baca :”)
    Naasnya rating buku tersebut itu bintang 5 di GR tp aku belum baca, hiks 😥
    Saran BBI dari aku, gimana kalau BBI sering-sering adain tantangan di medsos. Asik-asikan aja gitu, kan udah ada tantangan baca bulanan, gimana kalau tantangan baca per tanggal peringatan penting? 😀

  13. Nama : Ahmad Rosyid Mustaghfirin
    Akun Twitter : @ahmadrosyidmus
    Domisili : Yogyakarta
    Salah satu buku yang ingin kumiliki tahun ini adalah buku “Surga di Andalusia” (nonfiksi) oleh Maria Rosa Menocal. Alasan kenapa ingin memiliki buku ini adalah karena saya tertarik mengkaji sejarah peradaban Islam di Andalusia. Selain itu, saya tertarik mengkaji (dari buku ini) bagaimana ketiga agama Ibrahimi yaitu Islam, Yahudi, dan Kristen (pada masa itu) bisa hidup dalam satu harmoni saling bekerjasama hingga dapat mencapai sauatu peradaban keilmuan yang tinggi. Dan dari buku ini semoga bisa menjadi bahan refleksi diri dalam menyikapi polmik agamis yang akhir-akhir ini sedang menjamur. Alasannya apa lagi ya? Ya, pokoknya saya tertarik dengna sejarah keislaman, hehe.
    Untuk reviewnya, karena buku ini adalah buku sejarah, jadi mungkin reviewnya nanti akan berupa refleksi pemikiran yang aplikatif 😀

  14. sandraartsense

    Salam kenal Kak
    Nama: Sandra Hamidah
    Email: Sandra.artsense@gmail.com
    Twitter: @Sandra_artsense sudah saya follow ya kak!
    Blog: sandraartsense.com
    Buku impian saya saat ini adalah Love is… karya Illustrator Korea Puuung buku yang pertama, alasannya simpe karena saya seorang Seniman dan senang membaca keindahan juga, semoga kalau saya punya buku ini jadi bisa Illustrator sekaligus Penulis buku romantis artistik juga hehe^^
    Untuk BBI, saya masih awam, baru kenal, nyesel ga kenal dari dulu huhu jadi belum tahu perjalanannya seperti apa, saya harap sih BBI semakin sukses, mungkin saya nanti bisa ikut kumpul Blogger supaya bisa menambah wawasan, inspirasi dan membatu pemerintah dalam meningkatkan minat baca buku di negeri ini aamiin.

  15. Haloo kak salam kenal.. Dan terima kasih untuk pilihan hadiahnya ini sangat membantu aku jika seandainya menang nanti.hehehe
    Kalau ngebahas Wishlist nggak akan habis-habisnya deh kak, seakan wishlist itu memang kekal abadi bangett masa kadaluarsanya. heheh.. Okee, berhubung kakak cuma izinkan 1 wishlist aja, setelah aku ubrak-abrik kumpulan wishlit aku, aku milih bukunya The Passionate Marriage karyanya Indah Hanaco.
    Ini link bukunya di GR > https://www.goodreads.com/book/show/34612030-the-passionate-marriage
    Kenapa? Karena aku salah satu pengikut novel2nya kak Indah sih (walaupun belum semua aku baca juga). Tp untuk buku yg satu ini incaran aku bangett di tahun ini. karena buku ini lanjutan dari novel pertamanya Delicious Marriage kak Indah. Dan aku sampe rela baca ulang novel pertamanya biar ingat lagi dengan isi ceritanya seperti apa (krn nocel yg satu ini menurut aku sih nggak akan ada bosannya).
    Dan lagi jika aku mendapat novel ini dr kakak, tentu saja aku akan ngereview dengan senang hati. Karena aku orangnya memang kebetulan suka buat review juga diblog dan di Goodreads. Apalagi ini salah satu buku dr penulis favorit aku dengan senang hati bakal aku review tanpa harus di suruh2. hehehe
    Dan review saya, ada yang berbeda dr yg lainnya pasti (makanya kak jangan lupa menangin aku okeeyy *kedip2 mata)
    Follow Twitter : @BBI_2011 @@EventBBI
    Follow IG : @bbi_2011
    Bergabung di Fanpage : Blogger Buku Indonesia
    Berhubung aku tinggal jauh dari Ibu Kota, usul aku untuk BBI,kalau ada event2 tertentu,atau ada ngadain kopdar, sekali-kali ngadainnya di Aceh aja kenapa sihh?? 😦 Aku kan pengin jga ngumpul bareng teman BBI lainnya, pengin kenal dekett.. hehehe
    Nama : Pida Alandrian
    Twitter : @PidaAlandrian92
    Email : shafrida.alandrian92

