See You in the Cosmos – Jack Cheng

32048758

Title : See You in the Cosmos
Author : Jack Cheng (2017)
Publisher : Puffin Books
Format : Paperback, 314 pages
ISBN : 978-0-141-36560-2

Buku ini kubaca sekitar November tahun lalu. Saat itu saya sedang masa lepas dari reading slump, tetapi setelah menamatkan ini, saya justru mengalami book hangover yang parah hingga sulit membaca apa-apa. Buku ini menarik saya karena buku anak bertema antariksa, pun penulis debut biasanya bebas ekspektasi, harganya pun relatif murah. Awalnya saya urung, tapi entah mengapa terbayang-bayang terus dan kuputuskan tetap membelinya. Memang seringkali intuisi tidak boleh diabaikan, saya memang akhirnya suka sekali buku ini. Bahkan sampai selama ini, saya tetap merasa perlu menuliskan reviewnya—walau tak sesempurna yang saya harapkan.

Buku ini dituliskan dari rekaman iPod seorang anak 11 tahun bernama Alex Petroski. Alex terobsesi dengan roket dan ruang angkasa, penggemar berat Carl Sagan, yang bermimpi untuk menerbangkan roketnya sendiri. Rekaman yang terinspirasi dari Golden Record yang diluncurkan ke luar angkasa itu, akan dibawanya ke SHARF (Southwest High-Altitude Rocket Festival) yang ditemukannya via internet. Dia juga berkenalan dengan sesama nerd di Rocketforum, orang-orang yang baru mengetahui bahwa Alex adalah anak-anak setelah bertemu langsung dengannya.

He said if we can do something that big, something that’s never been done before in the history of humanity, then of course we can solve all the problems we have at home. (p.59)

Alex yang digambarkan lebih dewasa dari usianya ini bepergian sendiri—ayahnya sudah tak ada, ibunya digambarkan mengalami fase-fase aneh dan kesulitan merawat Alex maupun dirinya sendiri, sementara kakak lelakinya, Ronnie, bekerja jauh di luar kota. Awalnya kita hanya akan melihat kisah ini dari sudut pandang Alex melalui penuturannya di rekaman iPod. Namun, seiring dia menemui banyak orang, kita bisa mendengar suara-suara mereka, percakapan yang tak sengaja terekam, ataupun rekaman yang disengaja tanpa sepengetahuan Alex, sehingga menjelaskan banyak hal kepada pembaca hal-hal yang tak dipahami Alex. Bagaimana pun tanggung jawab besar yang ditanggungnya, Alex tetaplah anak-anak.

Alex yang belajar tentang roket secara autodidak, tidak pernah melakukan uji coba, harus bersiap untuk dikecewakan ekspektasinya yang sangat tinggi. Untunglah orang-orang yang ditemuinya juga baik, perhatian, dan simpatik. Sampai dia menemukan sebuah nama di internet yang akan mengubah hidupnya, orang-orang ini juga yang membawa Alex lebih jauh, menemui orang-orang lain yang di luar dugaan, membuka rahasia-rahasia, dan meluruskan masalah-masalah.

Buku yang sangat indah, tokoh utama yang manis, petualangan yang seru, penuh kejutan, dan meninggalkan begitu banyak kesan emosional. Karakter favorit saya di buku ini adalah Ronnie Petroski, yang mulanya dari deskripsi Alex tampak seperti kakak yang cuek dan ingin lari dari masalah. Kenyataannya justru sebaliknya, dia adalah sosok pengganti kepala keluarga yang penuh tanggung jawab dan rela berkorban demi keluarga. Saya tidak bisa tidak menyukainya.

Buku ini mungkin awalnya cenderung datar, tetapi lambat laun dengan hadirnya para karakter dan terbukanya misteri, terasa indah menyentuh hati, bahkan saya sempat menangis pada salah satu bagian.

These words we try to use to describe it, to describe that feeling, these words like love and bravery and truth, the reason they can’t describe it all the way, and the reason that sounds or music or pictures can’t describe it all the way either, is because THEY’RE all shadows too! WORDS ARE SHADOWS TOO! (p.298)

Sebagai penutup, akan saya kutipkan joke receh ala nerd yang menghiasi buku ini.

How does an astronaut cut his hair on the moon?

Eclipse it.

(p.91)

Why didn’t the Dog Star laugh at the comedy show?

Because it was too Sirius.

(p.149)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s