2018 in Review and 2019 Plan

Tahun 2018 meninggalkan cukup banyak kesan pada proses membaca saya. Meski pencapaian saya segitu-segitu saja, yang penting saya menikmati dan mendapatkan manfaat darinya. Awal tahun lalu, saya memasang target yang tak muluk. Selain target baca di Goodreads, tiga hal yang saya rencanakan berhasil terlaksana semua.

1. Membaca minimal 1 (satu) buku dari timbunan dengan jumlah halaman lebih dari 500 (lima ratus).

The Help by Kathryn Stockett, yang saya beli sekitar 2012-2013.

2. Menulis setidaknya 3 (tiga) esai yang sempat saya rencanakan. Minimal di blog, syukur-syukur kalau bisa di media (online).

Sepertinya masih sulit menulis jika tidak ada target, untungnya saya mendapat kesempatan menulis di Jurnal Ruang, sehingga menambah motivasi untuk segera menyelesaikannya. Tepat ada tiga artikel yang terbit tahun 2018:

3. Mengisi/mengelola acara luring tentang buku, setidaknya sekali.

Saya membuat sebuah pertemuan berbagi mengenai membaca buku dalam bahasa Inggris. Sebenarnya pesertanya sangat antusias, saya hampir membuat sebuah komunitas, tapi karena satu dan lain hal, belum sempat follow up kembali.

Untuk The Classics Club tampaknya masih menjadi cita-cita, sedangkan CLRP tetap berjalan karena buku anak sering merupakan pelarian saya saat reading slump.

Bicara tentang blogging, ada sebuah pencapaian yang cukup membanggakan tahun lalu. Bukan mengenai kuantitas, tapi kualitas. Karena saya cukup jarang membaca buku baru, maka novel Sapardi Djoko Damono yang saya ikuti saat itu, Yang Fana Adalah Waktu, tak saya sia-siakan untuk diikutkan ke Resensi Pilihan Gramedia. Sebetulnya saya menang bukan karena resensi saya bagus, tapi ya memang ada strateginya. Singkat cerita, review itu terpilih, dan dari hadiah yang saya ajukan, saya mendapatkan buku Gentayangan karya Intan Paramaditha dan Alih Wahana dari penulis yang sama. Lalu, kebetulan setelahnya ada sayembara resensi Gentayangan dari penulisnya. Untungnya saya masih bisa mengejar membuat resensinya, dan termasuk dalam salah satu pemenang hadiah hiburan. Buku yang beranak-pinak begini yang membuat saya semakin bersemangat menulis.

Untuk tahun 2019 ini, target baca saya di Goodreads masih sama, 55 buku. Dan ada kemungkinan berubah jika terjadi sesuatu di tahun ini. Sedangkan untuk target lain, mungkin ini agak sulit diukur, tapi saya ingin merombak isi lemari buku saya. Buku-buku yang sudah lama tertimbun harus mulai dikurangi, entah dipindahkan ke rak sudah dibaca, atau dikeluarkan sama sekali jika memang tidak ingin dibaca. Saya juga ingin merapikan koleksi sehingga lebih enak dilihat, menimbulkan kebahagiaan dan kepuasan saat saya memandanginya.

Sejujurnya banyak buku yang saat ini berada di rak akan dibaca dibeli karena harga murah dan rasa ingin tahu saja. Saya masih ingin membacanya, tapi tak yakin ingin mengoleksinya. Jadi setelah semuanya terbaca, saya inginnya rak buku saya benar-benar berisi buku yang saya sukai dan ingin saya koleksi.

Tentunya menghabiskan timbunan adalah hal mustahil dilakukan dalam satu tahun. Namun, karena belakangan saya relatif lebih selektif dalam membeli buku, dan beberapa ada dalam bentuk digital, cukup berubah profilnya saja.

Advertisements

5 responses to “2018 in Review and 2019 Plan

  1. Saya pernah melepaskan beberapa buku yang setelah dipertimbangkan kembali mungkin tidak akan saya baca. Di sisi lain, ada juga buku yang “ini-kapan-bakal-dibaca-ya” tapi masih saya simpan sebagai koleksi.

    Btw, selamat atas pencapaiannya ya mbak… dan ditunggu tulisan-tulisannya berikutnya

    • Iya, mbak, sebetulnya sudah sejak dulu dicicil2, tapi belakangan lagi pingin revolusi yg agak ekstrem.
      Makasih, selamat juga untuk pencapaian mba Desty, semoga semakin sukses.

  2. (((beranak-pinak)))

  3. Keren bisa beneran beranak pinak :)))
    Aku sama dengan Mbak Desty, masih banyak buku yang sayang mau dilepas karena “ini-kapan-bakal-dibaca-ya”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s