  16. Fitra Aulianty

    Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies

    1. Aku pengen Cress – The Lunar Chronicles #3
    Alasannya karena dua buku sebelumnya dari seri ini keren banget. Cinder dengan petualangannya yang rumit. Lalu Scarlet dengan kisah jatuh cinta dalam sehari dengan Wolf si serigala yang kemungkinan besar adalah musuhnya 😂
    Seri ini sendiri merupakan seri yang menggabungkan dongeng-dongeng terkenal ke dalam satu kisah menarik. Diawali dengan Cinder (Cinderella) yang adalah cyborg dari bumi. Lalu Scarlet (Kerudung Merah) yang adalah pilot. Cress sendiri sepertinya adalah bagian IT yang tinggal di bulan. Berarti Cinder butuh pilot untuk ke bulan untuk mencari rahasia tentang masa lalunya. Lalu di bulan sendiri ia harus berhadapan dengan ratu jahat yang adalah Ibu Tiri Winter (Snow White).
    Aku penasaran dengan kisah mereka ini 😀 bagaimana cara mereka mengalahkan Ibu Tiri Winter alias Ratu Bulan itu? Tapi sebelumnya aku penasaran gimana kisah cinta Cress dan Throne xD kata gosip yang beredar di timelineku, mereka manis xD padahal di seri kedua, si Throne ini usil, bukannya manis wkwk makanya aku gemes tiap bayangin Throne manis xD seperti ada perubahan besar pada si DPO usil satu ini

    2. Follow BBI dengan twitter @fira_yoopies

    3. Saranku kalau sebelum-sebelumnya event bulanan BBI lebih banyak ke artikel tentang review buku, gimana kalau ke deoannnya boleh artikel lain tapi tetao berhubungan dengan buku. Kayak BBI Hop ini 😂 puas banget baca artikel menarik dari para bloger. Tapi aku sebagai anggota belum bisa ikutan. Pengen nyoba ikutan di kesempatan berikutnya. (Apalagi kak, buat yang lagi puasa jajan, ngeliat artikel pengetahuan itu rasanya surga banget, jadi lupa ngiler sama buku baru 😂 )

  17. Nama: Didi Syaputra
    Twitter: @DiddySyaputra
    Email: syaputradiddy@gmail.com
    Follow Via Twitter; @BBI_2011

    Mungkin ini terkesan sangat telat kali ya. Mengingat beredarnya novel ini sudah dari 2016 lalu. Dan gak mungkir, sejak awal rilis aku sudah begitu tertarik dengan maha karya satu ini. Terlepas karena memang pamor penulisnya yang gak disangsikan lagi popularitasnya, juga atas dasar kisah yang ditulisnya selalu saja sarat makna dan ril dalam kehidupan sehari-hari. Hanya saja sayangnya hingga sekarang belum berhasil mengadopsi kisah utuhnya. Sebab kapasitas sebagai mahasiswa kos-kosan biasa yang belum punya penghasilan, ya mau gak mau harus benar-benar menekan angka pengeluaran, terlebih jika masih banyak yang perlu didahulukan pemenuhannya.

    Habiburrahman el-Shirazy. Satu nama penulis yang gak pernah kusangsikan kepiawaiannya dalam meramu kata. Bahkan beberapa film yang diadaptasi dari karya beliau selalu saja menuai sukses. Karena ya kualitasnya memang sudah diakui dunia internasional. Kali ini di 2016 beliau kembali dengan sekuel baru film suksesnya; Ayat-Ayat Cinta 2. Sekuel Ayat-Ayat cinta yang sekitaran 5/6 tahun dinantikan perilisannya. Terutama karena banyak hal yang menyita perhatian publik terhadap karya fenomenal ini.

    Nah, kali ini sangat-sangat berharap punya kesempatan menuntaskan kisah utuhnya sebelum diadaptasi ke ranah perfilman. Karena di AAC1 lebih dulu nonton daripada baca. Memang sih isu baik ini belum sentar ke berbagai media mengenai adaptasi AAC2, namun sebenarnya di beberapa tweet kang Abik sudah cukup jelas konfirmasi kebenarannya. Dan jujur sangat-sangat penasaran dengan kisah utuh AAC2. Lebih lagi banyak pembaca merekomkan novel ini. Apalagi sekuelnya kali ini sangat banyak menyuguhkan hal-hal baru. Rasanya gak afdhol sekali kalau belum baca sekuelnya dan lagi harus keburu didahului filmnya tayang. Karena jujur sejujur-jujurnya aku itu sangat terpacu untuk membaca lebih dulu daripada menonton. Lebih berkesan. Karena sebelum menonton film utuhnya, imajinasi baca terasa lebih luas, lebih leluasa membayangkan tiap scene kisahnya dan finalnya nanti ketika menyaksikan langsung dalam bentuk film. Bisa dibilang lebih suka membayangkan terlebih dahulu dibanding menyaksikan.

