2020 Reading and Blogging Plan

Tahun baru, mari membuat resolusi baru. Seperti sudah saya singgung di post 2019 in Review, enam bulan terakhir saya sudah mengukur kemampuan baca dan blogging, menyesuaikan dengan kesibukan baru. Rata-rata dalam bulan sibuk, saya bisa membaca dua novel dengan ketebalan standar, bisa lebih jika saya tambahkan picture book atau buku tipis sekali duduk. Dengan memperhitungkan hal di luar dugaan, dan kemungkinan saya ingin membaca buku tebal juga, maka saya putuskan tahun ini akan memasang target baca 22 buku di Goodreads. Saya agak yakin kalau bisa lebih, tapi karena memasuki dunia ‘baru’, saya tidak ingin berharap terlalu tinggi terlebih dahulu.

Sudah beberapa tahun saya bertahan dari reading challenge (RC) selain Goodreads, entah kali ini saya mungkin melihat banyak teman kembali bersemangat, terutama di grup BBI Joglosemar yang akhirnya membuat RC-nya sendiri, maka pertahanan saya runtuh juga. Tentunya saya memilih-milih tantangan yang sefleksibel mungkin, agar tidak menjadi beban tambahan. Untuk RC tahun ini, karena kemungkinan besar tidak mungkin saya review semuanya di blog, maka akan saya post di Instagram saja.

Saya ingin mempergunakan kesempatan ini untuk menghabiskan buku-buku timbunan yang sedikit banyak berhubungan dengan pendidikan yang saya tempuh, atau paling tidak menunjang dari segi keilmuan. Membaca untuk kesenangan juga rasanya masih perlu untuk menjaga kewarasan.

Untuk blogging, tidak banyak yang bisa saya rencanakan. Saya mengusahakan blog ini agar tetap hidup, tapi tidak bisa memasang target tertentu. Biarkan berjalan saja apa adanya dan sebisanya.

Mari memulai dekade baru dengan semangat!

2 responses to “2020 Reading and Blogging Plan

  1. Hayo, hayo, semangat ngeblog lagi. Hehe.

Leave a comment