2018 Reading and Blogging Plan

Dengan 2017 yang meninggalkan cukup banyak kesan, dan 2018 yang baru berjalan tiga hari tapi sudah menimbulkan kesan tertentu yang tak jauh berbeda, sepertinya tahun ini saya belum bisa memasang target lebih tinggi. Untuk target baca Goodreads, saya memasang 55 buku, lebih tinggi dari target tahun lalu, tapi lebih rendah dari pencapaian tahun tersebut, jadi bisa dikatakan masih aman. Untuk target yang lain, meski ragu, tapi seharusnya saya bisa melakukan beberapa hal yang lebih baik.

Saya masih ingin melakukan banyak hal dalam dunia membaca dan blogging ini. Jadi, mari kita coba hal berikut:

1. Membaca minimal 1 (satu) buku dari timbunan dengan jumlah halaman lebih dari 500 (lima ratus).

2. Menulis setidaknya 3 (tiga) esai yang sempat saya rencanakan. Minimal di blog, syukur-syukur kalau bisa di media (online).

3. Mengisi/mengelola acara luring tentang buku, setidaknya sekali.

Sebenarnya ada satu keinginan sejak pertengahan tahun lalu, yaitu ingin bergabung di The Classics Club lagi setelah selesai putaran pertama tahun 2017 lalu (bahkan bannernya belum saya lepas, ha). Namun, dengan ritme baca dan blog seperti ini kok saya masih ragu. Semoga sebelum tahun 2018 habis, saya sudah bisa memantapkan hati membuat list lagi. Ada beberapa buku klasik yang ingin sekali saya baca, dan kalau tahun 2018 berjalan baik, seharusnya saya mampu membuat list tersebut. Untuk reading project saya sendiri (CLRP) masih berjalan, meski tersendat juga di review.

Mungkin itu dulu untuk sementara. Tidak muluk, tapi untuk melakukan ketiga (atau keempat jika ditambah The Classics Club) hal tersebut memang saya harus mendobrak beberapa hambatan yang selama ini menjadi pembenaran untuk tidak melakukannya. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Advertisements

3 responses to “2018 Reading and Blogging Plan

  1. Semangat mba Zee, aku sekarang nganggur jadi pengen menghidupkan lagi blog buku, kayaknya akhir – akhir ini sudah kalah sama bookstagram atau booktuber. Aku juga masih ga berani ikutan The Classic Club, secara targetnya buatku panik ahahaha

  2. Pingback: Scene on Three (122) & Refleksi Blogoversary ke-6 | Bacaan B.Zee

  3. Pingback: Scene on Three (122) & Refleksi Blogoversary ke-6 | Bacaan B.Zee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s