    Dan lagi jika berkesempatan mengadopsi AAC2 milik kang Abik ini, mengingat filmnya yang akan segera rilis, tentu saja ini akan jadi sinyal baik bagi aku pribadi. Terutama dalam review. Sepintas kebanyakan review hanya berfokus pada review buku saja atau hanya film saja dan sebenarnya juga ada yang langsung membahas dua-duanya; buku dan film, sayangnya presentasinya sangat-sangat sedikit. Maka menariknya kali ini review tersebut akan kukolaborasikan antara buku filmnya, sekaligus meramaikan review book and film adapter. Tentunya saja nantinya pembaca akan lebih banyak tahu perbedaan yang mungkin saja ada antara adaptasi film dan buku aslinya, yah mungkin gak terlalu signifikan juga perbedaannya, tapi ini akan jadi hal yang luarbiasa juga pengetahuannya bagi pembaca awam sepertiku, semisal kelebihan dan kekurangan masing-masing antara buku dan film, sinkronisasi kisah yang mungkin saja dirombak, belum lagi peng-cut-an setting karena bisa jadi mustahil dipakai di filmnya dan masih banyak lagi. Dan terutama karena sedang gencar-gencarnya menulis review di Instagram, sangat berharap novel ini bisa jadi salah satu referensi buku bagus yang bisa kubagikan, seenggaknya bacaan yang kubagikan benar-benar sesuai passion baca pribadi, bukan sekedar pemenuhan permintaan penulis saja ;D.

    Dan untuk BBI, saran dari pembaca awam, terlebih aku pribadi sepertinya gak begitu diperlukan. Hanya saja sedikit usulan kegiatan di luar anggota untuk BBI, terutama kegiatan ‘Terapi Baca’ yang dikhususkan bagi pembaca awam yang masih mandek- turun naik kecintaan akan bacaannya. Bisa dibuat ‘how to love read,’ gimana supaya lebih cinta baca, atau cara baca yang unik biar gak bosan dan makin cinta dengan membaca itu juga bisa diterapkan atau berbagi kiat-kiat biar bisa jadi polygamistreader dan lain sebagainya. Dan sasaran utamanya menggantikan fungsi gadget yang lumrahnya sebagai media game dengan media baca.

    Terima kasih.

    • Lokasi kegiatan; bisa dibuat baca keliling, tour baca ke daerah-daerah tertentu atau sekedar via sosmed. Tapi akan lebih efektif bertemu langsung dengan pembaca, lebih terasa take and gift-nya. Sebut saja ‘Training Terapi Baca’ ;).

  18. rico martha
    @richoiko
    ricko.mr@gmail.com
    follow akun twitter @BBI_2011 & like fanpage BBI di facebook
    Jawaban:
    saya kepengen buku A Monster Calls. saya seriiing sekali menemui ulasan positif ataupun tanggapan bagus dari buku itu. kebanyakan mengatakan meski judulnya “monster” yang pada umumnya dianggap seram, isi cerita dari buku karangan Patrick Ness itu justru berkebalikan dari nuansa seram dan menakutkan. justru aura kesedihan dan kisah yang menyentuh yang ditemui. ah saya tak bisa berucap banyak karena saya anti spoiler jadi nggak terlalu detil baca ulasan mereka yang sudah baca.
    kalau usul untuk BBI, hmm saya sudah menuliskan di postingan blog. namun untuk sekarang mungkin bisa dibagi ruang lingkup socmed dan atau lini digital milik BBI agar semuanya bisa saling menunjang dan tidak tumpang tindih atau malah saling sepi hehe.

  19. 1. Aku mau Passionate Marriage nya ka Indah Hanaco yang baru terbit itu loh ka. Aku pengen baca buku ini, karena ini buku sekuel dari buku pertamanya yang terbit tahun sebelumnya -Delicious Marriage-. Pengen banget karena selain aku udah baca buku pertamanya, kepribadian tokoh utama pria di Passionate Marriage itu yang bikin penasaran banget sewaktu aku baca Delicious Marriage. Apalagi ditambah aku yang suka banget sama novel dengan tema pernikahan, dan ini karya ka Indah Hanaco (aku kan fans-nya :))
    Insyaallah aku akan mereview-nya. Review aku mungkin akan menarik karena aku masih belajar untuk mereview, perlu koreksi di sana-sini, butuh masukan kritik dan saran yang sangat membangun dari yang lebih berpengalaman dalam hal mereview.
    Link Goodreads : https://www.goodreads.com/book/show/34612030-the-passionate-marriage
    2. Follow via Twitter : @RaaChoco
    3. Mungkin BBI bisa menjadwalkan pertemuan 1 bulan sekali untuk para anggota BBI yang tinggal di satu kota yang sama dan 1 pertemuan di akhir tahun yang jika bisa dihadiri oleh semua anggota, tapi tidak diwajibkan dan tidak memberatkan bagi anggota, yang bisa silahkan hadir. Nah pertemuan 1 bulan sekali itu bisa diisi dengan talkshow mengenai BBI dan buku, pastinya sebelum ini diselenggarakan, diadakan pendaftaran sebelumnya bagi umum. Sewaktu talkshow bisa sekalian diadakan bazaar atau mengumpulkan buku-buku yang ingin disumbangkan oleh para anggota (baik itu buku koleksi pribadi atau memang sengaja membeli) untuk disumbangkan pada taman bacaan atau dibagikan kepada pengunjung.
    Bisa juga mengadakan lomba membaca perbulannya. Tema ditentukan, bisa berdasarkan genre, fiksi atau nonfiksi, penulis dalam atau luar negeri. Diadakan untuk anggota dan umum, berhadiah voucher buku untuk 2 pemenang dari peserta yang terbanyak membaca buku (diharuskan untuk memfoto dan memposting buku yang akan dibaca ke twitter atau IG dan memention BBI). Pemenang itu diambil 1 dari umum dan 1 dari anggota BBI, lumayan bisa untuk mengurangi WL buku yang menumpuk (voucher buku ditentukan oleh BBI sendiri).
    *maaf kalo usulnya kemulukan atau terlalu menggurui atau terlalu lebay, semoga kedepannya BBI semakin dikenal dan semakin banyak anggotanya.*

  20. 1) Menjadi salah satu Nominasi Goodreads Choice 2016 untuk Genre Science Fiction, Dark Matter (https://www.goodreads.com/book/show/27833670-dark-matter?from_search=true) sudah menarik perhatianku. Buku ini mengangkat tema scifi dengan fisika kuantum untuk menjadikan ceritanya bisa dipahami dan memperkuat jalan cerita. Itu yang aku dengar dari salah seorang teman yang sudah membacanya. Aku yang mulai mencoba genre ini tentu saja makin penasaran. Katanya versi terjemahan Dark Matter juga sudah on the way di Indonesia tapi masih lamaa. Katanya Dark Matter ini lain dari novel scifi yang lainnya, meskipun ‘berat’ dengan tema, tapi justru sainsnya menguatkan fiksi. Wah, apalagi di Indonesia jarang banget kan scifi dapat perhatian lebih dari para pembacanya. Aku jadi tertarik banget pengen baca dan mereview buku ini. Karena selain mereview bukunya aku juga belajar bikin writing hacks, soal teknik menulis, cara menulis, trik yang dipakai penulis di buku yang aku review untuk membantu pembaca dan penulis-penulis lain memahami bukunya selain itu juga harapanku bisa membantu kebuntuan penulis lainnya. Feature writing hacks di blog buku aku masih baru, aku membuatnya bukan karena aku editor atau apa, sebagai pembaca biasa yang ngamatin satu karya. Awalnya iseng bikin feature ini, tapi setelah aku buat akhirnya aku merasa mendapat lebih banyak manfaat dengan membuat writing hack itu, semooga juga bermanfaat buat pengunjung blog aku. Hehhe kok jadi promosi blog sendiri. Tapi ya gitu deh, pokoknya.
    2) Follow BBI via https://twitter.com/sofiadheril (@sofiadheril)
    3) Karena aku juga masih baru di BBI, aku berharap lebih dengan event-event online dulu seperti ini. Soalnya domisili ada di kota yang lumayan terpencil dari kegiatan-kegiatan kece seperti komunitas blog. BBI dan member-membernya sudah sering ngadain event2 seperti blogtour, giveaway, dan lain-lain. Aku bersyukur dengan itu, karena bisa mengenal lebih banyak blogger buku lainnya. Saran aku, semoga semua anggota BBI bisa solid dan sering bikin event seperti ini. Apa lagi buat menjangkau member yang masih baru dan sulit melakukan kopdar karena terpaut jarak jauh.

  21. Nama: Ana Bahtera
    Twitter: @anabahtera
    Email: anabahtera@yahoo.co.id
    Follow : @BBI_2011 @EventBBI
    wishlist aku Life nya Uwaraa Montgommery.
    karena diawali covernya yang sangat kusukai. Ungu. sama seperti warna rambuh tokoh utamanya, Fee.
    novel ini pernah dipublish di wattpad, tapi saya belum sempat baca keseluruhannya jadi mudah2n saya mendapatkan novel yang penuh konflik dalam kisah perjalanannya, tentang pengorbanan n kasih sayang, tentang menepiskan keegoisan demi orang2 yang tersayang.
    wish me luck.
    Aku baru saja mengenal BBI, mungkin baru 3tahunan.
    Saran nya, BBI bisa membuat agenda bazar koplri dari para member BBI, dan juga membuka cabang BBI gathering di pulau-pulau lain karena aku yg di pulau berbeda ini benar-benar tidak dapat akses kegiatan kopdar BBI.
    Selamat masuk TK B BBI
    *di sini 7 tahun masuk SD nya*

  22. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com
    Follow akun: @BBI_2011 & @EventBBI

    1. Buku “2” by Donny Dhirgantoro
    Alasan kenapa mau buku ini? Karena buku ini berisi tentang bukutangkis, sementara aku sendiri adalah badminton lover garis keras, jadi bisa dibilang kalau buku yang berkaver merah ini wajib dijajal olehku. Setelah cukup puas dengan novel 5cm dari si author, aku jadi penasaran juga sama si 2 ini. 🙂

    2. Saran buat BBI? Hmm, apa yaaa? Mungkin ada baiknya kalau BBI bikin event khusus untuk yang bukan/belum jadi anggota BBI. Misalnya kayak sayembara atau challenge bacaan genre tertentu (duh yang ini udah mainstream ya, atau apa deh yang lain) tapi dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama. Maksimal 1 atau 2 bulan misalnya. Event ini semacam penjaringan dan “ngiklan” juga sebelum BBI buka perekrutan anggota baru. Hal ini gunanya supaya yang tadinya belum jadi blogger buku jadi lebih tahu sama BBI, merasakan keseruannya, dan akhirnya mau gabung deh dengan BBI. 😀

  23. Nama : Khaerunnisa
    Akun twitter : @NhisaMinoz75
    E-mail : khaerunnisa0198[at]gmail[dot]com
    Follow akun : @BBI_2011
    1. Pengen bukunya Kak Aniqotuz Zahro yang berjudul Oon In Action. Sebenarnya udah pernah baca di wattpad 2 tahun lalu waktu masih SMA. tapi sayang karena adanya plagiat cerita ini harus di berhentikan. jadinya gak bisa baca sampai selesai, beberapa bulan lalu sempat di repost kembali tapi karena proses penerbitan ceritanya harus di berhentikan kembali lagi. Dan sekarang ceritanya udah lahir dalam bentuk cetak semoga bisa meluk Si Oon yang centil, yang gak ada malu-malunya, dan si Kak Melvin yang tampan yang hatinya sekeras batu wkwkwk.
    2. Saran saya buat BBI semoga bisa ngadain acara kumpul bareng Member BBI dan untuk mengisi acara, bisa di lakukan dengan perkenalan antara member baru dan member lama biar bisa saling kenal, terus bisa juga BBI dan para member BBI ngadain kegiatan ke desa-desa atau kampung-kampung terpencil untuk berbagi buku-buku mereka yang masih layak baca kepada masyarakat di desa/kampung tersebut. Karena di desa/kampung perpustakan bisa di bilang sangat jarang di temukan sehingga niat baca masyarakat sangat kurang, mungkin dengan adanya bagi buku untuk masyarakat dari BBI dan para member dapat membuat minat baca mereka tumbuh. Terima kasih.

  24. Nama: Eni Lestari
    Twitter: @dust_pain
    Email: shinra2588@yahoo.com
    Follow akun twitter: @BBI_2011
    1. Elantris. alasan kenapa pengin buku ini karena udah sejak lama penasaran sama buku ini gara2 baca reviewnya di GR ~> https://www.goodreads.com/book/show/25369153-elantris. aku suka banget sama novel bergenre fantasi. lihat review positif Elantris, aku pengin banget baca. pas buku ini lagi booming2nya, aku beberapa kali ikut GA yang menghadiahkan novel ini. sayang, aku masih belum beruntung. kalo beli harganya masih mahal. entah kenapa gak didiskon2 *plak :p semoga kali ini aku beruntung bisa mendapatkan novel ini, karena emang udah kuidam2kan sejak lama 😀
    2. saran buat BBI, hmm… mungkin bisa lebih aktif di medsos seperti twitter. jujur, walau follow twitternya BBI, tapi aku gak tau apa2 tentang BBI. mungkin bisa dijadwal gitu tweet-nya. aku gak tau siapa yang mengurus medsos BBI, tapi aku pengin twitternya lebih aktif aja dan kasih info yang bermanfaat tentang perbukuan 😀

  25. 1) Fantasteen Saving Ludo karya kak Ziggy: https://www.goodreads.com/book/show/33649435-saving-ludo?from_search=true
    Aku sudah pernah baca free samplenya di Google Books, kata2 yg dirangkainya memang indah tapi nggak nyastra yg bosenin. Buku Saving Ludo ini ceritanya tentang iblis bernama Alice yang punya toko pengabul keinginan. Aroma fantasinya pekat.
    Bukan cuma fantasi tiada batas, tapi buku kak Ziggy juga menyuguhkan selipan pengetahuan sama amanat yang nyantol banget tapi halus penyampaiannya.
    Karna aku memang selalu tulis review buku2 yang sudah kubaca aku nggak akan lewatkan Saving Ludo masuk review list buat 2017 ini. Silakan baca review-reviewku di Goodreads: https://www.goodreads.com/review/list/31639949-regina-putri?order=d&sort=review&view=reviews
    2) Follow twitter BBI dgn akun: @inase_michaelis
    3) Usul untuk kemajuan BBI aku agak bingung. Mungkin bisa adain nobar terbuka dgn anggota maupun non anggota film2 yang diadaptasi dari buku. Usul juga lomba fanart untuk buku2 tertentu,karna masing2 orang punya bayangannya sendiri buat gambaran bacaan2nya. Kalo lomba fanart mungkin lebih seru kalo pake buku2 yang nggak ada ilustrasinya hehe.

  26. Nama : Ikal Harun
    domisili : Gorontalo
    twitter : @justikal
    email ; email.khalu@gmail.com
    1. Ayah – Andrea Hirata
    saya selalu tertarik kepada genre novel realistic fiction yang membahas hal-hal yang di sekitar kita dan konflik-konflik yang ada di dalamnya. karena dengan begitu saya menyadari bahwa kita bukanlah satu-satunya orang yang memiliki masalah dengan lingkungan atau keluarga. alasan kenapa kenapa harus memilih saya karena saya sementara menyusun naskah dengan genre yang serupa dan menurut saya buku ini bisa menambah referensi saya mengenai naskah saya. betapa sangat terbantunya saya ketika buku ini bisa saya dapatkan melaui giveaway ini. 🙂
    https://www.goodreads.com/book/show/25498974-ayah?ac=1&from_search=true
    2. saya follow akun twitter BBI @BBI_2011
    3. saya belum lama kenal BBI. saran saya buat BBI adalah kalau bisa buat lomba di blog yang salah satu hadiahnya adalah bisa bergabung dalam anggota BBI tanpa syarat. sehingga makin banyak yang kenal BBI mengingat juga banyak yang ingin bergabung dengan BBI namun harus menunggu dibukanya perekrutan. dan juga kalau bisa dibuat juga workshop online tentang menulis. hehe

  27. Nama: Rahmat
    Akun Twitter : @rhidayat04
    Follow akun BBI: Twitter di @BBI_2011
    Jawaban:
    1. Wishlist
    Boy Toy karya AliaZalea
    Hallo ka, terima kasih atas kesempatannya untuk mengikuti dan memeriahkan HUTBBI yang ke 6. Saya ingin sekali mempunyai buku ini, buku ini masih fresh from the oven jadi masih banyak dipasaran hhe. Selain itu, saya membaca review positif di goodreads dan sedikit nukilan ceritanya di wattpad jadi makin penasaran dengan “genre” baru yang diambil beliau. berhubung budget untuk membeli buku ini terbatas, beruntung ada GA dan semoga beruntung bisa dapetin hadiahnya :D.
    2. Saran untuk BBI
    Diperbanyak kegiatan kopdar tiap regional. Saya masih awam dengan BBI, tapi saya mengucapkan terima kasih banyak terhadap komunitas ini, karena saya jadi banyak referensi buku untuk dibeli dan dibaca. Terutama untuk blog buku dan goodreads indonesia. Selain bersilaturahmi secara langsung, juga bisa saling pinjam meminjam buku (biar menghemat budget dan ongkir).
    Mungkin kalo bisa ada satu event untuk membantu sesama, dengan cara donasi buku. Saya pernah membaca dan mencoba mengikuti acara ini (ketika itu khsusus untuk buku anak), dan itu mengasyikan, apalagi klo liat anak yang senang mukanya kalo liat buku yang dia suka, seperti kalo saya menerima hadiah 🙂
    Selamat Ulang Tahun BBI, semoa kedepanna makin banyak event, energi dan semangat positif untuk minat baca di Idonesia.
    Terima kasih.

  28. 1. Salah satu buku yang menjadi wishlist aku adalah Petjah dari kak Oda Sekar. Alasan aku menginginkan buku ini karena ceritanya yang begitu deep dan sedikit angsty. Teenlit, tapi konflik yang disajikan itu berat. Interaksi antara dua tokoh utamanya, Biru dan Nadhira, terasa sangat magis. Biru yang selalu berusaha mundur ketika didekati oleh Nadhira karena suatu hal di masa lalu yang sebenarnya tidak dia lakukan. Tapi dia merasa bersalah karena hal itu, merasa ikut andil terhadap perginya orang yang berharga dalam hidup Nadhira. “Satu dari seribu, aku mau kamu”. Itu adalah sepenggal puisi yang diciptakan Nadhira untuk cinta pertamanya. “Satu dari seribu, memang harus kamu”, adalah sepenggal puisi harapan Biru untuk masa depannya. Semesta mempermainkan Nadhira dan membuat hidupnya petjah.
    Cerita ini merupakan salah satu favoritku ketika dulu masih ditulis di wattpad. Tapi sayangnya sudah duluan dipinang penerbit sebelum tamat. Aku akan sangat senang mereview buku ini jika berhasil mendapatkannya.
    2. Akun media sosial BBI yang difolllow: Twitter @BBI_2011 dan @eventBBI
    3. Terkadang aku iri melihat teman-teman pembaca di luar sana yang bisa menghadiri meet and great bersama penulis-penulis terkenal yang baru launching buku di Gramedia di kotanya karena di kotaku itu tidak ada Gramedia. Jadi aku berharap agar BBI bisa menyelenggarakan event-event yang berkaitan dengan dunia kepenulisan atau dunia perbukuan. Misalnya bazar buku, bedah buku, atau workshop kepenulisan dan perblogeran. Bisalah untuk menghibur aku yang di Aceh ini.

  29. Kak Zee… aku ikutan ya…
    Nama: Kitty
    Akun twitter/IG: @WoMomFey
    Akun G+: Kitty Wibisono
    [aku sudah follow akun twitter @BBI_2011 @EventBBI dan akun IG @BBI_2011. Aku juga sudah follow G+ Blog Buku Indonesia dan subscribe ke blog BBI http://www.blogbukuindonesia.com%5D
    Salah satu wishlist book yang aku pengen banget adalah:
    The Complete Short Stories Of Ernest Hemingway yang sudah diterbitkan oleh Shira Media. Kenapa kok kepengen banget sama buku ini? Gimana gak mupeng coba? Buku bantal ini berisi 70 kumpulan cerpen Hemingway! 4 cerpen diantaranya adalah cerpen terakhir yang ditulis sesaat sebelum beliau tutup usia! Arrghhh! A must read book!!! Semoga saja bisa berjodoh dengan buku ini lewat giveaway ini. Mengenai buku ini sendiri juga sudah pernah kuposting saat Wishful Wednesday di blogku: https://pelahapkata.wordpress.com/2017/02/01/wishful-wednesday-5/
    Iya sih, buku ini beneran tebel dan banyak banget halamannya, tapi…kan waktu mereviewnya setahun tuh! Pasti sempet banget! Hihihi. Lagian bacanya pasti gak akan berasa berat karena aslinya buku ini terdiri atas 70 cerpen, jadi memang bisa banget untuk dibaca per cerpen. Hohoho.
    Sebagai new comer di BBI, aku sih kepengen banget bisa lebih mengenal anggota BBI lainnya. Jadi aku menyarankan untuk offline event BBI (klo sulit menggelar event nasional, bisa juga kok event per daerah) dengan membuat semacam wisata literatur. Kan asyik tuh! Bisa kopdaran sesama anggota BBI sambil wisata literatur. Hepi-hepinya dapet, wawasan juga bertambah dong! Atau bisa juga adain semacam workshop penulisan review buku dari para blogger buku sepuh. Jadi kita-kita yang baru ini bisa belajar banyak dari member BBI yang sudah lebih dulu nyemplung di dunia blog buku.

  30. Nama : Imas Rani
    Akun twitter : @Ranielazuardi
    Email : Raniimas14@gmail.com
    Follow Akun : @EventBBI dan @BBI_2011
    Buku Wishlist : Wishlist banyak banget tapi bergubung aku baru aja baca review Caraval http://www.goodreads.com/book/show/27883214-caraval jadi untuk saat ini itu buku yang paling bikin ngiler plus penasaran banget.
    Aku penggemar berat buku-buku fantasi jadi waktu disodorin buku dengan ribuan keajaiban kaya gini langsung ga bisa nahan diri bawaannya pengen lari ke gramed, tapi langsung inget jauh tar keburu pingsan di rel kereta 😂.
    Kalau memang rezekinya dapet, insyaAllah setelah beres baca aku bakalan langsung bikin review semenawan mungkin, yg bisa bikin pembaca fallin’ love😊
    Saran : kalau bisa mungkin diadakan acara amal entah itu setahun sekali atau lebih sering pun lebih bagus. Mengumpulkan buku bekas untuk disumbangkan pada anak-anak Indonesia yang ada di desa-desa terpencil. Dulu waktu aku masih kecil, desa aku juga termasuk terpencil (sekarang alhamdulilah sudah mulai maju) karena kondisi lokasi yang sulit dijangkau kendaraan dan jauhnya jarak ke kota, semua orang jadi Susah untuk mendapat buku bacaan padahal banyak teman-teman yang sangat suka membaca. Jadi kalau ada event seperti ini pasti sangat bermanfaat. Bisa juga dijadikan ajang kopdar para anggota BBI dengan membagikan buku-bukunya secara langsung. Ikut terjun ke desa-desanya, berbagi ilmu dengan anak-anak disana yang pasti pada seneng banget.

  31. Halooo salam kenal, namaku Annabeth Chase #plak twitterku @Arthms12 dan aku sudah follow kak Bzee, like fanspage juga udah loh~ *ngerayu*
    Wishlistku banyak, dan aku teramat sangat dilema ketika memikirkan jawaban untuk kutulis di kolom komentar ini. Semua wishlistku punya nilai yang berarti bagiku, separuh napas, belahan jiwa, yang sampai-sampai gemeteran kalau liat mereka berlalu lalang di timeline IG. *balada bokek*
    Jadi aku memutuskan untuk memilih novel Trials of Apollo buku 1 The Hidden Oracle karya Rick Riordan. Link: https://www.goodreads.com/book/show/33957614-the-hidden-oracle
    Alasannya; aku cinta setengah mati sama mitologi yunani, semua karya Rick Riordan dan karakter-karakternya. Aku bahkan nggak bisa membayangkan apa jadinya kalau aku nggak pernah membaca buku-buku karya RR. Mungkin hidupku (lebih) monoton dari yang sekarang dan mungkin aku tidak menyukai membaca novel seperti sekarang. Novel-novel fantasilah yang hampir mengubah sebagian dari diriku dan karakterku. Ini memang agak lebay, aku tahu, tapi sejujurnya dunia fiksi memang sudah menguasaiku sejauh itu.
    Apalagi dunia fantasi yang selalu berhasil menarikku dari dunia nyata, membuatku lebih bersemangat dengan petualangan-petualangannya. Aku juga menonton film Percy Jackson dan ikut menggerutu dengan perbedaan yang sangat besar, aku punya kaos Percy Jackson, aku bahkan mengikuti roleplayer di grup perkemahan blastetan FB dan sayangnya malah diklaim oleh Demeter (penginnya Hades). Oleh karena kecintaanku dengan segala hal yang berhubungan dengan Percy Jackson, aku menginginkan Hidden Oracles agar bisa ikut melanjutkan petualanganku pada mitologi yunani, dunia yang kuinginkan.
    Dan aku pasti akan membuat review semenarik mungkin! (Dan sedikit lebay ala fangirl) pertama kali membuat review tentang salah satu buku Rick adalah yang judulnya PJ and Greeks God (buat lomba iJak) dan di sana aku menyelipkan gambar-gambar koleksiku sebagai fangirl (bisa liat di blogku kok wkwkwk *promosi* #plak ) dan aku ketagihan menyelipkan gambar-gambar di reviewku, hanya saja belum menemukan buku yang pas:( sepertinya hanya untuk buku-buku Rick saja😂😂
    Dan aku (agak) yakin kakak bakal suka reviewku yang penuh gambar~ (plus agak gila)
    Aku follow akun BBI di twitter dg akun @Arthms12 dan like fp BBI dg akun FB Rosi Eksa 🙂
    Saran untuk BBI: Karena belum kenal banget sama yang namanya BBI dan aktif blog juga baru awal tahun ini, jadi aku nggak tahu apakah saran yang kusarankan (#lah) sudah dilakukan (atau bahkan mustahil dilakulan): aku ingin agar BBI kedepannya membuat lomba (oh, i love competition😂 *padahal gak pernah menang😩) yang berhubungan dengan buku dan blogger, juga mensosialisasikannya ke sekolah-sekolah SMP dan SMA. Alasannya karena semasa aku SMA, jarang banget ada blogger dan kompetisi blog, ada pun cuma sebatas banner yang ‘numpang’ ditempel di mading, dan nasib berkata banner itu harus ketindihan banner lain ._.
    Aku ingin makin banyak siswa-siswi muda yang aktif sebagai blogger buku, juga kampanye ‘Go-Blog’ #eh atau ‘Jangan Ragu Ngeblog’.
    Sekian, semoga jawabanku berkenan😊😊

Leave a Reply

